Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjadi Guru Profesional



Dok Pribadi
Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Pekerjaan sebagai seorang guru sangat mulia karena peran guru memiliki andil yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui seorang guru dapat diciptakan sumber daya manusia yang berkualitan dan pada akhirnya akan turut serta dalam pembangunan bangsa dan negara.

            Setiap siswa pasti mendambakan sosok guru yang professional. Bagaimana upaya guru untuk menjadi guru professional? Sebelum kita membahas tentang upaya guru untuk menjadi guru professional, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari professional. Profesional adalah orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu setelah melalui proses pendidikan dan pelatihan berstandar tinggi. Seseorang dikatakan professional apabila telah memiliki 3 hal pokok pada dirinya. Ketiga hal pokok tersebut antara lain:
1.      Skill artinya ahli dalam bidang tertentu
2.      Knowledge artinya seorang guru yang professional tidak hanya ahli dalam bidangnya namun juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas terhadap bidang yang diampunya.
3.      Attitude artinya sikap dan perilaku harus sesuai dengan norma yang berlaku.
Setelah kita mengetahui pengertian professional, saya akan mengaitkan pengertian professional ini dengan guru professional. Guru professional adalah seseorang yang sudah terdidik dan terlatih dalam bidang keguruan sehingga dia dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal.
Menjadi guru yang professional merupakan tantangan tersendiri bagi para guru. Upaya-upaya yang dilakukan untuk menjadi guru professional antara lain:
1.      Pembinaan Mutu Pendidikan
Masalah mutu pendidikan merupakan hal yang serius di suatu lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan suatu bimbingan dan pembinaan terhadap para guru. Dalam hal ini peran pengawas sekolah sangat penting dalam memotivasi guru untuk selalu displin. Baik displin waktu maupun displin kerja. Selain itu, pengawas sekolah juga berperan memotivasi guru untuk melakukan proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan berfikir kritis, kreatif, inovatif, dan cakap dalam menyelesaikan masalah.
2.      Adanya Pelatihan
Adanya pelatihan bagi guru seperti bimbingan teknis, diklat, workshop ataupun seminar pendidikan akan memberikan bekal untuk menunjang karier sebagai guru. Guru akan dibekali dengan berbagai wawasan, pengetahuan, dan keterampilan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas dengan kata lain dengan adanya pelatihan akan meningkatkan kinerja dan pada gilirannya akan meningkatkan kompetensi guru secara optimal.
3.      Mengikuti Proses Sertifikasi
Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen menyatakan bahwa sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat guru dan dosen. Dengan sertifikasi guru artinya guru diberi pengakuan bahwa dirinya telah memiliki kompetensi untuk melaksanakan pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan. Tertentu setelah lulus uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi.
4.      Kemampuan Mengajar
Guru harus mampu mengajar siswanya dengan baik. Dalam mengajar tugas guru tidak hanya mentransfer pengetahuan tetapi seorang guru juga harus mampu menggali bakat dan potensi siswa. Selain itu guru harus menguasai materi yang akan diajarkannya. Penguasaan materi terhadap suatu mata pelajaran tertentu merupakan suatu hal yang mutlak bagi guru. Perlunya penguasaan materi bagi guru merupakan sebuah standar nyata dimana seorang guru harus benar-benar mengasah kemampuan profesinya. Oleh karena itu seorang guru yang akan melaksanakan tugasnya harus mengadakan persiapan yang cukup. Semakin tinggi penguasaan materi oleh seorang guru maka akan semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai. Untuk mengatasi kebosanan siswa dalam belajar, seorang guru yang kreatif harus bisa mengembangkan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Selain itu, penggunaan alat peraga dan media pembelajaran juga sangat berperan penting dalam membantu inovasi guru terhadap proses pembelajaran.

Demikian ulasan artikel tentang Upaya menjadi guru professional. Semoga dengan adanya artikel ini akan bermanfaat bagi kita semua.


Post a Comment for "Menjadi Guru Profesional"