Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[MOVIE] 5 FILM KOREA RINGAN COCOK UNTUK BERSANTAI

sumber: unsplash.com/bttngr


Kali ini agak berbeda nih
sharing-nya, bukan tentang review film ataupun buku tapi tentang rekomendasi film terkhususnya film Korea. Postingan ini akan aku jadikan sebagai postingan tema dari komunitas 1Minggu1Cerita yang sudah aku ikuti hampir 3 bulan lamanya. Setiap bulan di minggu pertama akan dijadikan artikel tema dan bulan ini tema yang dibawakan adalah santai. Bulan lalu aku tidak bisa ikut karena ide sesuai tema dan masih sejalur dengan niche blogku itu telat sekali munculnya. Makanya kali ini aku coba ikutan sesuai tema meskipun aku gak yakin apakah ini bisa diterima ya untuk sesuai tema.


Mungkin bagi sebagian besar yang mengikuti blog ini dari cukup lama pasti sadar kalau aku lebih banyak menonton film Korea dibandingkan film Indonesia ataupun Hollywood. Sebenarnya sih karena memang karena aku lebih tertarik dengan tema-tema yang dibawakan dan aku cukup familiar dengan para pemainnya. Aku yang sudah mengikuti kehidupan drama dan film Korea sejak lebih dari 10 tahun menjadi lebih nyaman ketika menonton film-film Korea ini.


BACA JUGA: [REVIEW] FILM MR. ZOO : KISAH APIK KERJASAMA HEWAN DAN MANUSIA


Kalau mau melihat genre-genre film Korea itu termasuk luas sekali dan banyak juga mengangkat tema-tema tak biasa. Tapi, biasanya kalau untuk bersantai itu sih aku secara personal akan lebih memilih tema-tema ringan dan bahkan kocak yang bisa membuat badan dan pikiran lebih rileks. Bukan film-film yang mengajak berpikir keras dengan segala plot twist yang malah membuat penontonnya sakit kepala untuk berpikir.


Nah ini adalah 5 film yang secara personal akan aku rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin bersantai sambil menonton film terkhususnya film Korea. Selamat menikmati (?)


EXTREME JOB

Extreme Job (sumber: mydramalist)

5 Detektif polisi di bagian narkotika terdiri dari Detective Go sebagai ketuanya, Detective Jang, Detective Ma, Detective Young Ho, dan Detective Jae Hoon. Tim kepolisian ini bertekad untuk menangkap gembong kriminal dan harus melakukan penyamaran. Mereka melakukan penyamaran sebagai pemilik restaurant ayam goreng dan siapa yang menyangka bahwa restaurant mereka menjadi sangat terkenal. Karena popularitas restaurant ayam yang tak disangka-sangka ini mereka menghadapi banyak kejadian tak terduga.


Film ini akan aku rekomendasikan ke siapa pun yang bertanya tentang film Korea apa yang harus ditonton. Apalagi kalau minta yang komedi, fix ini harus masuk banget! Aku sendiri bahkan sudah berkali-kali nonton dan berkali-kali juga selalu ngakak kalo nonton film ini.


5 polisi yang pada suatu momen lupa atas pekerjaan mereka sebagai seorang polisi karena terlalu fokus menjual ayam goreng. Mau harga dinaikkin semahal apapun masih banyak juga yang beli dan bahkan menjadi salah satu spot tourism dari Jepang! Tak hanya itu, mereka bahkan mendapatkan lebih banyak uang dibandingkan saat bekerja sebagai polisi. Namun, pada akhirnya mereka akan kembali ke jalurnya kok, sebagai polisi tangguh yang akan memberantas kejahatan khususnya sih yang berhubungan sama narkotika ini.


Film ini benar-benar penuh dengan komedi dan masing-masing anggota kepolisian ini memiliki charmingsendiri yang membuat penonton bakalan betah banget menonton mereka. Aksinya pun keren meskipun tetap dicampur dengan komedinya. Ceritanya juga tidak membosankan sama sekali dan tidak menghilangkan unsur detektifnya. Paket lengkap banget dan tentunya tidak salah menjadi salah satu film Korea yang banyak banget penontonnya!


EXIT

Exit (sumber: IMDB)

Yong Nam adalah salah satu rock climber paling sukses semasa kuliah namun tidak memiliki peruntungan dimanapun sejak lulus. Selama bertahun-tahun ia gagal mendapatkan pekerjaan dan masih harus bergantung dengan orang tuanya. Untuk ulang tahun ke 70 ibunya, ia ingin dirayakan di Dream Garden karena orang yang ia sukai bekerja disana. Ketika bencana terjadi dimana Seoul dipenuhi dengan gas beracun, ia harus menggunakan skill rock climbingnya lagi bersama dengan Eui Ji untuk menyelamatkan banyak orang.


Film ini sudah pernah aku review dengan lengkap juga disini kalau penasaran bisa langsung kesana. Meskipun memiliki embel-embel sebagai film bencana tapi cara penyampaian film ini ringan banget kok. Kita gak akan pusing harus mikir dan mungkin sedikit aja deg-degan karena tingkah kedua tokoh utama.


Film bencana yang dibungkus dengan komedi ini apik banget untuk ditonton saat bersantai. Bencananya juga bukan yang biasa kita lihat seperti banjir, gunung meletus, atau gempa. Melainkan gas, yang sebenarnya ketika menonton ini agak jadi rancu sih karena berpikir emang bisa gas jadi menyebabkan “ini”. Terlepas dari kerancuan ini, film ini seru sih dan tidak membosankan juga karena banyak cara yang mereka lakuin demi selamat. Tidak monoton sama sekali deh. Pemainnya juga sudah pasti oke karena sering bergabung di project yang bergenre komedi jadi udah gak perlu diragukan lagi deh.


SPEED SCANDAL / SCANDAL MAKERS

Speed Scandal (sumber: mydramalist)

Nam Hyeon Su kini berumur 30 tahun dan seorang penyiar radio yang terkenal. Suatu hari di apartemennya, ia didatangi oleh seorang ibu muda bernama Hwang Jeong Nam dan berkata bahwa Hyeon Su adalah ayahnya bahkan kakek dari anaknya, Ki Dong. Hyeon Su bertekad untuk mengusir mereka sampai akhirnya Jeong Nam mengancam untuk membawa gossip ini ke media berita. Kerumitan semakin memuncak ketika orang-orang berpikir bahwa Hyeon Su dan Jeong Nam ini terlibat hubungan romantis.


Salah satu film Korea paling favorit banget! Berada di top 3 lah kalo buatku. Nam Hyeon Su yang terbiasa hidup mewah dan sendirian kini harus hidup bersama putri bahkan cucunya sendiri. Cara hidup yang bertolak belakang kadang membuat pertengkaran kecil diantara mereka. Tapi, meskipun begitu hubungan ayah-anak dan kakek-cucu ini lucu banget dan bikin seneng aja pokoknya. Hubungan mereka yang apa adanya kalau di rumah akrab tapi kalau di luar tidak kenal itu seru untuk diikutin.


Apalagi semakin memanas waktu orang-orang mulai gosipin mereka, alur ceritanya jadi makin seru banget! Konflik-konfliknya ringan lebih ke hubungan ayah-anak yang terbentuk secara tiba-tiba dan mengalami penolakan di awalnya apalagi sang ayah yang terkenal dan memiliki karier bagus menjadi kesulitan untuk mengakui anaknya apalagi cucunya. Bahkan umur anak dan ayah ini hanya beda tipis semakin sulit dipercaya.


Dalam film ini juga ada scene mengundang bawang sih menurutku ketika puncak masalah antara anak dan ayah ini muncul. Emosi yang dimunculkan para pemainnya itu dapet banget dan gak salah film ini mendapatkan banyak sekali penghargaan!


ALONG WITH THE GODS: THE TWO WORLDS

Along with the Gods: The Two Worlds (sumber: IMDB)

Angel of Death atau Malaikat Maut akan mengikuti orang-orang yang telah meninggal dan mengantar mereka ke “afterworlds”. Disini orang-orang yang meninggal akan menjalani 7 sidang selama 49 hari. Seharusnya para Malaikat Maut ini tidak boleh ikut campur dengan urusan para manusia. Namun, Gang Rim, para pemimpin dari Malaikat Maut ini ikut campur dengan urusan Kim Ja Hong yang akan diantarkan dalam persidangan ini.


Film ini mungkin terlihat berat ya jika melihat dari sepintas sinopsisnya. Tapi, cara penyampaian alur ceritanya tidak memusingkan sama sekali bahkan cenderung sangat mudah untuk dinikmati. Inti terbesar dari film ini adalah si manusia yang harus bertanggung jawab atas segala yang sudah dilakukan selama hidup di bumi. Kalo di film ini ada 7 level, dan setiap level ini si manusia harus lolos kalau tidak akan langsung jeblos ke neraka tanpa ampun.


Kita akan menyaksikan Kim Ja Hong yang disidang di 7 level dan melihat balik perilakunya selama hidup. Bagusnya film ini sih sudah pasti pesannya ya, karena di agamaku juga ada nih tentang pengadilan atas apa yang kita lakukan di bumi ini. Bener-bener jadi reminder banget saat nonton ini.


Semua alur ceritanya dikemas dengan apik dan dibumbui komedi. Jadi, tidak terasa berat dan bahkan sangat nyaman dalam menontonnya. Para pemainnya ini yang bener-bener menghidupi banget sih kalau menurutku karena jadi seru banget. Cinematigrafinya juga oke banget lho di film ini! Setiap level sidang itu dibuat dengan ciri khas masing-masing “Gods” mereka, jadi semakin menarik lah untuk ditonton.


Film ini juga termasuk film kekeluargaan sih karena akan mengangkat kisah keluarga Kim Ja Hong dan juga permasalahannya, bahkan ada bawangnya juga nih disini!


SUNNY

Sunny (sumber: IMDB)

Mengisahkan 7 perempuan yang bersahabat di masa sekolah dan memiliki nama geng ‘Sunny’. Mereka sangat akrab satu sama lain namun tiba-tiba ada kejadian yang harus memisahkan mereka. 25 tahun kemudian, salah satu anggota Sunny ini mengalami sakit keras dan meyakini bahwa hidupnya tak lama lagi. Permintaan terakhirnya adalah untuk bisa bertemu dengan ke-7 teman baiknya lagi dan berkumpul bersama-sama.


Film ini sudah lama banget sih, tayang pada tahun 2011. Meskipun usianya sudah 9 tahun lamanya tapi film ini menjadi salah satu film yang terlaris di Korea Selatan. Pada film ini akan ada 2 alur yaitu ketika ke-7 sahabat ini masih di masa sekolah dan juga 25 tahun kemudian ketika mereka berusaha untuk bersatu lagi.


Salah satu film yang heart-warming banget sih menurutku dan ini mungkin bakal mengena banget buat orang-orang yang semasa sekolah punya geng. Apalagi pasti semasa sekolah itu ada aja geng ala-ala yang mewarnai masa-masa sekolah. Penuh nostalgia deh dan bisa bikin kita penonton kangen sama sahabat-sahabat semasa sekolah. Apalagi bagi orang-orang yang mungkin sudah lost contact bisa bikin kangen dan pengen reunian deh.


Permasalahan yang diangkat juga tidak terlalu berat jadi cocok sekali untuk ditonton sebagai selingan disaat santai. Film ini juga ada versi Indonesianya loh! Diadaptasi dengan judul ‘Bebas’, ceritanya juga tidak terlalu jauh beda dan dibintangi oleh pemain-pemain top. Perbedaannya hanya di budaya saja, di film ‘Bebas’ lebih disesuaikan dengan budaya yang ada di Indonesia.


Dan itulah 5 film Korea yang aku rekomendasikan untuk teman-teman bisa coba tonton. Buat yang tidak suka Korea pun aku rasa beberapa film ini termasuk sangat rekomendasi ya, bisa menghibur sekaligus sarat akan pesan-pesan moralnya. Ceritanya tidak berat, jadi cocok banget menjadi teman santai menuju weekend ini lho!


Apakah teman-teman disini udah pernah tonton film ini semua? Atau ada yang baru mau coba tonton? Share cerita kalian disini ya 😊


BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA OKAY! MADAM - KETIKA LIBURAN BERUBAH MENJADI BENCANA

Post a Comment for "[MOVIE] 5 FILM KOREA RINGAN COCOK UNTUK BERSANTAI"