Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Transisi di InShot untuk Membuat Video Transisi

Cara menambahkan transisi di InShot. Ketika kita mengedit atau membuat video dari rangkaian foto atau dari gabungan beberapa video pendek, kita butuh efek transisi agar perpindahan antar foto atau video menjadi lebih menarik.

cara menambahkan transisi di inshot

Dalam bidang editing, transisi (transition) adalah suatu efek yang terjadi ketika dua buah media seperti video atau gambar bertemu secara tumpang tindih. Artinya, efek transisi hanya dapat ditambahkan pada bagian atau frame dimana kedua media tersebut saling bertemu.

Semua aplikasi editing video baik untuk komputer maupun smartphone pasti memiliki efek transisi di dalamnya, tidak terkecuali dengan InShot, salah satu aplikasi edit video terbaik untuk perangkat Android saat ini.

Berikut adalah tutorial bagaimana cara menambahkan transisi di InShot supaya video hasil editing Anda terkesan lebih dinamis dan menarik untuk dilihat.

Cara Menambahkan Efek Transisi di InShot

Bagi Anda yang baru menggunakan aplikasi InShot, mungkin Anda akan sedikit kebingungan dalam mencari efek transisi yang mana memang tidak berada di satu tempat dengan menu-menu editing lainnya. Lalu, transisi di InShot dimana letaknya?

Cara menambahkan transisi di aplikasi InShot sebenarnya sangat mudah. Hal ini karena inShot akan langsung menampilkan efek transisi setiap kali ada dua objek baik video dengan video, foto dengan foto, atau video dengan foto saling berada dan bergabung dalam satu frame.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara menggabungkan video di InShot untuk memunculkan efek transisi tersebut, silahkan kunjungi artikel lain di blog ini yang membahas hal tersebut.

Langsung saja, Anda dapat mengikuti cara menambahkan transisi pada InShot pada langkah-langkah yang The Beats Blog contohkan di bawah ini.
  1. ‌Siapkan minimal dua buah file video, foto, maupun keduanya untuk Anda tambahkan efek transisi.
  2. ‌Buka aplikasi InShot.

    buka aplikasi inshot

  3. ‌Pilih menu Video dan buat sebuah projek yang baru.
    buat projek video baru

  4. ‌Pilih secara berurutan file video atau gambar yang sudah Anda siapkan.

    pilih video atau foto

  5. ‌Ketuk tombol Centang.
  6. ‌Geser timeline video sampai pada frame di mana kedua video tersebut saling bertemu.

    geser timeline video

  7. ‌Ketuk ikon transisi kecil yang berada di tengah-tengah frame.

    ketuk ikon transisi

  8. ‌Pilih efek transisi yang Anda inginkan.

    pilih efek transisi

  9. Edit transisi di InShot dengan menggeser slider di sebelah atas untuk mengatur berapa detik transisi akan berjalan.

    atur durasi transisi

  10. ‌Ketuk tombol Centang untuk menerapkan efek transisi.

    menerapkan efek transisi

  11. ‌Cara membuat transisi InShot pada video atau foto selesai.

    cara menambah efek transisi inshot selesai
Perlu Anda ketahui, aplikasi InShot ini hanya dapat menambahkan efek transisi pada dua video atau foto yang berada dalam satu frame saja. Anda tidak bisa memberikan transisi di bagian awal maupun di bagian akhir video seperti halnya pada Kinemaster.

Jika Anda masih merasa kebingungan dalam mengikuti langkah-langkah yang saya contohkan di atas, silahkan lihat video di bawah ini untuk tutorial yang lebih lengkap dan mudah dipahami.


Langkah-langkah di atas merupakan cara menambahkan transisi di InShot yang paling umum atau mendasar. Selebihnya, tinggal Anda kreasikan sendiri bagaimana cara mengedit video dengan efek transisi tersebut supaya menjadi lebih bagus dan menarik sesuai dengan keinginan Anda.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Transisi di InShot untuk Membuat Video Transisi"