Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peternakan Sapi Lebih Dari 200 Hektar ini Suguhkan Keindahan Alam Mengagumkan

Tak disangka, tempat peternakan sapi yang satu ini sungguh membuat kamera tak henti bekerja. Menyuguhkan pemandangan alam indah nan luas. Suasananya begitu mirip dengan pedesaan di New Zealand, padahal peternakan ini berlokasi di Indonesia, tepatnya di Padang Mangateh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Luas padang peternakan kurang lebih mencapai 280 hektar. Sejak zaman Belanda kawasan ini diperebutkan oleh bangsa Eropa untuk dijadikan kawasan budidaya. Hal ini terbukti pada tahun 1955 Padang Mangateh menjadi balai peternakan terbesar se-Asia Tenggara.


Pusat Peternakan di bawah naungan Kementerian Pertanian ini didirikan sejak masa Orde Baru dan menjadi tempat pembibitan sapi potong terbesar di Indonesia. Lahan tersebut digunakan untuk dua kegiatan yakni pengembangan pakan sapi dan pengembangan sapi potong.

Balai pembibitan ternak unggul ini mempunyai kurang lebih 1250 ekor sapi. Ada tiga jenis sapi yang diternak yaitu sapi simental, sapi limosin dan sapi pesisir (sapi lokal).


Keindahan alamnya membuat Padang Mangateh digadang-gadang mirip dengan Desa Hobbiton yang terletak di Matamata, North Island, New Zealand.



Source: @gnfi, wisato.id

Baca juga:

Secara Alami Bekas Tambang Timah ini Menjelma Menjadi Gurun Menawan Nan Instagramable

Post a Comment for "Peternakan Sapi Lebih Dari 200 Hektar ini Suguhkan Keindahan Alam Mengagumkan"