Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Selalu Penuaan Dini, inilah 4 Sebab Uban Muncul di Usia Muda

Melihat rambut uban muncul di usia muda tak jarang membuat orang berkata "Masih muda kok ubanan?" Mungkin ada benarnya mengingat pada umumnya uban memang muncul pada orang-orang yang telah lanjut usia.

Tapi tak bisa dipungkiri sebenarnya uban juga kerap kali muncul tak hanya pada orang tua, orang-orang yang masih di usia muda pun juga pernah mengalami hal itu. Uban nampak terselip beberapa helai pada rambut mereka.


Image source: perilian.blogspot.com
Meski demikian, bila Anda mengalaminya tak perlu ambil pusing ataupun minder dengan anggapan terkena gejala penuaan dini. Melansir dari Good House Keeping, uban yang muncul di usia muda tak selalu identik dengan penuaan dini melainkan bisa juga disebabkan oleh 4 faktor berikut ini.

1. Faktor Genetika
Gen dan etnis mempengaruhi munculnya rambut putih lho. Orang Kaukasia akan memiliki uban terlebih dahulu daripada orang-orang yang berambut merah. Orang-orang Asia menempati peringkat kedua, kemudian Afrika-Amerika. Namun peneliti masih belum dapat menemukan penyebabnya.


2. Stress
Stress tidak akan serta-merta memunculkan uban di rambutmu. Tetapi stres dapat menjadi pemicu berbagai masalah kulit dan rambut. Salah satu pertanda stres adalah kerontokan rambut yang mana akan membuat pertumbuhan rambut dengan warna yang berbeda.

3. Gaya Hidup
Kurangnya vitamin B12 dan merokok adalah pencetus munculnya uban lebih dini. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan minimnya pigmen rambut sehingga uban muncul.

4. Pertambahan Usia
Pertambahan usia adalah hal yang tak bisa kita lawan. Dermatologis mengatakan ada rumus yang bisa disimpulkan yaitu 50-50-50: 50 persen populasi manusia mendapati 50 persen uban di rambutnya di usia 50 tahun. Dan seperti kulit, rambut akan berubah tekstur seiring bertambahnya usia kita.

Jadi, tak perlu khawatir bila di usia muda muncul uban di rambut Anda. Bahkan jika Anda mau, uban-uban itu justru bisa dibentuk sedemikian rupa agar gaya rambut semakin terlihat keren. 

Source: Good House Keeping via Vemale

Post a Comment for "Tak Selalu Penuaan Dini, inilah 4 Sebab Uban Muncul di Usia Muda"