Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] NOVEL LEGENDBORN #1 - TRACY DEONN

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

Legendborn (sumber: goodreads)

Judul: Legendborn

Penulis: Tracy Deonn

Tanggal Terbit: 15 September 2020

Jumlah Halaman: 512 halaman

ISBN: 9781534441620 (e-book)

Bahasa: Inggris

BLURB

Setelah ibunya meninggal dalam kecelakaan, 16 tahun Bree Matthews tidak menginginkan kenangan apapun tentang keluarganya atau rumah masa kecilnya. Sebuah program berasrama untuk para anak SMA di UNC, Chapel Hill sepertinya menjadi tujuan yang sempurna bagi Bree. Hingga suatu hari Bree menyaksikan sebuah serangan ajaib di hari pertamanya di kampus.

Sebuah demon terbang yang memakan energi manusia

Sebuah perkumpulan rahasia bernama “Legendborn” yang terdiri dari para mahasiswa yang melakukan perburuan terhadap makhluk ini.

Dan seorang remaja misterius yang ajaib menyebut dirinya seorang “Merlin” yang berusaha untuk menghapus ingatan Bree atas apa yang ia lihat namun gagal. Kegagalan sang Merlin berakibat membuka kekuatan ajaib Bree yang tersembunyi dan sebuah kenangan tersembunyi tentang malam di hari ibunya meninggal, dan Merlin lain yang ada di rumah sakit. Bree tau ada sesuatu akan kematian ibunya dibandingkan apa yang polisi katakan dan ia akan lakukan apapun untuk mengetahui rahasia ini termasuk bergabung menjadi Legendborn.

Ia memanfaatkan Nick, seorang Legendborn yang membenci grup ini dan hubungan mereka pun berubah menjadi lebih akrab. Ketika Legendborn membeberkan bahwa mereka adala keturunan King Arthur dan kini mereka sedang menyiapkan perang yang akan datang. Bree harus memutuskan sejauh apa dia terlibat dan apakah ia harus menggunakan sihirnya atau tidak.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL STRANGE THE DREAMER - LAINI TAYLOR

SINOPSIS SINGKAT

Kisah dibuka ketika Bree berada di rumah sakit dan harus menghadapi kenyataan paling pahit di hidupnya yaitu ia harus kehilangan sang Ibu. Kejadian ini membuat Bree benar-benar terpuruk bahkan memunculkan kepribadian aneh dalam dirinya yaitu “After Bree” yang selalu menangis dan marah. Kesempatan untuk tinggal di asrama UNC menjadi pelarian bagi Bree dan disana ia ditemani oleh Alice, sahabatnya yang sangat ingin bersekolah di UNC.

Malam pertama mereka menjadi siswa baru di UNC, Bree ikut dengan Charlotte, teman baru mereka, dan mengajak Bree dan Alice untuk ikut pesta “liar” alias tidak ada izin dari pihak kampus. Sayangnya, pesta ini harus berakhir karena tiba-tiba terjadi keributan hebat karena ada orang-orang mabuk yang mengganggu. Kejadian tidak begitu jelas bagi Bree tapi disana ia melihat laki-laki misterius yang mampu mengendalikan seperti sulur cahaya yang berada disekitarnya.

Tak hanya itu, ternyata ada sesuatu yang lain di tengah-tengah mereka. Bree melihat sesosok makhluk bersayap yang memiliki badan persis seperti seekor posum. Dan Sel, lelaki misterius itu, bersama rekannya Tor berusaha membunuh monster itu dengan menggunakan panah mereka. Bree yang masih sadar mampu mendengar obrolan mereka tentang Merlin, Kingsmage, Legendborn, isel, gate dan semua hal yang tidak masuk akal yang terjadi di depannya sekarang.

Berkat kejadian itu, Bree bukan saja tertangkap oleh pihak kepolisian tapi ia juga mendapat peringatan keras dari Dekan dan dipaksa harus belajar bersama seorang tutor bernama Nick yang merupakan seniornya. Awalnya Bree sangat keberatan untuk belajar dengan Nick, tapi karena kejadian mereka bertemu dengan monster yang sama seperti yang ia lihat malam itu, ia tau bahwa Nick ternyata adalah seorang Legendborn.

Sel, ternyata adalah Kingsmage alias Merlin alias penyihir terhebat di generasinya dan ia mengabdi pada Nick yang teryata memiliki posisi tinggi di Legendborn bahkan digadang-gadang akan menjadi petinggi menggantikan ayahnya. Semua kondisi ini menjadi semakin rumit karena ternyata Bree tiba-tiba mampu mengingat kembali di malam ketika Ibunya meninggal dan ia meyakini bahwa ingatannya telah dihapus malam itu oleh Merlin lain yang berada disana. Sebelumnya Sel sudah dua kali menghapus ingatannya namun tak mempan.

Demi mengetahui peristiwa sebenarnya yang menimpa ibunya, Bree memutuskan untuk bergabung dengan Legendborn dan melewati seluruh ujian yang telah disiapkan bersama Nick yang akan menjadi semacam mentor-nya. Tak hanya itu secara perlahan, Bree mengetahui rahasia besar yang disimpan ibunya selama ini dan bahkan kekuatan besar yang ada di dalam diri Bree pun mulai muncul seiring dengan semakin dekatnya perang antara para Legendborn ini dengan para demon.

REVIEW SINGKAT

Sebelumnya aku minta maaf jika sinopsisnya cukup membingungkan karena aku tidak ingin spoiler terlalu banyak. Dan sebenarnya aku juga tidak berniat membaca buku ini di tahun ini, buku yang baru terbit tentu biasanya harganya selangit dong apalagi masih dalam Bahasa Inggris yang sepertinya cuma aku temui di Periplus untuk pembeliannya.

Tapi, karena aku suka banget sama covernya dan penasaran dengan kisah magisnya aku coba membaca deh sample-nya di google books dan ternyata seru banget! Agak sayang juga untuk berhenti baca karena menurutku ini lumayan page turner dan ternyata tiba-tiba bukunya diskon dan bisa aku beli dengan harga Rp 16.000 saja! Super lucky banget dan tentu langsung aku beli dan btw ini di google books ya. Dan ini dia reviewnya!

Buku ini ternyata mengangkat legenda King Arthur yang aku tau namanya tapi gak terlalu tau kisahnya dan belum pernah ikutin jadi aku dalam keadaan mengambang-ambang ketika baca buku ini. Kisah ini diceritakan tentang para line keturunan dari King Arthur dan juga pejabat pentingnya. Jadi para Legendborn yang aku sebut di synopsis tadi seakan diberi anugerah kekuatan yang asli dari leluhur mereka dan yang tertinggi dan terkuat tentu King Arthur.

Alur ceritanya bagus dan bukan tipe yang slow paced apalagi dari awal sudah dijelaskan kondisi magisnya. Di awal mungkin kita akan dibuat bingung apalagi banyak banget istilah-istilah yang membingungkan. Kayak Legendborn, isel, aether dan masih banyak lagi yang sejujurnya bikin aku sulit banget memahaminya. Akan aku sangat sarankan kalo kalian baca buku ini untuk catat atau tandai istilah yang sulit beserta artinya jadi kalo lupa gak bakal kesusahan kayak aku.

Perkembangan ceritanya makin menarik, apalagi ketika mulai menguak rahasia masa lalu ibunya dan juga kekuatan yang ternyata dimiliki oleh Bree. Semakin seru dan sepertinya aku tidak mengalami kebosanan yang berarti ya ketika membaca buku ini. Semakin ke puncak pun semakin memuaskan jadi dari segi alur cerita aku sangat suka sama buku ini.

Dari segi tokoh awalnya aku suka sama Bree yang keras kepala dan terlihat cuek tapi tetap fokus dengan pengungkapan misteri kematian ibunya. Tapi pada bagian tengah aku kurang suka dengan sifatnya yang benar-benar mengingatkanku pada Mare dari Red Queen series. Salah satu tokoh utama yang aku benci dan hampir saja buku ini aku DNF. Sifatnya yang egois, merasa yang paling terpuruk itu benar-benar menyebalkan. Tapi, untungnya aku masih bersabar dan mencoba melanjutkan dan Bree bukan lagi tokoh yang aku benci!

Perkembangan karakternya memang digambarkan sangat baik disini. Baik itu untuk Bree, Nick maupun Sel. Kita jadi perlahan-lahan tau seperti apa sifat asli mereka dan bahkan masa lalunya pun digambarkan dengan lengkap jadi menghapus semua tanda tanya yang mungkin muncul saat membaca di awal. Romance yang disisipkan di buku ini juga menambah bumbu-bumbu manis jadi buku ini tidak terlalu kaku atau berat. Tapi, sepertinya ada sedikit hubungan sesama yang diangkat tapi aku pun tidak sadar karena bingung namanya itu seperti laki-laki dan perempuan tapi ternyata salah 🤣 Untungnya tidak ada kisah-kisah romance yang eksplisit yang bisa mengganggu ceritanya.

Untuk penggunaan Bahasa Inggrisnya pun tidak terlalu sulit menurutku. Lama-lama juga menjadi terbiasa meskipun seperti yang aku bilang diatas bahwa justri istilah-istilahnya yang sulit. Buku ini juga series jadi aka nada kelanjutannya yang belum tau kapan akan diterbitkan tapi menurutku bagi yang suka fantasi dengan penuh dunia magis ini bisa banget untuk dicoba.

Secara pribadi aku akan beri 3,5/5 bintang untuk buku pertamanya ini karena ya aku sempat kesal dengan si Bree tapi lama-lama makin keren dan di puncaknya itu jadi favorit banget deh! Kalian bisa beli e-book-nya di google books atau hard copy-nya di Periplus!

Jadi apakah teman-teman ada yang udah pernah baca buku ini juga? Atau ada yang sedang dan berencana untuk baca? Boleh banget ya share-share cerita kalian 😊

BACA JUGA: (REVIEW) DUA DUNIA OLEH LUNA TORASHYNGU

Post a Comment for "[REVIEW] NOVEL LEGENDBORN #1 - TRACY DEONN"