Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Perkembangbiakan Manusia Kelas 6 Semester 1

Manusia termasuk golongan mamalia, sehingga cara perkembangbiakan manusia mirip dengan cara perkembangbiakan mamalia. Secara biologis, perkembangbiakan manusia diawali dengan persetubuhan atau perkawinan. Persetubuhan merupakan proses masuknya organ kelamin luar pria ke daam organ kelamin wanita.

Alat perkembangbiakan manusia terdiri dari organ-organ kelamin yang kompleks. Alat perkebangbiakan pria terdiri atas:
Dua biji testis  atau buah zakar berguna untuk menghasilkan sperma dan hormon kelamin pria. Pada pria dewasa dibentuk sekitar 400 juta sperma tiap hari. Pada seorang pria sejak ia mengalami mimpi basah berarti telah menginjak usia baligh, sehingga ia sudah bisa menghasilkan sperma yang matang.

1.      Epidermis berguna untuk tempat penyimpanan dan pematangan sperma.
2.      Saluran sperma berguna untuk penyimpanan sperma.
3.      Saluran semen berguna untuk mengalirkan cairan makanan bagi sperma.
4.      Kelenjar Prostat, berguna untuk menghasilkan cairan bagi kehidupan sperma.
5.      Zakar atau penis, sebagai organ persetubuhan pria berguna untuk memasukkan sperma ke dalam organ kelamin wanita. Selain itu juga untuk saluran pengeluaran urine (kencing). Kepala penis ini dilindungi oleh kulit yang disebut kulup. Kulup pada pria beragama Islam harus dibuang, yang dikenal dengan nama khitan atau sirkumsisi. Apabila seorang pria mengalami rangsangan seksual, penis akan menegang atau ereksi, karena rongga-rongga penis terisi penuh darah.

Alat perkembangbiakan wanita terdiri atas;
1.   Sepasang kandung telur erguna menghasilkan sel telur serta hormon progesteron dan hormon estrogen. Bagi seorang wanita, sel telur sudah dibuat ketika masih bayi. Kemudian setelah menginjak usia subur (baligh) tinggal proses pematangannya saja. Pada seorang wanita hanya memiliki sekitar 3000 sel telur saja.
2.      Sepasang saluran telur, berguna untuk menyalurkan sel telur yang sudah matang ke dalam rahim. Sejak usia baligh, seorang wanita bisa mematangkan dan mengeluarkan seuah sel telur setiap 4 minggu sekali.
3.   Rahim dan uterus, berfungsi untuk tempat pertumbuhan dan perkembangan janin bila terjadi pembuahan.
4.  Saluran kelamin (vagina), sebagai alat senggama atau persetubuhan. Pada ujung luar vagina disebut vulva yang terdiri dari:
a.       Mons pubis yang setelah dewasa ditumbuhi rambut.
b.      Sepasang bibir besar sebagai pelindung vagina
c.       Sepasang bibir kecil
d.      Klitoris, berupa tonjolan kecil yang peka terhadap rangsangan
e.       Selaput dara atau selaput keperawanan.
Alat perkembangbiakan pria dan wanita dapat dilihat pada gambar berikut:

Sumber Ilustrasi: http://www.cafependidikan.com/2015/12/alat-dan-sistem-reproduksi-pria-dan.html

Perkembangbiakan manusia diawali dengan proses pembuahan atau persetubuhan yaitu proses bertemunya sperma dengan sel telur. Sejak seorang pria dan seorang wanita yang sama-sama sudah akhil baligh, bila melakukan persetubuhan  bisa menghasilkan keturunan (anak).

Pada hewan, persetubuhan dengan lawan jenis dapat dilaukan secara sembarangan tanpa ada aturan, dan etika yang harus mereka perdulikan. Pada dunia hewan berlaku sistem tembak langsung yaitu setiap bertemu lawan jenis, kapanpun dan dimanapun berada bisa melakukan persetubuhan. Akan tetapi tidak demikian bagi manusia.

Manusia merupakan makhluk yang berbudaya dan beriligi, persetubuhan hanya dapat dilakukan oleh pasangan yang sah yang disebut sebagai pasutri (pasangan suami istri) itupun tidak boleh dilakukan disembarang tempat maupun semabarang waktu.

Untuk mendapatkan pasangan yang sah harus melalui proses pernikahan. Setelah memenuhi persyaratan tertentu pula. Setelah proses pernikahan, seorang pria berperan sebagai suami atau kepala keluarga atau bapak dari anak-anaknya kelak, dan seorang wanita berperan sebagai istri atau ibu rumah tangga atau ibu bagi anak-anaknya kelak.

Ketiak pasutri melakukan persetubuhan atau hubungan intim suami istri, saat itulah dimulainya proses pembuahan. Seorang suami bisa melepaskan berjuta-juta sperma setiap hubungan intm ke dalam vagina istr, sedangkan seorang istri cukup menyediakan sebuah sel telur saja selama sebulan. Pembuahan sperma pada sel telur terjadi di saluran telur.

Jika pembuahan berhasil akan menghasilkan zigot, yaitu hasil peleburan inti sel telur dengan sperma. Zigot akan menuju dan menempel pada dinding rahim untuk tumbuh dan berkembang menjadi embrio. Mulai saat inilah seorang istri memulai masa kehamilannya selama 9 bulan 10 hari. Perkembangan zigot menjadi embrio diawali dengan pembelahan sel berkali kali. Fase embrio berlangsung selama sekitar 6 – 7 minggu sejak pembuahan.

Embrio yang menempel di dinding rahim akan dihubungkan dengan plasenta atau tali pusar pada tubuh induknya. Melalui plasenta inilah zat makanan dan oksigen dari induknya dialirkan menuju janin agar tetap hidup, tumbuh dan berkembang. Di dalam rahim juga terdapat air ketuban yang berguna melindungi janin dalam rahim dari gangguan mekanik dari luar seperti tekanan, benturan dan lain-lain.

Menginjak usia 7 minggu, embrio sudah dapat dibedakan bentuk-bentuk anggota tubuhnya yaitu bnetuk kepala, tangan dan kaki. Pada akhir bulan kedua, embrio sudah tampak seperti manusia. Mukanya mulai berkembang, bentuk mata, telinga dan hdung sudah jelas. Oleh sebab itu mulai saat itu embrio berubah memasuki fase janin (fetus).

Dalam bulan ketiga kuku mulai terbentuk, dan jenis kelamin sudah dapat ditentukan. Bulan kelima tumbuh rambut di kepala dan seluruh tubuh. Bulan keenam bulu mata dan alis mulai tampak. Bulan ketujuh janin tampak seperti orang tua dengan kulit keriput. Pada bulan kedelapan dan kesembilan kerut kulit mulai hilang karena sudah tertimbun oleh lemak, dan tubuh menjadi bulat berisi dan siap untuk dilahirkan menjadi manusia.

Sumber Ilustrasi: http://www.sehatcenter.com/tahap-tahap-perkembangan-janin-sehat-dalam-kandungan/
 Untuk lebih memahami perkembangbiakan manusia silahkan lihat video berikut:



Sumber:
Sutanto, Purwo & Sarjan. IPA 6 Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.Klaten: Sahabat.

Post a Comment for "Cara Perkembangbiakan Manusia Kelas 6 Semester 1"