Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] NOVEL ASMARALOKA - ARATA KIM

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: goodreads

Judul: Asmaraloka

Penulis: Arata Kim

Tanggal Terbit: 21 April 2021

Jumlah Halaman: 256 halaman

ISBN:9786020650760

Bahasa: Indonesia 

BLURB

Yang orang-orang di kantor tahu, Isabella belum pernah punya pacar. Padahal usianya sudah seperempat abad. Mereka menganggapnya gadis lugu dalam urusan asmara.

Yang mereka tidak tahu, sebetulnya Isa pernah punya pacar saat baru masuk SMA. Setelah tiga tahun backstreet, hubungan itu berakhir tiba-tiba. Sang pacar pergi hanya dengan mengatakan sudah tidak bisa bersama lagi.

Yang juga mereka tidak tahu, manajer baru di kantor Isa adalah si mantan yang berubah menjadi orang paling menyebalkan sedunia. Di tengah proyek demi proyek yang dikerjakan bersama, Isa jungkir balik meyakinkan diri sudah tidak ada apa-apa lagi di antara Ethan dan dirinya.

Hingga terungkaplah alasan kenapa Ethan dulu memutuskannya. Hati Isa pun goyah. Pria itu bahkan memohon maaf dan minta diberikan kesempatan kedua. Sanggupkah Isa menolak? 

BACA JUGA: [REVIEW] METROPOP: BLUE MORPHO - SEKAR AYU ASMARA


SINOPSIS (mini spoiler!)

Kehidupan Isa yang tenang kini berubah semenjak Ethan datang dan menjadi atasan barunya. Tak ada yang tau bahwa sebenarnya Ethan adalah mantannya selama 3 (tiga) tahun saat ia masih SMA meskipun hubungan yang mereka jalani adalah hubungan back street. Awalnya ia ingin mengabaikan dan bersikap professional saja terhadap Ethan, meskipun akhir-akhir ini ia selalu mengajak Isa untuk melakukan proyek apapun.

Hingga suatu hari, saat ia sedang membantu seorang anak kecil yang tersesat di mall. Tak lain dan tak bukan yang datang menjemput adalah Ethan. Isa tentu kaget ternyata mantannya kini bahkan sudah mempunyai seorang anak yang sangat manis. Tapi, ternyata kabar tentang anak Ethan ini harus dirahasiakan bahkan dari orang-orang kantor. Hanya bos tertinggi mereka yang tau kondisi Ethan ini.

Serasa melengkapi hidup Isa yang melelahkan sejak Ethan kembali, Ethan dan anaknya Dannis ternyata tinggal di apartemen yang sama. Mereka tinggal hanya 2 lantai dibawah kamar Isa. Tapi, ada yang janggal dari kehidupan ayah anak ini. Isa tak melihat Ibu Dannis alias istri dari Ethan. Bahkan Ethan tidak menyekolahkan Dannis di sekolah biasa, ia menyekolahkan Dannis di home schooling. Bahkan tak ada satupun yang menjaga Dannis ketika Ethan bekerja dan hanya sendirian di rumah. Isa merasa bahwa Ethan “mengurung” Dannis dan tak mengizinkannya keluar tanpa Ethan disampingnya. Semuanya semakin rumit ketika Isa mengetahui kondisi Ethan dan Dannis yang sesungguhnya.


REVIEW

Saat pertama kali aku membaca blurb buku ini aku langsung tertarik. Karena biasanya kisah tentang cinta lama yang belum usai itu banyak banget dramanya dan aku suka drama ahahaha. Buku ini juga tidak terlalu tebal jadi hanya butuh waktu sehari bagiku untuk menamatkan buku ini meskipun aku yakin aku bisa menyelsaikannya dalam beberapa jam saja kalau aku fokus untuk baca buku ini (sayangnya aku malah gak fokus).

Untuk alur termasuk cepat sebenarnya, karena aku pikir awalnya akan ada adegan klise dulu dimana si Isa akan kaget ketemu dengan Ethan tapi ternyata enggak (kebanyakan nonton FTV kali ya akunya wkwkwk) dan langsung dalam kondisi mereka sudah bekerja bersama. Perjalanan agar Isa tau bahwa Ethan juga sudah punya anak pun tidak diulur-ulur makanya aku suka bacanya karena enggak banyak alur yang dipanjang-panjangin.

Tapi, untuk temanya sendiri aku rasa bisa dibilang lumayan ya. Karena sejujurnya ini bukan pertama kali aku membaca buku dengan tema yang diangkat seperti ini. Jadi, aku sudah bisa menebak arahnya kemana dan ternyata tebakanku benar. Makanya elemen kejutannya sudah hilang bagiku, tapi meskipun aku seakan sudah tau tapi untuk mengikuti perkembangan cerita dan hubungan antara Ethan dan Isa tetep menarik banget diikuti. Apalagi momen kedekatan antara Isa dan Dannis itu manis banget.

Dari ketiga tokoh ini aku paling suka sama Dannis! Hahahaha soalnya saat membaca dan membayangkan aja aku tau selucu apa Dannis ini apalagi dia digambarkan pinter banget jadi gemes sendiri waktu aku bacanya. Sayangnya aku malah kurang suka dengan kedua tokoh utamanya si Ethan dan Isa, karena masalah utamanya ada di komunikasi antara mereka ini (dan aku paling benci kalo masalah ini yang diangkat bukunya untuk menggambarkan masalah antara pasangan). Tapi selain masalah komunikasi itu aku enggak terlalu mempermasalahkan, apalagi ada unsur back street kan, paham banget susahnya seperti apa (loh kok curhat) dan akhirnya bisa relate juga dengan tokoh Isa ini.

Secara keseluruhan aku kasih rating 3.5/5 ⭐ untuk buku ini. Alur cepat dan tidak berat-berat banget masalah yang diangkat! Cocok banget buat yang lagi baca buku mumet dan pengen cari bacaan yang ringan-ringan aja sebagai selingan.

BACA JUGA: [REVIEW] METROPOP: SECOND CHANCE - FLARA DEVIANA

Post a Comment for "[REVIEW] NOVEL ASMARALOKA - ARATA KIM"