Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Positif dan Negatif Game Pokemon Go pada Anak-Anak



Akhir-akhir ini sering dibicarakan tentang game yang paling terbaru dan yang paling ditunggu-tunggu orang-orang di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, tidak pada anak-anak saja orang dewasa pun sangat menantikan game pokemon go tersebut. Apa sih game pokemon go?

Sumber Foto: http://froshfm.com/?p=1167
Pokémon Go yang akan dibahas kali ini merupakan game paling teranyar yang baru saja dirilis di jepang. Berdasarkan beberapa informasi, game ini sangat seru dimainkan karena gamer akan menemukan berbagai jenis Pokémon di segala sudut ruangan, tak terkecuali di ruangan dospem. Pokémon Go sebagai salah satu permainan Android masa kini menggunakan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata secara real-time. Penggabungan dunia virtual (dua dimensi) ini nantinya akan melengkapi dunia nyata (tiga dimensi) yang membuat permainan akan semakin seru.

Pemain yang memainkan Pokémon Go diharuskan menjelajahi lingkungan sekitar untuk memburu dan menangkap Pokemon. Selama berkeliling, Anda diwajibkan memantai layar untuk menemukan Pokémon yang berkeliaran. Menariknya, Pokémon hanya muncul di lingkungan yang sesuai dengan jenisnya, seperti Pokémon air yang hanya muncul ketika berada di kolam atau tempat penuh air seperti jalanan yang tergenang.

Setelah kemunculan game baru Pokemon Go tersebut pada masyarakat Indonesia, terutama anak-anak dan remaja kini juga turut menggandrunginya. Pro dan kontra pun bermunculan terkait dampak permainan tersebut, terutama bagi anak-anak usia sekolah.
Permainan Pokemon Go sama halnya dengan permainan lain yang juga memiliki sisi positif dan negatif. Tinggal bagaimana masyarakat menilai itu. Adapun sisi positif dari Game Pokemon Go antara lain:
1.    Membuat anak kreatif, asik, terhibur, tertantang, sehingga berbagai kemampuan kecerdasan bisa dilatih.
2.   Mampu meningkatkan rangsangan terhadap gerak motorik dan sosialisasi anak. Di mana anak-anak dapat bermain di alam bebas, dan berkumpul bersama teman-temannya.
3.   Permainan ini adalah game Geo-MMO (massively multiplayer online) yang meledak dan dipastikan akan mempengaruhi arah perkembangan dunia game digital ke depan. Game ini telah menawarkan pembaruan, tantangan, dan keseruan.
Sedangkan sisi negatif dari Game Pokemon Go antara lain:
1.    Tidak kenal waktu dan tidak seimbang dengan aktifitas lain.
2.    Lupa belajar, ibadah, kegiatan keluarga di rumah.
3.    Melanggar ruang pribadi dan mengganggu aktivitas yang lain.
4.   Menyebabkan kematian, hal ini kejadian nyata yang terjadi di luar negeri, saat keasyikan menangkap pokemon tanpa disadari dia jatuh ke jurang.
Jadi untuk anak yang masih bersekolah di Sekolah Dasar, ada baiknya perlu di dampingi orang tua untuk menghindari hal-hal negatif tersebut. Orangtua juga harus mewaspadai risiko kecanduan bermain game pada anak. Jangan sampai anak keasyikan bermain hingga lupa belajar dan beribadah. Kita harus bisa memanfaatkan game, bukan diperbudak game. Yang terpenting, berikan pendampingan anak ketika bermain.

Post a Comment for "Dampak Positif dan Negatif Game Pokemon Go pada Anak-Anak"