Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Biasa tapi Tak Biasa, Jangan Lakukan 5 Hal ini di Negeri Sakura

Salah satu negara di benua Asia yang paling menonjol kemajuan perekonomiannya, yaitu Jepang. Jepang adalah negara kepulauan yang berada di Asia bagian timur. Dengan kemampuan luar biasa di bidang teknologi dan otomotif, perekonomiannya mengalami pertumbuhan pesat melewati negara-negara lain.

Selain dikenal dengan kemajuan perekonomian dan teknologinya, negara yang dijuluki Negeri Sakura itu juga dikenal menyimpan keunikan. Rasanya seperti tak pernah sepi dengan sesuatu yang unik berbau inovatif. Meliputi berbagai bidang, mulai dari  teknologi, pertanian, kuliner, fashion, dan sebagainya.

Termasuk budaya mereka pun juga menyimpan hal-hal yang tak kalah unik. Dalam kehidupan antar sesama, ada beberapa hal yang barangkali Anda anggap biasa dan sama sekali bukan masalah bila melakukannya. Namun beda ceritanya bila Anda lakukan di Jepang.
Image source: shadactivity.blogspot.com
Langsung saja, hal biasa tapi tak biasa di Negeri Sakura. Bila Anda berkunjung ke Jepang jangan lakukan 5 hal ini!

1. Menjawab Panggilan Telpon di dalam Kereta
Ketika Anda bepergian menggunakan kereta api sebaiknya jangan jawab bila ada panggilan masuk di handphone Anda. Mengangkat panggilan dalam kereta dianggap cukup mengganggu penumpang lain. Apalagi dengan suara yang cukup keras tanpa merasa bahwa Anda cukup berisik dan mengganggu orang lain.

2. Memberi Tips
Budaya memberikan tips berupa uang kepada seseorang tidaklah berlaku di Negeri Sakura. Di Jepang memberikan tips bukan berarti menunjukkan orang itu telah melakukan pekerjaannya dengan baik, justru sebaliknya tips menunjukkan pekerjaan tersebut belum dilakukan dengan baik dan memberinya kesempatan untuk memperbaikinya di lain waktu. Bahkan bisa juga berarti penghinaan. 

Jangan berikan tips, cukup ucapkan terima kasih pada pelayan. Bagi Anda yang belum tahu lalu memberikan tips, maka jangan kaget bila pelayan itu akan mengejar Anda untuk mengembalikan tips tersebut pada Anda.

3. Bermain Sumpit
Jangan sembarangan gunakan sumpit, misalnya bermain dengan sumpit layaknya stik drum, iseng-iseng memasukkan sumpit ke dalam hidung, dan lainnya. Di Jepang hal seperti itu  menunjukkan rasa tidak hormat. Saat makan pun penggunaan sumpit juga punya etika, jangan menggunakan satu sumpit untuk mengambil makanan, dan jangan menjilati sumpit selezat apapun makanan yang Anda santap.

4. Menuang Kecap Di Atas Nasi Putih
Adalah hal yang tidak sopan bila tuangkan kecap di atas nasi putih. Apalagi bila melakukannya di depan umum, akan membuat orang yang melihat seperti tersinggung. Dan saat makan jangan pernah menyisakan makanan Anda, habiskan dengan baik.

5. Menambah Kata San pada Nama
Di Negeri Sakura, terasa tidak sopan bila Anda memanggil seseorang tanpa menambahkan kata "san" di belakang namanya. 

Post a Comment for "Hal Biasa tapi Tak Biasa, Jangan Lakukan 5 Hal ini di Negeri Sakura"