Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasir Aneh yang Membuat Para Ilmuwan Bingung

Dunia memang menyimpan sejuta warna, warna-warni keunikan yang bertebaran dan selalu menanti untuk digali. Salah satunya yakni Mount Baldy. Adalah sebuah kawasan yang terletak di pantai selatan Danau Michigan, Amerika Serikat. Sebuah gundukan pasir yang merupakan tempat wisata di Taman Nasional Indiana Dunes National Lakeshore ini membuat bingung para ilmuwan.


Terdapat sebuah fenomena alam pasir hisap yang akan menyedot apa pun di atasnya, termasuk manusia. Fenomena alam yang berbahaya ini membuat taman nasional ditutup beberapa tahun lalu.

Meski sains bisa mengungkap sedikit misteri, tetapi keberadaan fenomena ini masih dianggap misterius hingga sekarang. Science Alert di situs webnya mencatat bahwa bukit pasir setinggi 37 meter ini terbentuk sekitar 4.500 tahun yang lalu.


Ahli geologi dari University of Michigan mengatakan bahwa fenomena ini merupakan kejadian yang aneh dan langka di dunia geologi. Bagaimana pasir bisa menyedot massa berat seperti gravitasi? Dan jika ada gua di bawahnya, mengapa pasir tidak hancur?

Gambar udara menunjukkan bahwa bukit pasir telah bergeser 134 meter dari tepi danau antara 1938 dan 2007. Butuh waktu berjam-jam untuk menyelamatkan para korban pasir isap, dan dokter mengatakan mereka selamat karena pasokan oksigen di pasir.


Pernyataan dokter tersebut membuat para ilmuwan bingung. Sebab, tidak ada celah di rongga yang memungkinkan seseorang bertahan hidup di pasir isap. Hingga saat ini fenomena tersebut masih menjadi misteri dan sains hanya dapat mengungkap tidak lebih dari 30 persen dari total keseluruhan misteri yang ada.

Source: fenomenaalam.com

Baca juga:

Mencengangkan, Pohon ini Menjulang Tinggi Melebihi Patung Liberty

Post a Comment for "Pasir Aneh yang Membuat Para Ilmuwan Bingung"