Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KRITERIA PUBLIKASI ILMIAH YANG MEMENUHI SYARAT



Sumber ilustrasi: http://www.sangpengajar.com/2016/01/inilah-jenis-publikasi-ilmiah-guru.html
Setiap macam laporan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), baik kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah, maupun karya inovatif disajikan dalam bentuk publikasi dengan kerangka isi dan disertai bukti fisik yang berbeda antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Ada kriteria umum yang harus diperhatikan oleh guru agar karya publikasi ilmiah dapat dinilai angka kreditnya. Laporan kegiatan PKB tersebut harus: Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten (APIK). Yang secara rinci indikatornya adalah sebagai berikut:

Tabel Persyaratan umum dan indikator laporan kegiatan PKB
Persyaratan umum
Indikatornya
Keaslian
1.      Data konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran, foto dan data yang sesuai
2.      Waktu pelaksanaan kegiatan penelitian wajar dan logis, misalnya satu tahun maksimal dua penelitian.
3.      Tidak ada perbedaan kualitas, cara penulisan, gaya bahasa yang mencolok diantara karya-karya yang dibuat oleh seorang guru yang sama.
4.      Ada perbedaan di antara PUBLIKASI ILMIAH yang dinyatakan dibuat pada waktu yang berbeda. Seperti foto-foto, dokumen, surat pernyataan jika dibuat dalam waktu yang berbeda.
5.      Tidak ada kemiripan yang mencolok dengan skripsi, tesis atau disertasi, baik mungkin karya yang bersangkutan maupun karya orang lain.
6.      Tidak ada kesamaan mencolok dengan PUBLIKASI yang dibuat oleh orang lain, dari daerah yang sama, seperti di sekolah, kabupaten, kota atau wilayah yang sama.
7.      Data konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran dan foto.
Perlu
1.         Isi dari hal yang dipermaslahkan, merupakan tentang hal yang tidak terlalu luas/terlalu umum, yang terkait dengan permasalahan nyata yang ada disekolah/kelasnya atau berkaitan langsung dengan kegiatan yang bersangkutan sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
2.         Isi dari hal yang dipermasalahkan, merupakan kajian tentang hal spesifik bidang keilmuan, terkait dengan permasalahan nyata yang ada di sekolah/kelasnya atau yang berkaitan langsung dengan kegiatan yang bersangkutan sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
3.         Isi dari hal dipermasalahkan, merupakan kajian tentang hal dibidang pendidikan/pembelajaran, terkait dengan permasalahan nyata yang ada di sekolah/kelasnya atau yang berkaitan langsung dengan kegiatan yang bersangkutan sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
4.         Isi dari hal dipermasalahkan, termasuk dari macam publikasi ilmiah yang dapat diajukan untuk dinilai sebagai bagian kegiatan pengembangan keprofisian berkelanjutan.
Ilmiah
1.      Masalah yang ditulis merupakan masalah keilmuan dan berkaitan dengan permasalahan tentang pengembangan profesi guru.
2.      Latar belakang masalah jelas dan dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas (harus ada fakta spesifik yang berkaitan dengan masalah pembelajaran dikelasnya)
3.      Rumusan masalah jelas sehingga bisa diketahui apa yang mau diungkapkan
4.      Kebenarannya didukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran analisisnya.
5.         Kesimpulan harus menjawab permasalahan yang diajukan
Konsisten
1.      Karya tulis yang dibuat harus sesuai dengan tugas penulis sebagai guru
2.      Sesuai dengan latar belakang keahlian atau tugas pokok penulisnya

Sumber: Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. 2015. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia

Post a Comment for "KRITERIA PUBLIKASI ILMIAH YANG MEMENUHI SYARAT"