Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI PRAKARYA KELAS 9 DAGING DAN TELUR

 B.Daging, Daging yang berasal dari unggas dan hewan berkaki empat dapat ditemukan di setiap bagian tubuhnya. Daging tersebut dapat diolah dan dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan yang mengandung protein hewani. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenis daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

MATERI PRAKARYA KELAS 9 DAGING DAN TELUR
MATERI PRAKARYA KELAS 9 DAGING DAN TELUR

1) Daging Ayam

Daging ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan  memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan  dengan daging hewan berkaki empat. Ayam juga kaya kandungan vitamin (vitamin A dan berbagai vitamin B) serta beragam mineral (tembaga, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, dan zinc). 

Berdasarkan jenis ayam yang dibudi dayakan, ayam dibedakan menjadi 2, yaitu ayam kampung dan ayam broiler/ ayam negeri. Perbedaan ayam kampung dan broiler adalah sebagai berikut.

a) Ayam kampung

Ayam kampung adalah sebutan  di Indonesia untuk ayam peliharaan. Ayam ini merupakan jenis yang biasa dipelihara oleh penduduk atau orang yang tinggal di kampung. Biasa dipelihara oleh penduduk dengan cara dibiarkan lepas bebas berkeliaran mencari makan di kebun-kebun sekitar rumah. Ayam kampung disukai orang karena dagingnya yang kenyal dan tidak berlemak sebagaimana ayam broiler. Berbagai masakan Indonesia banyak yang menggunakan ayam kampung karena dagingnya tahan pengolahan (tidak mudah hancur saat diolah).

Keunggulan ayam kampung memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, yaitu memiliki 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi. Kadar lemaknya relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan daging ayam bloiler. Selain diambil dagingnya, ayam kampung juga menghasilkan telur. Kandungan protein telur ayam kampung cukup tinggi. Kegiatan memelihara ayam kampung ini sebagai budi daya dan sumber pangan ataupun karena hobi untuk hiasan, contohnya memelihara ayam kate atau ayam cemani.

b) Ayam Broiler/Leghorn

Jenis ayam ini dipelihara dengan  cara diternakan, dipelihara di dalam kandang yang berukuran besar. Ayam ini merupakan ayam unggulan karena hasil persilangan dari ras - ras ayam yang memiliki produktivitas tinggi. Hanya dalam waktu 5-6 minggu, ayam ini sudah bisa dipanen.

Tahukah kamu jenis-jenis ayam ini? Coba cari tahu jenis yang ada/ populer di daerahmu! Daging ayam kampung memiliki cita rasa yang berbeda dengan daging ayam broiler. Rasa daging ayam kampung lebih gurih dibandingkan dengan rasa ayam broiler. Selain rasa yang berbeda kandungan lemak pada ayam broiler lebih tinggi dari ayam kampung. Kandungan lemak pada ayam banyak terdapat di bagian bawah kulitnya terutama pada bagian sayap. Agar ayam broiler berkurang kadar lemaknya, ketika mengolah, dapat dibuang kulitnya sebelum dimasak atau tidak memakan bagian kulitnya.

2) Daging Sapi

Daging sapi adalah daging yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya lezat, daging sapi ini dapat diolah menjadi aneka masakan. Daging sapi berwarna merah.Bagian tubuh hewan ternak sapi yang memiliki daging terbanyak adalah bagian paha depan dan paha belakang. Bagian kepala, leher, tungkai, dan ekor termasuk bagian moncong (hidung/cingur) dan lidah juga diambil dagingnya, tetapi tidak sebanyak bagian paha. Bagian  jeroan (isi perut) tidak dianggap sebagai daging. Selain direbus,  digoreng, atau dibakar, daging sapi dapat diolah menjadi aneka ragam olahan seperti rendang, semur, bakso, abon, dendeng,  sosis, dan salami, serta kornet. Daging sapi dimakan hampir di seluruh bagian dunia. Tahukah kamu jenis-jenis hewan sapi yang ada di Indonesia?

3) Daging Kerbau

Daging kerbau ciri khas berwarna  merah agak gelap, memiliki tekstur serat yang lebih kasar dibandingkan dengan daging sapi. Kandungan lemak daging kerbau relatif rendah daripada daging sapi.  Daging  kerbau  dikonsumsi  oleh sebagian besar penduduk di Asia Selatan dan Asia Tenggara, tempat asal hewan ini. Pengolahan daging kerbau biasanya sama dengan pengolahan daging sapi.

4) Daging Kambing

Daging kambing merupakan  sumber  gizi yang penting bagi negara berkembang yang biasanya terletak di daerah iklim tropis. Daging kambing lebih empuk daripada daging sapi  dan  kerbau. Serat dagingnya lebih halus dan mempunyai rasa dan aroma khas yang digemari  beberapa  bangsa  di negara berkembang. Hasil pengolahan daging kambing seperti sate, sop, dan gulai.

5) Daging Babi

Daging babi memiliki warna yang  lebih pucat daripada daging sapi, lebih mendekati warna daging ayam  elastis sehingga mudah diregangkan.  Daging babi memiliki serat yang terlihat  samar dan sangat renggang. Olahan daging babi berupa baso, sosis, sate, babi rica-rica, dan babi panggang

c. Telur

Telur terutama dihasilkan oleh hewan jenis unggas dan ikan yang sebenarnya adalah cara hewan tersebut berkembang biak dengan bertelur. Dari telur ini akan menetas hewan muda untuk kelestarian jenisnya agar tidak punah. Telur dapat dikonsumsi manusia dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Jenis telur yang biasa dikonsumsi adalah telur ayam kampung, telur ayam leghorn, telur puyuh, telur itik, dan telur angsa. Jenis telur ikan yang biasa dikonsumsi manusia adalah telur ikan belida dan telur  ikan kavier.

Telur dapat diolah menjadi berbagai olahan dengan cara direbus, digoreng, dikukus, menjadi berbagai hidangan lezat bergizi seperti: telur mata sapi, telur dadar, telur balado, semur telur, pindang telur, telur asin dan lain-lain.

1) Telur Ayam Kampung

Ayam kampung, yang biasa dipelihara dengan cara dibiarkan  mencari makan sendiri dipekarangan penduduk memakan lebih banyak variasi makanan dan lebih organik dibanding ayam broiler/ leghorn serta bertelur karena diberi pejantan. Sehingga telur ayam  kampung memiliki kwalitas gizi yang lebih baik dibanding telur ayam broiler jenis petelur yang diternakan dan hanya memakan satu jenis makanan saja.

Ayam broiler jenis petelur umumnya diternakan dan bertelur  tanpa pejantan, ia bertelur menggunakan obat-obatan.  Ada banyak jenis ayam petelur yang umumnya diternakkan di Indonesia ataupun di luar negeri. Ukuran dan warna telur yang dihasilkan tergantung jenis ayamnya. Warna telur yang umum dijumpai adalah berwarna cokelat dengan berbagai variasi ukuran dan berat telur.

3) Telur Itik

Telur itik sebenarnya lebih unggul dibanding telur ayam broiler,  rasanyapun hampir sama tergantung selera namun telur itik lebih kaya akan nutrisi. Hal ini dapat disebabkan oleh pengaruh makanan itik. Telur itik mengandung nutrisi 2 kali lipat lebih banyak daripada telur ayam broiler, memiliki cangkang lebih tebal sehingga lebih tahan lama masa simpannya. Telur itik biasannya diberi makan dengan cara diangon dan diberi pejantan, sehingga telurnya yang dihasilkan lebih organik.  Sementara telur ayam broiler peternakan bertelur tanpa pembuahan (menggunakan obat),dimungkinkan mengandung antibiotik dan obat - obatan lain, sehingga telur itik  lebih sehat.

4) Telur Puyuh

Telur puyuh adalah salah satu jenis telur yang juga populer  di masyarakat. Telur ini dihasilkan oleh sejenis burung yang oleh masyarakat Indonesia biasa menyebutnya burung puyuh. Selain harganya murah telur puyuh mudah didapat di mana saja dibanyak tempat di Indonesia. Telur dengan ciri khusus bercak-bercak tak beraturan dan berwarna coklat tua ini ternyata memiliki   kandungan gizi yang lebih tinggi tiga hingga empat kali dibandingkan dengan telur ayam. Telur puyuh yang mungil ini memiliki berat 10 gram hingga 12 gram. Telur mungil ini menyediakan banyak zat yang dibutuhkan tubuh manusia agar menjadi sehat.

d. Susu

Susu adalah cairan berwarna putih yang disekresikan oleh kelenjar  mammae pada binatang mamalia betina untuk bahan makanan  dan sumber gizi untuk anaknya.  Susu juga merupakan sumber gizi bagi tubuh manusia.  Hewan-hewan  ternak mamalia lainnya penghasil susu selain sapi yang biasa dikonsumsi oleh manusia  contohnya kambing, domba, kerbau, unta dan kuda. 

Susu binatang (biasanya sapi) banyak diolah menjadi berbagai produk misalnya yogurt, keju, mentega, susu kental manis, susu bubuk, dan ice cream. Produk susu dapat dibedakan menjadi beberapa tipe berdasarkan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya, yaitu: susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free fat milk) atau susu skim (skim milk).

Post a Comment for "MATERI PRAKARYA KELAS 9 DAGING DAN TELUR"