Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Cascading Style Sheets (CSS)

Mengenal Apa Itu Cascading Style Sheets (CSS). Ada baiknya kita juga mengenal sedikit Apa Itu CSS, setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian HTML.


Apa  Itu Cascading Style Sheet (CSS)





Cascading Style Sheets yang biasa disingkat dengan CSS adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda (markup language). Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumen XML, termasuk SVG dan XUL bahkan Android.

Baca : Mengenal HTML

Dengan Style Sheet kita dapat memisahkan style atau format tampilan dengan isi sebenarnya dari HTML. Hal ini dilakukan dengan tujuan jika kita ingin mengubah tampilan yang ada pada dokumen HTML, kita tidak perlu mengganti sebagian besar isi source dengan mengotak-atik setipa baris source dokumen HTML yang ingin kita rubah tersebut. Cukup dengan mengubah definisi style sheet atau dengan membuat style sheet baru, dengan begitu anda dapat melakukan cara yang lebih mudah. Jadi style sheet merupakan sarana yang efisien dan fleksibel dalam mengatur tampilan website.

Pembuatan homepage dapat memberikan spesifikasi dari informasi style dari Style Sheet Language yang akan digunakan dalam sebuah dokumen HTML. Untuk itu, sebaiknya digunakan elemen META untuk meletakkan default Style Sheet Language untuk dokumen tersebut. Contoh untuk deklarasi CSS (Cascading Style Sheet) Language, maka deklarasi formatnya adalah sebagai berikut.

<meta http-equiv=”Content-Style-Type” content=”text/css”> 
Cara lain untuk mendefinisikan tipe style adalah seperti contoh berikut:
<head>
<style type=”text/css”> … \</style>
</head> 

Penulisan dengan TYPE seperti ini tidak harus dilakukan, tujuannya adalah untuk bagi browser yang tidak support untuk mengabaikannya.

Tujuan Utama CSS

Tujuan utama dibuatnya CSS adalah untuk membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu pembuatan atau desain dan pemograman ulang web dapat dengan mudah dilakukan. Hal yang termasuk dalam desain web diantaranya adalah warna formatting. Dengan adanya CSS, konten dan desain web akan lebih mudah dibedakan.

Baca : Beberapa Tag Dasar HTML

Mungkin begitu saja penjelasan mengenai CSS semoga kedepannya kita dapat membahasa lebih dalam lagi mengenai CSS dan HTML ini, semoga ini dapa bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Cascading Style Sheets (CSS)"