Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] NOVEL WONDER - R.J. PALACIO

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

wonder r.j palacio
Wonder (sumber: goodreads)

Judul: Wonder

Penulis: R.J. Palacio

Tanggal Terbit: 14 Februari 2012

Jumlah Halaman: 314 halaman

ISBN: 9780375899881

Bahasa: Inggris

BLURB

Aku tidak akan mendeskripsikan seperti apa aku terlihat. Apapun yang kamu pikirkan, itu lebih buruk.

August Pullman terlahir dengan kondisi wajah yang berbeda, sampai sekarang, ia tidak pernah pergi ke sekolah yang normal. Memulai di kelas 5 di Beecher Prep, ia hanya ingin diperlakukan layaknya anak kecil yang normal. Tapi, temannya di sekolah tidak bisa melewatkan begitu saja wajah August yang “special”.

When given the coice between being right or being kind, choose kind.

SINOPSIS SINGKAT

- August –

Secara tiba-tiba, ibu memintaku untuk masuk ke sekolah umum, padahal selama ini aku baik-baik saja dengan home-schooling. Ibu berdalih bahwa ada pelajaran yang tak bisa ia ajarkan sendiri selama home-schooling dan aku harus belajar di sekolah dan bertemu dengan anak-anak lainnya. Aku bertanya apakah aku akan sekolah di tempat yang sama dengan Via, kakakku. Ternyata tidak, aku akan sekolah di dekat rumahku.

Aku senang ayah tidak memaksaku untuk pergi ke sekolah. Tapi, ternyata mereka sudah merencanakan ini selama setahun bahkan aku pun sudah mengikuti tes tanpa aku sadari. Kini Mr. Tushman ingin aku datang dan melihat sekolah.

Aku terus berada di belakang Ibuku bahkan ketika di sekolah, aku takut mereka melihat wajahku. Hingga akhirnya Mr. Tushman memperkenalkanku dengan Charlotte, Jack Will dan Julian. Tiga orang yang akan menemaniku mengajak berkeliling sekolah ini. Aku selalu menunduk dan berusaha menutupi wajahku dengan rambut. Hingga Charlotte terbuka denganku dan mengajakku berbicara bahkan Jack Will pun membelaku, Julian bukan orang yang baik. Ia bertanya apakah aku adalah korban kebakaran saat kecil.

Meskipun aku takut, tapi ternyata sekolah menyenangkan. Meskipun sulit karena semua orang melihat dan membicarakanku secara bisik-bisik. Mereka pikir aku tidak tau tapi aku tau segalanya. Aku sudah terbiasa dengan orang yang terus membicarakanku di belakang tapi untungnya selalu ada Jack Will yang menjadi temanku.

Julian tetaplah Julian. Ia selalu berusaha menyindirku bahkan memberikan nama ejekan untukku. Aku berusaha diam dan acuh. Untung ada Summer, yang dengan baik hati kini menjadi teman makan siangku. Aku senang Summer tidak bertanya-tanya tentang wajah anehku ini.

Halloween datang dan ini adalah momen favoritku. Aku bisa menjadi diriku sendiri karena semua orang menggunakan topeng dan tidak akan ada yang melihat diriku dengan tatapan aneh. Semua orang akan aneh dengan kostumnya masing-masing. Ketika di kelas aku melihat seseorang dengan kostum Darth Sidious datang dan aku langsung tau itu Julian. Ia mendekati anak-anak yang berpakaian mummy. Mereka membicarakanku.

Julian bilang Darth Sidious memiliki wajah yang mirip denganku bahkan mereka bilang wajahku seperti orc. Yang membuatku panas adalah kenyataan bahwa Jack disana dan ia membicarakanku. “Aku berteman dengannya karena Mr. Tushman memintaku dan ia pun selalu mengikutiku, aku bisa apa?”. Perkataan Jack membuatku sakit hati dan aku kabur tanpa mereka tau bahwa aku mendengar pembicaraan mereka. Aku pulang sebelum air mat aini tumpah dan aku melewatkan hari favoritku ini.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL BANYU BIRU - AYU DEWI

REVIEW

Buku ini udah banyak banget disarankan oleh booktuberyang akhir-akhir ini selalu jadi tontonanku setiap pagi sebelum kerja. Apalagi buku ini udah cukup lama ya sejak tahun 2012! Saat lagi bingung mau baca buku apa karena tumpukan TBR dimana-mana iseng deh scrolling play book siapa tau menemukan buku yang menarik aku baca. Diantara semua jenis buku fantasi dan misteri, buku ini nyempil tanpa aku ingat kapan belinya.

Buku ini agak beda dengan novel biasanya yang aku baca bahkan kalau aku boleh bilang it’s not my cup of tea alias genre nya bukan yang biasa akan aku baca atau tertarik baca. Liat-liat rating-nya di Goodreads ternyata gede lho, sekitar 4,43! Bahkan reviewnya juga bagus-bagus banget makanya aku cobalah untuk baca buku ini.

Seperti yang sudah aku paparkan super singkat di sinopsis, buku ini menceritakan tentang kehidupan August Pullman yang sangat berbeda dari anak-anak lainnya. Aku secara spesifik tidak bisa membayangkan se “kacau” apa sih wajah dari August sampai ia harus menjalani hidup yang tak adil bagi seorang anak-anak. Kita tidak akan melihat secara penuh apa aja yang dialami Auggie, panggilan akrabnya, tapi secara spesifik cerita ini berpusat ketika ia mulai masuk sekolah di kelas 5 dan selama setahun perjalanannya. Auggie yang tidak pernah sekolah tentu akan menjalani sekolah pertama yang berat di hidupnya.

Terlihat simple banget ya ceritanya? Tapi, ketika membaca buku ini aku bisa larut dengan apa yang terjadi alias apa yang dialamin Auggie. Perasaan kesel, sedih, seneng nyampur banget jadi 1 ketika baca buku ini.

Tokoh Auggie disini sangat kuat. Aku seneng banget sama penjabaran penulis tentang Auggie. Kita bisa melihat sosok dewasa Auggie yang harus menahan semua beban di masa muda dan bener-bener bikin aku salut banget, gak bayangin kalau aku yang diposisi Auggie apa bisa sekuat itu. Disisi lain kita masih bisa melihat Auggie dengan sifat kekanakannya. Auggie yang masih cengeng, yang masih egois dengan keinginannya dan sifat anak-anak normal lainnya.

Hubungan keluarga Auggie pun hangat banget. Layaknya keluarga pasti ada yang namanya selisih dan itu wajar. Itupun digambarkan di buku ini, membuat buku ini makin terlihat real. Salut banget sama orang tua Auggie yang bener-bener sayang dan menerima Auggie apa adanya. Mereka berkorban banyak demi Auggie tapi tetap sayang dengan tulus. Apalagi Via, kakaknya Auggie, best sister!

Meskipun ada kalanya ia tak suka atau malu dengan Auggie tapi disisi lain Via menunjukkan rasa sayangnya itu tulus banget. Bener-bener susah menurutku untuk bisa jadi se-dewasa itu. Apalagi tentu Via harus banyak mengalah dengan Auggie kan, perhatian orang tuanya tentu akan lebih besar ke Auggie daripada Via tapi Via tetep sayang unconditionally dengan Auggie. Salut 👏👏👏

Ada beberapa POV di buku ini dimulai dari Auggie sendiri, kakaknya Auggie, dan teman-temannya Auggie. Kita jadi bisa melihat dari berbagai sudut pandang. Awalnya yang kita bisa kesal dengan satu tokoh bisa jadi setelah membaca cerita versinya kita jadi tau yang sesungguhnya dan itu benar-benar fresh banget.

Alurnya ngalir banget dan gak buat bosen karena meskipun cuma cerita tentang keseharian Auggie dan orang-orang disekitarnya tapi tetep ada konflik yang diangkat. Aku udah bingung mau bilang apalagi atau tepatnya gimana gambarin perasaanku ketika baca buku yang sederhana tapi menyentuh ini. Buat yang mungkin sedang merasa dunia tidak adil bagi dirinya mungkin cocok untuk baca buku ini dan liat dari sisi Auggie bagaimana ia menjalani kehidupan.

Anyway, buku ini dalam Bahasa Inggris ya. Tapi, menurutku Bahasa yang digunakan itu mudah banget jadi gak akan kesulitan buat orang-orang yang gak biasa baca Bahasa Inggris. Ataupun yang baru mau mulai coba-coba baca buku berbahasa Inggris ini sih cocok banget!

Okey, aku akan beri rating 5/5 untuk buku ini! Simple tapi menyentuh. Suka banget lah sama buku ini!

Nah, apakah teman-teman ada yang udah pernah baca buku ini juga? Atau ada yang sedang dan berencana untuk baca? Boleh banget ya share-share cerita kalian 😊

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL DUNIA ANNA - JOSTEIN GAARDER

Post a Comment for "[REVIEW] NOVEL WONDER - R.J. PALACIO"