Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Shalat Sunnah Safar

Bacaan Shalat Sunnah Safar
Bacaan Shalat Sunnah Safar

Shalat Sunnah Safar adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika seseorang melakukan perjalanan jauh. Shalat ini tidak diwajibkan, namun dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim sebagai tanda kesyukuran atas perjalanan yang akan dilakukan dan sebagai sarana memohon perlindungan dan keselamatan selama perjalanan.

Berikut ini adalah bacaan shalat sunnah safar:

  1. Niat Di dalam hati membaca niat shalat sunnah safar dua rakaat dengan menghadap kiblat.

  2. Takbiratul Ihram Setelah membaca niat, dilanjutkan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu sambil mengucapkan “Allahu Akbar” sebagai tanda dimulainya shalat.

  3. Membaca Surat Al-Fatihah Setelah takbiratul ihram, membaca Surat Al-Fatihah seperti dalam shalat wajib.

  4. Membaca Surat pendek atau Ayat Al-Quran Setelah membaca Surat Al-Fatihah, bisa dilanjutkan dengan membaca surat pendek atau ayat-ayat Al-Quran yang dihafal.

  5. Ruku Setelah selesai membaca ayat Al-Quran, dilanjutkan dengan melakukan ruku dengan mengucapkan “Subhana rabbiyal ‘adzim” sebanyak tiga kali.

  6. I’tidal Setelah ruku, bangkitlah kembali ke posisi berdiri dengan mengucapkan “Sami’allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd” kemudian membaca “Rabbana wa lakal hamd” sebanyak satu kali.

  7. Sujud Setelah itu, dilakukanlah sujud dengan mengucapkan “Subhana rabbiyal a’la” sebanyak tiga kali.

  8. Duduk Antara Dua Sujud Setelah sujud, duduklah sejenak dan membaca “Rabbighfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni warhamni” sebanyak satu kali.

  9. Sujud Kedua Setelah membaca doa di atas, dilanjutkan dengan sujud kedua dan mengucapkan “Subhana rabbiyal a’la” sebanyak tiga kali.

  10. Tasyahud dan Salam Setelah sujud kedua, duduklah dengan posisi tasyahud dan membaca shalawat Ibrahim dan doa keselamatan. Setelah itu, mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri sebagai tanda berakhirnya shalat.

Itulah bacaan shalat sunnah safar yang bisa dilakukan oleh umat muslim ketika melakukan perjalanan jauh. Selain itu, sebaiknya selalu diiringi dengan niat yang ikhlas dan penuh keikhlasan serta berdoa untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama perjalanan.

Post a Comment for "Bacaan Shalat Sunnah Safar"