Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Mengenai HTML

Apa Yang Dimaksud Dengan HTML

Hyper Text Markup Language atau biasa disingkat dengan HTML merupakan sebuah bahasa dalam internet untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai indormasi didalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Baca : Mengenal Apa Itu CSS

Karena hanya berupa file teks, maka HTML menjadi sangat sederhana, sehingga mudah untuk ditransfer ke sebuah jaringan internet. Namun karena sederhana, HTML juga memiliki kelemahan, salah satunya adalah anda harus mengetikkan sendiri semua kode HTML jika ingin membuat halaman web. Tetapi sekarang telah banyak beredar HTML editor yang dapat membantu anda dalam membuat sebuah halaman web tanpa harus mengerti kode HTML secara keseluruhan. Namun dalam pengembangan web dengan menggunakan bahasa seperti PHP, VBScript ataupun Java Script, pengetahuan HTML harus mutlak diperlukan, karena anda harus tahu dengan pasti dimana anda akan meletakkan script yang diinginkan dalam HTML. Untuk menuliskan HTML, PHP, VBScript dan JavaScript dapat menggunakan teks editor sederhana seperti Notepad.

Sebuah dokumen HTML berisi elemen-elemen kode HTML yang disebut HTML Tag. Penulisannya diapit oleh apa yang disebut delimiter (pembatas). Delimiter adalah suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri suatu tag. Untuk HTML delimiter yang dipakai adalah dengan karakter < dan >. Sebuah kode HTML selalu diawali dan diakhiri dengan sebuah tag. Tag pada awal disebut dengan Opening tag, dan pada akhir kode disebut dengan ending tag. Ending tag ditandai dengan karakter / diikuti dengan opening tag.
Contoh Tag:
<HTML>....kode program</HTML>

Sebuah dokumen HTML dibagi menjadi 2 bagian yaitu body (badan) dan head (kepala). Bagian head ditandai dengan tag <HEAD> sedangkan untuk body ditandai dengan tag <BODY>. Bagian head digunakan untuk menyimpan informasi mengenai dokumen tersebut, misalnya judul, nama penulis, komentar-komentar, dan lain-lain. Sedangkan bagian body digunakan untuk menuliskan isi utama dari dokumen web tersebut.
Contoh dari tag dokumen web sederhana :
<HTML><HEAD><TITLE>Belajar Membuat Web</TITLE></HEAD><BODY><H1>Latihan Web</H1>Selamat Datang Di Website Saya</BODY></HTML>

Tampilan Web nya:



Beberapa Tag Dasar Yang Sangat Penting Dalam Penulisan HTML

Penulisan tag dasar HTML ini tidak case sensitive, boleh penulisan dalam huruf besar maupun penulisan dalam huruf kecil.

1. <HTML>.....</HTML>

Tag ini menjelaskan bahwa teks file dokumen ini berformat HTML. Diletakkan pada awal dan pada akhir setiap halaman web

2. <HEAD>.....</HEAD>

Diantaranya adalah area heading halaman. digunakan untuk script atau perintah khusus yang tidak mempunyai hubungan dengan format dari halaman

3. <TITLE>.....</TITLE>

Memberi judul pada halaman web yang ditampilan pada ujung kiri atas dari browser anda

4. <BODY>.....</BODY>

Setelah tag <HEAD> adalah tag <BODY> yang merupakan isi atau tampilan dari halaman web. Pada tag <BODY> didalamnya bisa ditambahkan beberapa atribut seperti,

  • bgcolor = memberikan warna pada background halaman web
  • text = memberikan warna pada tulisan atau teks
  • link = memberikan warna pada hyperlinks atau link halaman
  • vlink = memberikan warna pada hyperlink yang pernah dikunjungi atau diklik
  • alink = memberikan warna pada hyperlink yang sedang aktif

Baca Selanjutnya : Tag-Tag Dasar HTML


Begitulah sekilas Penjelasan Mengenai HTML semoga dengan artikel ini dapat membantu anda yang ingin mengetahui Apa Itu HTML, Mengenal lebih dalam HTML sangat diperlukan bagi yang ingin menjadi webmaster, karena dasar pembuatan halaman suatu web itu adalah dengan Mengenal HTML.

Post a Comment for "Penjelasan Mengenai HTML"