Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] FILM NETFLIX ANNIHILATION - MUTASI YANG TAK TERDUGA


Annihilation (sumber: IMDB)

Annihilation adalah film original dari Netflix yang tayang pada 13 Februari 2018. Film ini memiliki genre science-fiction-horror. Film ini dibintangi oleh Natalie Portman, Jennifer Jason Leigh, Gina Rodriguez, Tessa Thompson, Tuva Novotny dan Oscar Isaac.


Film ini menceritakan suatu kejadian aneh yang muncul di suatu taman nasional. Taman Nasional ini diselimuti selubung aneh yang merambat cepat. Awalnya berada di sebuah mercusuar dan kini sudah menyebar sangat jauh dan akan segera menuju ke kota. Sekumpulan scientist dan pasukan khusus ditugaskan untuk menyelidiki tempat itu dan mencari tau asal muasalnya. Namun, sudah 2 pasukan yang dikirim tak satupun yang kembali dan bisa dihubungi kecuali seorang dari pasukan khusus. Namun, ia mengalami sakit keras dan tak sadarkan diri. Akhirnya para scientist ini terjun langsung untuk mencari tau apa yang terjadi sebenarnya


SPOILER ALERT!!!


The Shimmer


The Shimmer sendiri merupakan julukan untuk tempat yang terdampak ini. Setelah tidak pernah ada yang kembali dari The Shimmer kecuali seseorang yang juga sedang sekarat. Akhirnya sebuah kelompok kecil yang semuanya wanita dan terdiri dari berbagai keilmuwan diutus untuk masuk ke The Shimmer.


Ternyata apa yang terjadi di dalam The Shimmer adalah sebuah mutasi yang ganas layaknya sebuah tumor. Mutasi ini menyebabkan perubahan pada seluruh makhluk hidup yang ada di Taman Nasional ini. Para hewan berubah menjadi tingkat yang paling ganas, misalnya buaya yang memiliki gigi untuk hiu, beruang yang ganas bahkan bisa “berbicara” memanipulasi dirinya dengan mengeluarkan suara korbannya untuk menarik perhatian mangsanya yang lain. Belum lagi tanaman yang tumbuh dengan tidak normal bahkan menyerupai bentuk manusia lengkap dengan bentuk tulang-tulangnya.


Semua yang tidak normal ini membuat siapapun yang berada di dalam The Shimmer ini sangat terancam oleh kebuasan hewan-hewan yang ada disana.


Mutation


Ketika sedang beristirahat, sekelompok wanita ini menemukan rekaman peninggalan dari kelompok sebelumnya yang ditujukan untuk kelompok ekspedisi selanjutnya. Mereka melihat bahwa ada sesuatu yang “memasuki” tubuh mereka layaknya parasit namun sangat besar dan menguasai mereka.


Tidak semua anggota kelompok ini percaya apa yang terjadi. Mereka hanya berpikiran bahwa tempat ini mampu memanipulasi pikiran siapa pun yang datang kesana. Tapi, ternyata dengan semua bukti mutasi yang terjadi memang ada sesuatu yang menyebabkan semua mutasi ini.


Mereka menyebutnya “It”. “It” ini ternyata ingin menguasai makhluk lain, dimulai dengan memasuki diri sasarannya lalu akan tumbuh di dalam tubuh makhluk untuk menguasainya. That thing is duplicating and becoming other people. Benda yang tak diketahui ini ternyata ingin membuat sesuatu yang baru dengan sasarannya adalah seluruh makhluk di bumi.


Alur Maju Mundur


Film ini menerapkan alur yang maju mundur. Pada suatu adegan, akan menggambarkan kehidupan si tokoh sebelum kejadian ini, suatu adegan lagi akan menggambarkan ketika ia sedang berada di The Shimmer dan ada juga adegan yang menggambarkan dimana Lena yang dibintangi oleh Natalie Portman ini menjadi satu-satunya yang selamat dan telah berhasil keluar dari The Shimmer. Ia pun menjadi sasaran karena telah menjadi satu-satunya yang berhasil kembali.


Dengan adanya alur maju mundur ini sebenarnya agak memusingkan juga karena tiba-tiba sudah berada di suatu waktu yang lain dan tiba-tiba meloncat di waktu yang lain. Apalagi ketika tiba-tiba berada di kehidupan lampau, sejujurnya aku sendiri agak tidak menangkap apa esensi dari kisah-kisah masa lalu yang diungkap di film ini.


Review Singkat


Sebenarnya film ini sangat menarik sih, hanya saja aku merasa kurang sekali penjelasan yang aku dapatkan di film ini. Asal muasal dari mutasi ini tidak dijelaskan sama sekali. Teori-teori pun tidak ada sama sekali. Mungkin karena memang belum pernah ada yang kembali jadi tidak ada yang bisa melakukan penelitian. Aku sih sejujurnya kurang suka nih dengan film yang minim info gini jadi penasaran kan kenapa hal ini bisa terjadi.


Tapi, selama menonton sih aku tidak terlalu mengalami kebosanan ya karena lumayan seru, cinematografinya juga apik apalagi mutasi-mutasinya kalau di tanaman sih tidak mengerikan dan lumayan oke-lah kalau menurutku.


Warning aja sih buat yang gak kuat ada adegan berdarahnya karena ada juga nih karena harus melawan makhluk-makhluk buas yang kejam dan lumayan intens juga. Pistol dan granat juga ada jadi bisa antisipasi sebelum menontonnya.


Endingnya sebenarnya sih engga menggantung karena pada akhirnya mereka memaparkan apakah “It” ini, tapi menariknya bagian ending-nya ini benar-benar menimbulkan spekulasi yang lain. Tapi, tetep kesel aja sih karena gak ada penjelasannya. Untuk rating aku kasih 3/5 deh karena beberapa part aku juga masih bingung.


Nah, apakah teman-teman disini udah pernah tonton film ini? Atau ada yang baru mau coba tonton? Share cerita kalian disini ya 😊


BACA JUGA: [REVIEW] NETFLIX LOST GIRLS: UPAYA TANPA HENTI SANG IBU MENCARI ANAKNYA

Post a Comment for "[REVIEW] FILM NETFLIX ANNIHILATION - MUTASI YANG TAK TERDUGA"