Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[MOVIE] 8 REKOMENDASI VARIETY SHOW KOREA YANG MENGHIBUR SEKALIGUS HEALING


Akhir-akhir ini aku tidak ada mood sama sekali untuk nonton drama Korea. Padahal banyak banget drama yang udah aku tunggu-tunggu tapi setelah tayang aku tidak tertarik sama sekali untuk ikuti. Nonton juga aku seperti kehilangan minat dan baru muncul semangat buat nonton waktu Calldan Pawn tayang.

Memang kerjaan di kantor sedang banyak-banyaknya dan bawaannya jadi capek terus deh. Baca buku pun itu aku lakuin setiap mau tidur jadi agak lama gitu kalo baca buku. Terus buat menghilangi ke-stress-an ini aku beralih ke variety show Korea. Selain Kpop dan KDrama aku emang sesekali ikutin variety show dari Korea. Tapi, jenis yang aku ikutin ini bukan variety show yang udah mengudara bertahun-tahun ataupun yang berhubungan dengan idol tertentu ya melainkan hanya punya beberapa episode dan tamat.

Aku tau ini emang agak melenceng ya dari niche blog ini tapi siapa tau ada yang butuh refreshing juga dan bosan dengan film atau drama siapa tau mau mencoba beberapa rekomendasi variety show Korea ini!

Little Forest

Little Forest (sumber: mydramalist)

Variety show ini tayang di tahun 2019, tepatnya tanggal 12 Agustus – 7 Oktober. Acara ini dipandu oleh Lee Seung Gi, Lee Seo Jin, Park Na Rae, dan Jung So Min. Ke-4 seleb ini ditantang untuk menjaga anak-anak kecil selama 2 hari 1 malam tanpa ada orangtua mereka. Konsep yang ingin dibawa yaitu memperkenalkan anak-anak dengan alam yang udah susah banget untuk mereka lakukan di kota.

‘Little Forest’ ini merupakan sebuah daerah yang masih asri banget dan disini ada kebun sayur, buah bahkan kendang hewan juga. Apa yang aku suka dari acara ini adalah lucunya tingkah anak-anak yang dipilih jadi cast di acara ini dan bagaimana repotnya ke-4 seleb ini harus mengurus mereka. Mulai dari masak makanan, mandiin, nidurin, nyiapin acara atau permainan supaya anak-anak gak bosan dan nangis karena jauh dari orangtuanya. Acara yang mengundang senyum dan tawa banget deh selama nonton ini. Apalagi cast seleb-nya juga keren banget bisa jagain 5-6 anak sekaligus! Btw,  variety show ini juga ada diadaptasi lho oleh China dan tayang di tahun 2020 dengan judul ‘Wonderful Little Forest’.

Coffee Friends

Coffee Friends (sumber: mydramalist)

Yoo Yeon Seok si dokter dari Hospital Playlist dan sahabatnya Son Ho Jun dari Was It Love, ditantang untuk membuka sebuah cafe brunch di Jeju-do. Sebelumnya Yeon Seok dan Ho Jun ini memang sudah sering bikin event untuk jualan snack dan kopi dan hasilnya akan mereka sumbangkan. Dan pihak tVN mengangkat kegiatan ini menjadi acara dengan skala lebih besar.

Keduanya mengajak Choi Ji Woo dan Yang Se Jong untuk membantu membuka café ini dan menjadi cast tetap. Yeon Seok menjadi koki, Ho Jun menjadi barista, Ji Woo jadi Manager Hall dan Se Jong jadi asisten dapur. Tak hanya ber-4 saja, mereka juga setiap minggu mengajak anggota lain yang bisa dijadikan part-timer mereka dan tak tanggung-tanggung banyak nama terkenal lho! Seperti Yunho TVXQ, Nam Joo Hyuk, Sehun EXO bahkan Chef Baek Jong Won yang memberikan resep kepada mereka.

Apa yang aku suka? Hmm awalnya aku pure tergoda melihat makanan-makanan yang mereka sajikan 🤣 Siapa yang mendugakan para aktor ini ternyata pinter banget masak. Belom lagi ngeliat kerepotan mereka di dapur menghadapi para pembeli dan pesanan yang menumpuk. Apalagi tujuan mereka yang memang seluruh pendapatannya akan didonasikan jadi mereka gak patok harga untuk setiap menunya. Semua terserah dari pembeli mau bayar berapa. Ini jadi pengalaman baru aja sih dalam menonton variety show.

Handsome Tigers

Handsome Tigers (sumber: mydramalist)

Ada yang suka main basket? Atau nonton basket? Kalian mungkin suka dengan variety show ini. Jadi di acara ini akan dikumpulkan para aktor, penyanyi dan idol yang memang suka main basket dan bisa main basket. Mereka semua akan dikumpulkan jadi 1 tim dan dilatih langsung oleh Seo Jang Hoon, legenda basket Korea. Seo Jang Hoon memang sudah banting setir jadi entertainer di Korea sejak ia pensiun dari dunia basket dan ini adalah kali pertamanya ia berhadapan lagi dengan basket.

Disini tim basket yang bernama Handsome Tigers ini akan ikut kejuaraan basket amatir. Mereka akan melawan sejumlah tim basket amatir dan berjuang untuk bisa lolos hingga puncak laga. Tapi, jangan salah sangka dengan kata ‘amatir’ ya! Mereka bukan amatir sama sekali, bahkan bisa dibilang kemampuan tim-tim basket ini bisa sama dengan professional lho!

Siapa saja kah anggota Handsome Tigers ini? Ada Lee Sang Yoon, Kim Seung Hyun, Seo Ji Seok, Julien Kang, Shorry, Kang Kyung Joon, Moon Su Inn, Lee Tae Sun, Cha Eun Woo, Yoo Seon Ho, Kang In Soo, dan Jeon Ji Hoon. Mereka semua akan di manajeri oleh Joy dari Red Velvet. Banyak banget ya? Namanya juga tim basket 😁

Kenapa aku suka?  Sebenernya aku gak ngerti sama sekali tentang basket lho! Aku lagi suka sama aktor Lee Sang Yoon terus ada Joy lagi jadi penasaran deh pengen liat eh ternyata seru! Selama 12 episode kita akan melihat perjuangan mereka mulai dari latihan dan bertanding melawan lawan yang kuat-kuat banget dibandingkan mereka apalagi mereka kan juga disibukkan dengan kehidupan mereka sebagai seleb. Tapi, sedih sih mereka gak berhasil melaju ke puncak turnamen 😔

Sister’s Slam Dunk

Ini variety show udah cukup lama sih yaitu pertama tayang di tahun 2016. Jadi ada 2 season nih untuk acara yang satu ini. Season 1 dibintangi oleh Jessi, Tiffany SNSD, Min Hyo Rin, Ra Mi Ran, Kim Sook dan Hong Jin Kyung. Konsepnya adalah mereka ber-6 akan mewujudkan mimpi masing-masing member. Tapi, mereka harus melakukannya bersama-sama!

Sisters Slam Dunk 1 (sumber: mydramalist)

Paling seru adalah ketika Min Hyo Rin memiliki mimpi untuk debut sebagai anggota girl group. Tak tanggung-tanggung harus diwujudin dong! Mereka ber-6 pun dibentuk sebagai girl group dan harus latihan dance dan menyanyi dalam waktu 3 bulan dan langsung dilatih oleh JYP sendiri! Debut mereka sukses banget dengan judul lagu Shut Up. Bisa di cek ke youtube! Lagunya bagus kok. Sayangnya sempat ada kontroversi Tiffany SNSD yang membuat ia harus meninggalkan acara di tengah-tengah.

Season 2 kini lebih fokus untuk membentuk girl group. Sepertinya mimpi Min Hyo Rin jadi ide segar buat PD-nya nih. Meskipun fokusnya ingin membuat girl group, tapi cast-nya juga dari berbagai bidang ada aktris, comedian dan penyanyi. Cast-nya ada Somi, Minzy, Hong Jin Young, Kim Sook, Hong Jin Kyung, Kang Ye Won dan Han Chae Young.

Sisters Slam Dunk 2 (sumber: mydramalist)

Seru banget buat ngeliat para seleb berbagai bidang ini latihan dan berjuang keras buat bisa dance juga nyanyi karena ada yang bener-bener ga bisa lho! Selain itu kita juga bisa liat keseruan mereka bareng dan juga cerita-cerita masa lalu mereka sebelum jadi terkenal lho! Seru banget deh untuk diikutin. Lagu mereka judulnya ada ‘Right?’ dan ‘Lalala Song’. Kedua lagu mereka berhasil mencapai rank tertinggi di hari mereka luncurin lagunya lho!

Three Meals A Day: Mountain Village

Three Meals a Day: Mountain Village (sumber: mydramalist)

Sebenarnya Three Meals A Day ini banyak banget lho season-nya yang sebenarnya dibagi berdasarkan lokasi mereka tinggal. Banyak season artinya banyak cast-nya juga tapi biasanya sudah ada beberapa “geng seleb” pasti yang di-cast dan hanya berbeda lokasi saja.

Kenapa aku secara khusus suka yang ini? Karena di season ini cast-nya cewek semua! Selama ini cuma para seleb cowok yang menjadi pemandu acara tapi disini cewek semua! Yeom Jung Ah, Yoon Se Ah dan Park So Dam jadi cast utama di season ini. Nantinya di setiap episode akan ada bintang tamu yang datang bertamu dan tinggal bersama mereka.

Kegiatan mereka apa ya? Ya sesuai judulnya mereka hanya perlu menyiapkan makan untuk 3 kali dalam sehari! Tapi, ya tidak semudah itu. Mereka harus menyiapkan sendiri bahan-bahan makanan mereka. Mereka cuma dikasih kebun aja dan mereka harus cari uang supaya bisa beli bahan makanan lain. Meskipun lumayan lengkap ya yang disediakan crew-nya. Mereka harus melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sebagian besar sih berkebun ya kalau di season ini.

Awal aku nonton ini karena liat di youtube sih kayaknya makanan yang dimasak kok enak-enak terus akhirnya malah ngikutin sampe tamat 🤣 Interaksi ketiganya juga lucu banget dan pastinya beda banget dengan Three Meals A Day yang isinya cowok-cowok makanya makin suka aja deh ngikutinnya.

House On Wheels

House on Wheels (sumber: mydramalist)

Kalau yang ini bisa dibilang variety show dengan tema travel deh. Tapi, mereka cuma ada berkeliling di Korea aja apalagi ini syuting juga saat pandemic berlangsung. Yang membuat beda dari acara travel ini mereka akan keliling Korea sambil membawa rumah! Yap, sesuai judulnya mereka emang khusus membuat rumah beroda ini untuk acara ini lho!

Ada Yeo Jin Goo, Sung Dong Il dan Kim Hee Won yang bakalan memandu acara ini. Tapi, setiap episode atau tempat baru akan ada tamu-tamu khusus yang memang akrab dengan mereka bertiga! Misalnya ada cast dari Reply 1988, IU yang akrab dengan Jin Goo dan juga Ha Ji Won yang main bareng di film Pawn dan masih banyak banget tamu-tamu lainnya.

Aku nonton ini lebih untuk healing sih karena aku suka aja cara Korea untuk mempromosikan wilayah mereka itu keren dan niat banget! Kerjaan mereka mah disini cuma makan-makan doang lho! Tapi sambil ngobrol dan juga nikmatin pemandangan yang luar biasa! Lumayan deh buat kita yang masih takut-takut untuk keluar lewat acara ini bisa terobati dikit buat ngeliat pemandangannya.

Acara ini cuma ada 12 episode dan udah tamat dan kabarnya sih bakalan ada season-2 nya nih! Gak sabar banget kalo beneran ada nih karena dijanjiin dengan bintang tamu yang lebih joss lagi!

Sixth Sense

Sixth Sense (sumber: mydramalist.com)

Ini variety show baru dari mantan PD ‘Running Man’ yang lagi-lagi menggaet Yoo Jae Suk. Tapi gak sendirian kali ini ia akan ditemani 4 wanita ‘gesrek’ yaitu Oh Na Ra, Jessi, Jeon So Min dan Mi Joo dari Lovelyz.

Awalnya sih aku gak terlalu paham konsepnya apa. Tapi, pas nyobain episode pertamanya ternyata seru banget lho! Jadi disini para cast dan nantinya akan ada tamu setiap minggunya diajak mencari mana yang palsu. Makanya nama acaranya ‘Sixth Sense’. Apa sih maksudnya yang palsu?

Jadi, setiap minggu ada tema khusus dan sebagian besar sih tentang makanan. Misalnya mencari mana resto yang palsu atau mana perusahaan yang palsu, atau mana koleksi yang palsu. Jadi akan ada 3 pilihan dan mereka harus menebak mana yang palsu diantara 3 pilihan ini. Kalo benar mereka akan dapat hadiah emas!

Nonton ini tuh bawaannya ketawa terus karena tingkah cewek-cewek ‘gesrek’ dan Yoo Jae Suk yang cuma sendirian. Dan selama aku ikutan milih yang mana yang palsu gak pernah bener! Semuanya kayak asli atau semuanya kayak palsu. Sumpah ini tim produksinya niat banget lah! Sampe bener-bener bikin resto sendiri dan bangun dari nol! Wah, keren dan beda banget lah. Cobain nonton 1 episode siapa tau ketagihan juga kayak aku 😎

How Do You Play?

Sebenarnya ‘How Do You Play?’ ini adalah variety show rutin yang tayang tiap minggu dipandu oleh Yoo Jae Suk seorang diri. Terdiri dari banyak episode dengan berbagai tema. Nah, alasan aku memasukkan ini karena aku tiba-tiba jatuh cinta dengan 2 tema yang mereka angkat.

SSAK 3

SSAK3 (sumber: forbes)

Alasan utama sang PD mengangkat tema ini adalah untuk mengangkat kembali music musim panas di Korea pada tahun 90-an. Dibandingkan sekarang memang lagu-lagunya yang terdahulu sih lebih menggambarkan musim panas banget. Nah, disini Yoo Jae Suk diminta untuk membentuk group untuk membuat lagu dengan semangat musim panas 90-an.

Setelah pemikiran yang berliku akhirnya Yoo Jae Suk mengajak Rain dan Lee Hyo Ri untuk membentuk grup yang akhirnya bernama SSAK3 ini. Kalau pengikut lama dunia Korea-Koreaan pasti tau kalo Hyo Ri itu satu-satunya artis yang berani banget sama Jae Suk dan seru banget ngeliat interaksi mereka lagi sejak Hyo Ri udah lama menetap di Jeju. Belum lagi Jae Suk dan Hyo Ri yang selalu bully Rain jadi mengundang tawa banget!

Aku nonton ini karena suka banget sama lagunya dan kalo melihat cuplikannya di youtube itu seru banget dan akhirnya aku memutuskan untuk menonton deh! Melihat proses mereka buat lagu sampai tampil lagi di acara musik itu jadi bikin kangen mereka banget! Apalagi seperti aku yang udah lama banget ngikutin dunia Korea ini ya.

REFUND SISTERS

Refund Sisters (sumber: soompi)

Selama syuting SSAK3, Hyo Ri pernah mencetuskan ide ingin membuat sebuah girl group tapi member-nya adalah Uhm Jung Hwa, Jessi dan Hwa Sa. Kalau kalian gak tau, mereka ber-4 ini dibilang adalah para wanita badass dimana mereka menerjang standar cantiknya Korea yang rata-rata pasti bilang harus putih dan kurus. Tapi, mereka ber-4 bukan dan bisa dibilang savage banget! Kombinasi unik yang gak kepikiran sama sekali pastinya.

Cuitan iseng ini malah disambut ramai oleh netizen bahkan langsung disetujuin sama para member itu sendiri. Dan setelah selesai project SSAK3 langsung lanjut Refund Sisters tapi kali ini Yoo Jae Suk sebagai produser mereka.

Nonton ini bikin aku ga bisa berhenti ngakak deh! Adaaaaa aja tingkah laku mereka apalagi sejak ada manajernya yaitu Kim Jong Min dan Jung Jae Hyung. Tingkahnya udah gak ngerti lagi deh apalagi kan para member-nya ini auranya galak jadi makin ciut deh para manajernya 🤣

Tapi, gak itu doang disini kita juga bisa liat sisi lain para member yang terkenal badass ini kita bisa liat sisi imut, lucu bahkan kisah sedih yang mereka pendam. Apalagi disini Yoo Jae Suk nya super perhatian banget! Wah aku saranin tonton deh yang suka ataupun engga sama Kpop. Btw, lagu mereka ‘Don’t Touch Me’ juga bagus banget!

Nah, ini dia beberapa variety show yang aku suka banget dan pengen rekomendasiin ke temen-temen semua 😊 Rata-rata emang bawa konsep healing gitu karena aku emang butuh yang begitu dan tentunya tetep pada unsur kocaknya jadi bisa ketawa puas deh.

Temen-temen disini ada yang suka variety show juga gak nih? Favoritnya apa? Atau ada yang baru mulai? Dari list ini mau coba yang mana? Yok share cerita kalian! 😄 

Post a Comment for "[MOVIE] 8 REKOMENDASI VARIETY SHOW KOREA YANG MENGHIBUR SEKALIGUS HEALING"