Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Bepergian

Doa Bepergian
Doa Bepergian


Doa Bepergian atau Doa Safar adalah doa yang dibaca oleh umat Muslim ketika akan melakukan perjalanan. Dalam Islam, membaca Doa Bepergian adalah sebuah kebiasaan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini dibaca untuk memohon perlindungan dan keselamatan selama perjalanan.

Berikut ini adalah teks Doa Bepergian:

أُسْتُوْدِعُكُمُ اللَّهَ الَّذِيْ لَا تَضِيْعُ وَدَائِعُهُ

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi wa laa hawlaa wa laa quwwata illaa billaah.

Subhaanallaah. Laa 'ilaaha 'illallaahu wahdahu laa shareeka lahu, lahulmulku wa lahul hamdu, wa Huwa 'alaa kulli shay'in qadeer. 'A'dhthu bi'izzatil-laahi wa qudratihi mimmmaa ajidu wa 'uhaadhiru.

Allahumma 'innaa na'oothu bika min 'adhaabil-qabri, wa min 'adhaabi jahannama, wa min fitnatil-mahyaa walmamaati, wa min sharri fitnatil-maseehid-dajjaal.

Allahumma 'innaa na'oothu bika min 'adhaabil-faqri, wa na'oothu bika min 'adhaabil-bukhli, wa na'oothu bika min 'an nuhriqa fii-thalaathati l-anaam, wa na'oothu bika min sharri fitnatil-maseehid-dajjaal, wa na'oothu bika min sharri fitnati-l-ghinaa wa-l-faqri.

Artinya:

"Aku menyerahkan amanatmu kepada Allah yang tidak akan menyia-nyiakan amanat-Nya.

Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Nya dan tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah.

Mahasuci Allah, tidak ada tuhan selain Dia yang satu dan tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Aku berlindung dengan keagungan dan kekuasaan Allah dari apa yang aku temukan dan yang aku takutkan.

Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dari siksa neraka, dari fitnah kehidupan dan mati, dari kejahatan fitnah Al-Masih ad-Dajjal.

Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kikir, dari siksa kubur yang menenggelamkan, dan dari kejahatan fitnah Al-Masih ad-Dajjal, serta dari kejahatan fitnah kaya dan miskin."

Doa Bepergian dapat dibaca sebelum memulai perjalanan, baik itu perjalanan jauh maupun dekat. Dengan membaca Doa Bepergian, diharapkan kita dapat terhindar dari berbagai macam kecelakaan dan bencana serta diberikan perlindungan dan keselamatan selama perjalanan.

Selain itu, Doa Bepergian juga mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan Allah dalam setiap perjalanan yang kita lakukan. Sebagai seorang Muslim, kita harus selalu ingat bahwa segala sesuatu terjadi dengan izin Allah dan kita harus selalu memohon perlindungan-Nya.

Doa Bepergian juga mengajarkan kita untuk senantiasa berdoa kepada Allah untuk mendapatkan perlindungan dari segala bentuk fitnah yang mengancam keselamatan kita, baik itu di dunia maupun di akhirat. Dengan berdoa dan selalu memohon perlindungan kepada Allah, kita diharapkan dapat terhindar dari berbagai macam bahaya dan mendapatkan keberkahan dalam setiap perjalanan yang kita lakukan.

Dalam menjalankan ibadah Doa Bepergian, kita juga harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas perjalanan yang kita lakukan. Kita harus senantiasa memperhatikan faktor-faktor keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan, seperti memilih transportasi yang aman dan nyaman, mengikuti aturan lalu lintas, dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam Islam, Doa Bepergian merupakan salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika akan melakukan perjalanan. Dengan membaca doa ini, diharapkan kita dapat terhindar dari berbagai macam kecelakaan dan bencana serta diberikan perlindungan dan keselamatan selama perjalanan. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus selalu mengingat pentingnya berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah dalam setiap perjalanan yang kita lakukan.

Post a Comment for "Doa Bepergian"