Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet di Laptop dan HP yang Tidak Berfungsi

Cara mengaktifkan mikrofon di Google Meet. Saat mengikuti konferensi video menggunakan Google Meet, mikrofon merupakan salah satu fitur yang sangat penting untuk diaktifkan supaya kita bisa berkomunikasi dengan peserta lainnya dengan baik.

cara mengaktifkan mikrofon di google meet

Dalam kondisi normal, cara mengaktifkan mikrofon Google Meet sebenarnya sangat mudah karena kita hanya perlu melakukannya dengan sekali klik saja. Begitupun jika kita ingin menonaktifkannya.

Namun dalam keadaan tertentu, ternyata mikrofon Google Meet bisa juga menjadi tidak berfungsi sehingga tidak dapat digunakan. Hal ini sudah tentu menjadi masalah, karena peserta lain tidak bisa mendengar suara apapun dari video call kita.

Berikut adalah cara mengaktifkan suara di Google Meet di HP dan laptop, sekaligus cara mengatasinya jika microphone di Google Meet tidak berfungsi.

Baca juga: Cara masuk Google Meet tanpa aplikasi

Cara Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet di HP dan Laptop

Seperti yang saya katakan sebelumnya, cara menyalakan mikrofon di Google Meet baik di laptop ataupun HP Android itu sangat mudah sekali.

Saat berada dalam meeting, Anda hanya perlu klik atau ketuk tombol Microphone yang ada di bagian bawah layar video. Maka setelah itu, mikrofon Anda yang sebelumnya dalam kondisi nonaktif akhirnya bisa aktif, sehingga semua peserta dapat mendengar suara dari video call Anda.

cara mengaktifkan suara di google meet

Cara yang sama juga berlaku jika Anda ingin menonaktifkan suara mikrofon di Google Meet.

Cara Setting Microphone di Google Meet Tidak Berfungsi

Apakah Anda pernah atau bahkan sedang mengalami masalah microphone di Google Meet tidak berfungsi di HP Android? Biasanya, hal ini terjadi karena masalah perizinan.

Ketika baru pertama kali dibuka, aplikasi Google Meet biasanya akan meminta sejumlah perizinan yang salah satunya adalah izin untuk menggunakan microphone pada HP Android. Nah, Anda harus mengizinkan semua perizinan tersebut supaya Google Meet bisa berfungsi dengan normal.

Bagi Anda yang mungkin lupa mengizinkan Google Meet untuk menggunakan microphone di HP Android, berikut adalah cara mengatasinya.

  1. ‌Pergi ke pengaturan atau setelan Android dan buka menu Aplikasi (Apl).

    buka setelan aplikasi

  2. ‌Pilih Kelola aplikasi.

    kelola aplikasi

  3. ‌Cari dan ketuk aplikasi Google Meet.

    cari aplikasi google meet

  4. ‌Buka menu Perizinan apl.

    perizinan aplikasi

  5. ‌Ketuk perizinan Mikrofon.

    setting perizinan microphone

  6. ‌Pilih Izinkan.

    cara mengaktifkan microphone di google meet yang tidak berfungsi

Sekarang, cobalah untuk mengaktifkan mikrofon di Google Meet seperti cara yang pertama. Jika mikrofon akhirnya dapat digunakan, itu artinya cara setting microphone di Google Meet yang tidak berfungsi berhasil.

Namun jika microphone di Google Meet tetap tidak mau nyala, Anda bisa mencoba uninstall aplikasi Google Meet kemudian memasarkannya kembali di HP Android Anda.

Kunjungi: Cara mengubah bahasa di Google Meet

Cara Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet yang Diblokir

Mikrofon Google Meet yang diblokir biasanya terjadi di laptop ketika kita mengakses halaman website Google Meet pada browser Google Chrome.

Penyebabnya sama, yaitu Anda tidak memberikan izin pada website Google Meet untuk menggunakan mikrofon di laptop atau PC Anda.

Berikut adalah cara mengaktifkan mikrofon di Google Meet yang diblokir pada laptop atau PC yang bisa Anda lakukan.

  1. ‌Buka browser Google Chrome di laptop Anda.
  2. ‌Kliklainnyadan buka Settings.

    settings google chrome

  3. ‌Pada pengaturan Privacy and security, buka menu Site Settings.

    site settings

  4. ‌Pada Permissions, klik menu Microphone.

    buka perizinan microphone

  5. ‌Anda akan menemukan situs Google Meet ada dalam daftar Block. Klik ikon segitiga kecil di sampingnya.

    izin google meet diblokir

  6. ‌Ubah perizinan Microphone dari Block menjadi Allow.

    cara mengaktifkan mikrofon google meet yang diblokir

  7. ‌Google Chrome akan menyimpan perubahan secara otomatis.

Untuk mengeceknya, coba sekarang Anda akses website Google Meet, buat rapat instan, kemudian klik tombol Microphone. Jika suara mikrofon akhirnya menyala, itu artinya cara mengaktifkan mikrofon di Google Meet yang diblokir telah berhasil. Baca: Cara membuat room di Google Meet

Demikianlah cara mengaktifkan mikrofon di Google Meet di HP dan laptop yang tidak berfungsi atau diblokir. Apakah tutorial di artikel ini membantu? Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya seputar Google Meet yang akan datang. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet di Laptop dan HP yang Tidak Berfungsi"