Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] FILM KOREA PAWN - KISAH MANIS SI JAMINAN DAN PENAGIH HUTANG

review korean film pawn ha ji won sung dong il kim hee won
Poster Film Korea Pawn (sumber: Asianwiki)

Akhirnya aku nonton lagi setelah sekian lama! Hahaha. Kayaknya aku mengalami movie slump deh (ada gak sih?) yang berakibat aku males banget nonton film atau Drama Korea yang sebenarnya udah aku tunggu-tunggu banget. Tapi, akhirnya aku berhasil melewatinya dan nonton film Korea lagi deh!

Film Pawn ini dijadwalkan tayang di Korea pada bulan September lalu dan di Indonesia sendiri menjadi salah satu film yang ditayangkan ketika pembukaan bioskop CGV lagi di Indonesia. Film ini dibintangi aktor dan aktris terkenal di Korea seperti Sung Dong Il, Ha Ji Won dan Kim Hee Won. Film ini juga sangat sukses di pasaran Korea loh dan hingga November ini sudah berhasil menduduki film terlaris no.8 sepanjang tahun 2020 ini.

Film ini menceritakan tentang Doo Seok pada tahun 1993 di Incheon yang bekerja sebagai debt collector. Ia terlihat galak dan mengintimidasi tapi sesungguhnya ia memiliki hati yang hangat. Suatu hari, ia mendatangi Myung Ja untuk menagih hutangnya yang sudah menunggak. Sebagai jaminan, akhirnya Doo Seok membawa Seung Yi, anaknya Myung Ja, sebagai jaminan dan akan dikembalikan ke sang Ibu ketika ia melunasi hutangnya. Sialnya, Myung Ja ini adalah salah satu imigran illegal dan ia tertangkap dan di deportasi kembali ke negara asalnya, China. Akhirnya Doo Seok harus mengurus Seung Yi yang berada dengannya.

BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA ASHFALL, KISAH PERJUANGAN UNTUK MENGHENTIKAN BENCANA

Okey aku akan membagikan review dan spoiler nih, jadi yang tidak ingin ter-spoiler langsung loncat ke bagian review aja ya.

SPOILER ALERT!!!

Anak yang jadi jaminan

Myung Ja dan Seung Yi harus berhadapan dengan para debt collector karena kehidupan mereka yang kekurangan, apalagi ayah dari Seung Yi juga tidak tau kabur kemana. Di hari Doo Seok menagih hutang mereka, Myung Ja diminta kesempatan 1 bulan lagi untuk melunasi hutangnya. Doo Seok yang juga mendapat tekanan dari atasannya pun akhirnya mengambil Seung Yi sebagai jaminan sang Ibu. Myung Ja pun menjanjikan akan mengembalikan hutangnya keesokan harinya. Sialnya di saat Ia sedang mengusahakan uang itu, pihak kepolisian menangkapnya dan ia akan dikembalikan lagi ke China. Anaknya yang tak bersamanya pun dicari-cari oleh pihak kepolisian. Myung Ja meminta Doo Seok untuk mengurus Seung Yi hingga paman dari Seung Yi datang mengambilnya. Myung Ja tidak ingin Seung Yi di deportasi bersama dirinya.

Kisah pilu sang anak

Seung Yi yang masih sangat kecil ini mengalami banyak kesulitan dalam hidupnya. Ia ditinggal Ibu kandungnya saat berumur 10 tahun. Ia diiming-imingi untuk hidup bahagia di keluarga barunya bersama sang Paman tapi ternyata hanya bualan belaka. Seung Yi yang masih kecil dijual kepada pemilik kelab di Busan. Paman yang sangat dipercayai Ibu Seung Yi tega menjualnya untuk mendapatkan uang bahkan dengan nilai yang tak terlalu besar.

Pemilik kelab yang mengaku sebagai ibu baru Seung Yi ini malah menjadikannya budak. Ia harus bekerja di kelab ini sebagai tukang bersih-bersih. Dijanjikan sekolah tapi malah diminta bekerja. Ia harus membersihkan ruang-ruang kelab, kamar mandi, lobby dan menuruti semua permintaan dari “sang ibu baru”-nya ini. Bahkan ia sampai terluka karena ada pelanggan kasar di kelab. Ia terluka di bagian wajah akibat pecahan kaca tapi bahkan tidak diobati dengan benar bahkan tidak dibawa ke rumah sakit.

Hubungan manis si penagih hutang dan jaminan

Doo Seok sejak awal sudah memiliki spot manis untuk si jaminan yang waktu itu berumur 10 tahun. Ia rela mencari Seung Yi yang kabur dari dirinya agar bisa dipertemukan dengan pamannya. Saat Seung Yi sudah bersama pamannya, Doo Seok setiap hari selalu menghubungi Seung Yi via pager, namun tak kunjung mendapat jawaban. Hingga akhirnya ia mengetahui bahwa Seung Yi sudah dijual oleh pamannya sendiri.

Semakin resah, Doo Seok melakukan segala macam hal untuk menghubungi Seung Yi termasuk melalui pager Seung Yi yang ada pada dirinya. Seung Yi yang meskipun masih kecil tapi sudah pintar juga mencari cara untuk menghubungi Doo Seok. Doo Seok yang mengetahui Seung Yi dijual ke kelab malam langsung menjemput Seung Yi dan membawanya untuk tinggal bersama mereka.

Doo Seok dan Jong Bae kini berlaku sebagai keluarga baru Seung Yi. Mereka menyekolahkannya, membelikan baju bagus, dan mengurus seluruh keperluan Seung Yi. Hingga dewasa Seung Yi hidup bersama Doo Seok dan Jong Bae. Seung Yi yang pintar menjadi kebanggaan Doo Seok dan Jong Bae.

Suatu hari, nenek dari Seung Yi mengatakan bahwa Ibunya sakit parah dan ingin bertemu dengan Seung Yi. Doo Seok dan Seung Yi pergi ke China untuk menemui ibunya. Sayangnya sang Ibu seperti cuek terhadap Seung Yi. Ibunya berpikir dengan waktu yang tinggal sedikit tidak ingin menyiksa Seung Yi lagi. Myung Ja, meminta Doo Seok untuk mencari ayah kandung dari Seung Yi.

Kisah dengan 2 waktu

Di film ini digambarkan Seung Yi pada saat masih kecil dan dewasa. Ada cerita di masa lalu dan masa sekarang. Seung Yi di masa sekarang digambarkan sudah sukses dan sedang mencari seseorang.

Di hari Doo Seok mempertemukan Seung Yi dengan ayah kandungnya yang ternyata kaya raya, Doo Seok dan Jong Bae sudah bersiap untuk melepaskan Seung Yi kembali ke keluarga kandungnya. Ternyata, Seung Yi malah minta dijemput dan marah karena ditinggal begitu saja dan Seung Yi bahkan memanggil Doo Seok “ayah”. Doo Seok yang sangat bahagia segera meluncur menjemput Seung Yi namun ia tak kunjung tiba.

Ternyata orang yang selama ini Seung Yi cari adalah Doo Seok. Ia berpisah dengan Doo Seok selama 10 tahun dan tanpa henti terus mencari Doo Seok keseluruh penjuru Korea. Apakah Seung Yi akan bertemu kembali dengan Doo Seok yang sudah ia anggap sebagai ayahnya?

Review Singkat

Film dengan durasi 2 jam ini bener-bener heart warming banget. Keakraban si “jaminan” dengan penagih hutangnya sangat manis. Tingkah laku Seung Yi yang masih kecil juga imut banget, mustahil kita sebagai penonton gak akan jatuh cinta dengan tokohnya.

Para aktor dan aktrisnya yang sudah memiliki jam tayang yang tinggi tentu tidak diragukan lagi kualitas aktingnya.Chemistry dari para pemainnya juga luar biasa banget! Apalagi kalo kalian nonton mereka bertiga di variety show 'House on Wheels' jadi makin keliatan banget ikatan kuat para pemainnya. 

Film ini memiliki paket lengkap banget. Dimulai dari kocak yang biasanya sih kita dapatkan dari interaksi antara Doo Seok dan Jong Bae yang selalu berantem. Belum lagi sifat protektif dari Doo Seok juga membuat banyak adegan kocak jika sudah berhubungan dengan Seung Yi.

Yang paling tidak aku sangka adalah, bahwa film ini akan membuatku banjir air mata. Yap, sejujurnya aku tidak akan menyangka bahwa ceritanya akan seperti ini. Hidup kelam si Seung Yi saja sudah membuatku nangis di awal-awal. Tapi, setelah ditunjukkan bahwa ternyata Seung Yi sedang mencari-cari Doo Seok yang menghilang semakin banjir lagi air mata yang keluar. Film ini fix bikin kita kangen banget sama sosok ayah.

Kalau kalian mencari film yang ingin ditonton bersama-sama dengan keluarga besar, film ini cocok banget! Ditonton bersama anak kecil juga malah bagus banget menurutku. Saking sukanya dengan film ini aku berani untuk kasih 5/5 bintang! Aku tidak merasa bosan sedikitpun selama menonton dan bahkan sangat terhibur banget. Bagi yang belum tonton boleh banget film ini untuk dicoba lho! Apalagi bagi yang lagi mau nangis-nangis nih.

Nah, apakah teman-teman disini udah pernah tonton film ini? Atau ada yang baru mau coba tonton? Share cerita kalian disini ya 😊

BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA PENINSULA - 4 TAHUN SETELAH TRAIN TO BUSAN

Post a Comment for "[REVIEW] FILM KOREA PAWN - KISAH MANIS SI JAMINAN DAN PENAGIH HUTANG"