Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] NOVEL RESPATI - RAGIEL JP

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: Goodreads

Judul: Respati

Penulis: Ragiel JP

Tanggal Terbit: 10 Maret 2021

Jumlah Halaman: 244 halaman

ISBN:9786230303661

Bahasa: Indonesia

BLURB

Kejadian mengerikan terjadi di Yogyakarta. Para korban ditemukan tewas tergantung dalam posisi terbalik. Tidak ada satu pun yang tahu siapa pelaku semua pembunuhan itu.

Namaku Respati. Aku mempunyai kemampuan aneh, yaitu bisa masuk ke dalam mimpi seseorang hanya dengan menyentuh kulit Si Pemimpi.

Aku sudah terbiasa dengan kemampuan ini sebelum mengenal Wulan yang ternyata mimpinya tidak bisa kutembus. Dari Wulan-lah aku tahu bahwa aku seorang Penjelajah Mimpi. Dari Wulan pun aku tahu bahwa semua kasus pembunuhan itu berhubungan erat dengan kemampuanku.

BACA JUGA: [REVIEW] MELODI TERAKHIR LUNA TORASHYNGU


SINOPSIS

Sejak mengalami kecelakaan di umur 14 tahun, Respati tiba-tiba memiliki kemampuan aneh, ia bisa melihat mimpi orang lain bahkan memasuki mimpi itu. Ia bisa melihat mimpi orang yang sedang tertidur secara jelas dan ketika ia menyentuh orang itu ia akan masuk ke dalam mimpi orang tersebut.

Hingga suatu hari ia mulai bermimpi hal-hal aneh. Ia mulai memimpikan mengenai korban-korban yang tewas dalam posisi tergantung terbalik. Tak hanya itu, ia bahkan melihat mimpi itu di orang-orang terdekatnya seperti Tirta, Pamannya bahkan orang asing yang ia temui di jalan. Memperparah keadaan yang ada, kini Respati juga merasa selalu diikuti oleh sesosok berjubah hitam yang ia lihat di mimpinya dan bahkan ia lihat saat ia terjaga.

Tak ada satu orang pun yang tau dengan kemampuan Respati ini, bahkan tidak keluarga terdekatnya seperti Kakek, Nenek dan Anggara, adiknya. Tapi, Wulan bisa mengetahui itu semua tanpa Respati ceritakan. Berawal dari kecurigaan Wulan yang akhirnya dengan terpaksa ceritakan kebenarannya mengenai ia yang bisa masuk ke dunia mimpi. Dari Wulan juga lah ia tau bahwa ia adalah Penjelajah Mimpi dan ada banyak orang yang seperti dirinya.

Semakin lama mimpi yang Respati alami semakin parah. Ia semakin sering mengalami mimpi buruk dan bahkan sosok berjubah hitam itu semakin sering muncul. Sosok itu selalu mengganggu dan menakuti Respati dengan mengatakan ia ingin mengambil alih kemampuan Respati. Sayangnya, apa yang Respati alami di dunia mimpi memberikan dampak pada dirinya di dunia nyata. Tak jarang ia memiliki memar di tubuhnya akibat mimpi yang ia alami.

Tak hanya di dunia mimpi, keanehan terus terjadi di dunia nyata. Orang-orang di sekitar Respati pun semakin aneh dan tak jarang tiba-tiba terluka. Kini Respati sadar bahwa apa yang ada di mimpinya akan benar-benar terjadi dan mungkin ini bahkan terhubung dengan kasus pembunuhan misterius yang terus muncul dalam mimpinya itu.


REVIEW

Tertarik untuk baca buku ini karena tertarik dengan dunia mimpi yang ditawarkan apalagi ada kemampuan si tokoh utama yang mampu menjelajah dunia mimpi. Menurutku ini alur yang menjanjikan banget karena aku secara pribadi belum pernah baca buku yang latar belakangnya dunia mimpi seperti ini.

Sayangnya alurnya cukup lambat yang bikin aku juga agak malas-malasan ketika baca padahal jumlah halamannya tidak terlalu banyak. Menurutku alurnya terlalu diulur-ulur pada bagian awal dan cukup mengulang karena justru ini membuat aku bosan meskipun mungkin maksud penulis ingin lebih mengenalkan tokoh-tokoh yang ada di dalam buku ini. Padahal di bab awal sudah cukup seru karena langsung diungkapkan misteri apa yang ingin diungkap tapi setelah itu malah berlarut-larut.

Untuk masuk tentang penjelasan dunia mimpi ini juga lumayan panjang perjalanannya, lebih dari setengah buku mungkin baru benar-benar kita lihat si Respati ini mencoba untuk memahami tentang kekuatan yang ia miliki. Melihat bagaimana Respati memanfaatkan kekuatannya ini untuk hal yang berguna.

Untungnya pada bagian akhir atau bagian puncak bukunya lumayan seru ya, pertemuan antara Respati dengan sosok berjubah hitam itu. Ada sedikit twist yang disajikan tapi masih kurang greget, ntah kenapa aku merasa masih kurang puas pada adegan puncaknya mungkin karena aku sudah bisa menebak apa yang terjadi kali ya. Tapi, aku suka dengan endingnya yang dibuat “gantung”, mungkin kalau dikembangkan lagi ceritanya menjadi buku kedua sih akan seru.

Selama baca ini masih ada beberapa penjelasan yang kurang jelas aku dapatkan jawabannya di buku ini. Pertama tentang pembunuhan itu seperti apa caranya tidak dijelaskan sedemikian rupa, lalu cara Wulan yang bisa mem-block para Penjelajah Mimpi untuk tidak bisa mengganggu mimpinya juga tidak dijelaskan dengan lengkap. Aku sejujurnya malah penasaran dengan kedua hal ini dibandingkan dengan agenda si penjahatnya. Sayang banget malah enggak dapat jawaban.

Untuk tokoh Respati sendiri aku suka dengan sikapnya yang kuat dan melindungi banget orang-orang di sekitarnya. Dan ada sedikit romance juga dalam buku ini meskipun engga menjadi pusat ceritanya tapi bisa dibilang menjadi pelengkapnya.

Overall, buku ini aku kasih rating 3.5/5 ⭐. Lumayan lah buat selingan kalo kalian lagi penat dengan buku-buku yang cukup berat, mungkin dengan baca ini bisa sedikit menenangkan pikiran!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL TUJUH KELANA - NELLANEVA

Post a Comment for "[REVIEW] NOVEL RESPATI - RAGIEL JP"