Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GURU PENGGERAK ANGKATAN 5

Sumber gambar: https://www.kompas.com/edu/read/2020/07/12/080613671/besok-pendaftaran-guru-penggerak-dibuka-ini-ketentuannya?page=all

Guru Penggerak merupakan program pendidikan yang menyiapkan para guru untuk menjadi

 pemimpin pembelajaran masa depan, baik sebagai calon kepala sekolah, pengawas sekolah,

 maupun sebagai instruktur pelatihan guru.

Melalui Program Guru Penggerak, pendidik dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Selama pelaksanaan program, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator, dan Pengajar Praktik profesional.

Dikutip pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/Program Guru Penggerak menciptakan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru Penggerak harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini akan menciptakan Guru Penggerakyang dapat:

1.        Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri.

2.        Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.

3.        Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua.

4.        Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid.

5.        Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

 

Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya dengan cara:

1.      Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya.

2.      Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

3.      Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.

4.      Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

5.      Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 5. Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. PGP angkatan 5 akan dilaksanakan pada sasaran 166 Kabupaten/Kota. Pelaksanaan PGP angkatan 5 direncanakan akan dimulai pada bulan April 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. PGP Angkatan 5 diawali dengan pelaksanaan rekrutmen calon Guru Penggerak melalui tahapan-tahapan seleksi.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami dIinformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut.

1. Sasaran calon Guru Penggerak angkatan 5 adalah guru sejumlah 8.000 orang pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

2. Selama pendidikan para guru tetap menjalankan tugas mengajarnya di sekolah masing-masing.

3. Proses rekrutmen calon Guru Penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

 • tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai;

• tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara. Registrasi akan dibuka mulai tanggal 4 – 29 Oktober 2021.

4. Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

5. Informasi proses rekrutmen calon Guru Penggerak dapat dilihat pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru penggerak adalah katalis peningkatan kualitas proses pendidikan di sekolah yang akan menggerakkan seluruh ekosistem sekolah untuk mendukung proses dan hasil belajar murid. Hasil belajar murid tidak hanya dimaknai dengan nilai-nilai, tapi juga pada karakter dan sikap murid yang tertuang dalam profil pelajar pancasila. PGP didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama 6 (enam) bulan. Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajardi tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping (pengajar praktik).

Pelaksanaan pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 akan dimulai awal bulan April 2022. Untuk melaksanakan pendidikan tersebut diperlukan rekrutmen peserta calon Guru Penggerak, oleh karena itu sebagai persiapan pelaksanaan pendidikan Guru Penggerak diperlukan rekrutmen calon peserta dimaksud.

Post a Comment for "GURU PENGGERAK ANGKATAN 5 "