Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menciptakan Kelas yang Rapi dan Nyaman





Sumber Foto: http://www.jejamo.com/mendikbud-nyatakan-wapres-setuju-program-full-day-school-untuk-siswa-sd-dan-smp.html
Untuk menunjang suasana belajar yang kondusif, nyaman serta aman dan disiplin sangat diperlukan untuk mencapai prestasi siswa yang gemilang dan dapat memotivasi para guru dalam mengajar dan menampilkan kinerja terbaik saat di kelas. Untuk itu diperlukan beberapa usaha agar tercipta kelas yang rapi dan nyaman yang didasari dari komitmen warga sekolah terutama siswa dan guru untuk melakukan usaha tersebut. Langsung saja kita simak beberapa tips menciptakan suasana kelas rapi dan nyaman.

1.      Menjaga Kebersihan Kelas
Menjaga kebersihan kelas merupakan kewajiban setiap warga kelas. Agar kelas selalu bersih dibuatlah daftar piket kebersihan kelas yang tugasnya menyapu dan mengepel lantai kelas, menyapu di beranda kelas, merawat tanaman, membuang sampah yang ada ditempat sampah ke pembuangan akhir. Dengan adanya tugas piket ini, siswa diajarkan untuk bertanggung jawab dan memiliki kesadaran diri akan kebersihan, karena dengan kelas yang bersih maka akan tercipta kelas yang sehat dan pada akhirnya tercipta jualah kenyamanan saat proses belajar mengajar di kelas.
2.      Pengaturan Meja dan Kursi Siswa
Penataan meja dan kursi siswa juga berperan penting dalam menciptakan kerapian dan kenyamanan di kelas. Meja dan kursi diatur lurus kebelakang dan ke samping sehingga terciptalah keteraturan letak atau posisi duduk siswa. Kebersihan meja dan kursi dari coretan-coretan dan jangan mengotorinya akan memberikan kesan yang indah dan rapi sehingga proses belajar mengajar akan lebih nyaman.
3.      Pengaturan Meja dan Kursi Guru
Meja dan kursi guru juga harus diatur sedemikian rupa, taruhlah meja dan kursi guru tepat di depan dipojok dekat dengan lemari dan perabot kelas dan jangan lupa di beri taplak meja. Agar lebih indah taruhlah bungan cantik di atas meja.
4.      Jendela dan Dinding Kelas
Dalam proses belajar, pencahayaan yang baik sangatlah penting, sehingga jendela adalah salah satu unsur yang harus ada dalam sebuah kelas. Selain itu dinding kelas yang bersih dengan warna catnya yang tidak terlalu mencolok juga sangat berperan dalam memberikan kenyamanan saat belajar di kelas. Pada dinding juga dihiasi dengan pajangan-pajangan karya siswa dan guru, di beri hiasan dinding misalnya motto atau tulisan yang memberikan motivasi kepada siswa sebagai contoh “BERSIH ITU SEHAT” ataupun motto yang lain akan menambah semarak di kelas, namun ingat, jangan sampai berlebihan dalam menghias kelas.
5.      Perabot Kelas
Untuk menunjang proses belajar mengajar di kelas perabot kelas mempunyai peranan penting. Misalnya papan tulis, penghapus papan tulis, spidol (jika white board) atau kapur tulis (jika black board) perlengkapan kebersihan, daftar piket kelas. Hal ini akan memberikan kesan rapi dan nyaman saat berada di kelas.

Demikian tips menciptakan kelas rapi dan nyaman. Sillahkan di coba dan semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tips Menciptakan Kelas yang Rapi dan Nyaman"