Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mempersiapkan Diri Masuk ke Dunia Kerja Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Apa sih yang dipikirkan pertama kali ketika lulus kuliah? Pastinya dong, pada mikir bagaimana bisa mendapatkan kerja segera. Bermodalkan ijazah yang dimiliki dengan nilai mumpuni ternyata tidak langsung menjamin loh untuk segera dapat kerja. Emang sih, nilai tinggi bakal mendapat sedikit perhatian di awal karena pastinya mudah dalam lolos dalam seleksi berkas di pihak HRD. Tetapi, bukan hanya itu loh ternyata terkait persiapan yang perlu dilakukan untuk masuk dunia kerja. Masih banyak hal lainnya dan semuanya itu, bisa dipersiapkan dengan aplikasi siap kerja.

 

Aplikasi siap kerja adalah sebuat platform yang berisi berbagai materi kursus yang bisa dimanfaatkan oleh mereka para pencari kerja. Materi yang disediakan semuanya bertujuan untuk menambah skill peserta dalam mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja.

 

Saya ingat benar, dahulu tahun 2008 ketika kuliah, sering sekali ikutan workshop atau pelatihan. Tujuannya sih untuk meningkatkan kemampuan sekaligus proses upskilling dan reskilling kemampuan yang dimiliki. Apalagi ketika semester-semester akhir. Saking banyaknya dan sering ikutan, ternyata biaya yang dikeluarkan lumayan juga, apalagi kalau tempat penyelenggara jauh dari tempat tinggal atau bahkan beda provinsi. Jadinya harus ekstra tenaga untuk mendapatkan ilmu tersebut.


aplikasi siap kerja


Pernah suatu hari, ketika mendaftar workshop di Jogja tentang public speaking. Kala itu, saya sendiri kuliahnya di Semarang. Sebenarnya, jarak antara Semarang-Jogja tidak terlalu jauh tetapi jika harus pulang pergi, pastinya bakal lelah dalam perjalanan. Kebetulan workshopnya berlangsung dalam dua hari. Dengan pertimbangan agar bisa fokus dengan materi, akhirnya memutuskan untuk sewa penginapan di sekitar Kaliurang.

 

Kalau mengingat zaman itu, pastinya bakal terngiang dan merasa iri dengan perkembangan saat ini. Kebayang banget kan ya, dahulu untuk urusan meningkatkan kemampuan selalu harus kesana kemari. Menyediakan waktu sesuai jadwal penyelenggara hingga pastinya ekstra biaya selain biaya pelatihan. Untung banget, saat ini kemajuan teknologi benar-benar terasa. Tetapi, sebelum jauh membahas terkait aplikasi online, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun ke dunia kerja.

 

Persiapkan Nilai Akademis Dengan Baik

Banyak yang beranggapan bahwa nilai akademis adalah modal utama untuk mendapatkan pekerjaan layak. Nilai akademis sering dijadikan patokan untuk menilai seseorang pintar atau biasa-biasa saja. Makanya penting sekali untuk mempersiapkan nilai akademis. Meskipun memang, nilai akademis bukan sebagai syarat mutlak seseorang bisa diterima pada satu perusahaan. Umumnya setiap lowongan pekerjaan sudah memiliki batas minimal nilai akademis, sehingga buat yang memiliki kemampuan akademis biasa-biasa saja ada baiknya memperhatikan batas minimal ini. Biasanya sih, IPK minimal 3.00.

 

Melatih Kerjasama dan Problem Solving Melalui Organisasi

Kuliah dengan 3K, Kampus, Kantin, Kost itu sangat umum terjadi. Bahkan banyak mahasiswa memilih 3K ini sebagai zona nyaman. Padahal untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja, dibutuhkan kemampuan dalam problem solving dan kerjasama yang baik. Salah satu tempat terbaik untuk melatih dua hal ini, adalah ikut organisasi kampus. Dengan berorganisasi maka lama-kelamaan kemampuan kerjasama tim akan terasah. Kita juga bisa belajar memahami karakter setiap orang ketika diskusi panjang dalam organisasi. Selain itu juga, ketika berorganisasi sering sekali mengalami banyak kendala, mulai dari internal hingga eksternal. Dari kendala ini, bakal dipelajari bagaimana solusi yang bisa diterapkan case by case.

 

Kuasai Bahasa Inggris 

Ada yang masih berpikiran, bahwa Bahasa Inggris tidak penting dalam mempersiapkan diri untuk kerja? Kalau ada yang seperti itu, seharusnya mulai bergegas. Saat ini, Bahasa Inggris sudah menjadi Bahasa yang common sebagai persyaratan rekrutmen karyawan. Sehingga, sangat penting agar Bahasa Inggris ini dipersiapkan dengan baik minimal bisa berbicara dengan baik, tidak perlu menjadi native.

 

Memiliki Skill yang Dibutuhkan Sesuai Minat

Tahu ga sih, kalua skill itu bisa ditingkatkan atau malah ditambah? Penting sekali untuk mempersiapkan softskill agar bisa bersaing di dunia kerja nantinya. Ada beberapa sih, skill yang bisa membantu seperti kemampuan public speaking, kemampuan sosialisasi hingga bagaimana cara kita menampilkan diri dengan pilihan grooming sesuai situasi dan kondisi.

Dulunya sih, untuk upskilling dan reskilling pasti bisa didapatkan dan dilatih dari berbagai workshop. Tapi, itu zaman old. Nah, untungnya sekarang sudah ada aplikasi belajar online yang menyediakan kursus online gratis, namanya aplikasi QuBisa.

 

Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Alasan Memilih QuBisa Sebagai Aplikasi Siap Kerja

Awal mengenal QuBisa itu berdasarkan informasi dari teman kuliah dulu yang adiknya baru akan lulus kuliah. Akhirnya saya pun coba download aplikasinya dan lihat berbagai materi kursus online gratis. Berikut alasan memilih QuBisa sebagai aplikasi siap kerja sekaligus aplikasi belajar online:

1.  Banyak pilihan kursusnya; ketika kita membuka aplikasi QuBisa maka kita akan dihadapkan dengan tampilan dashboard yang memberikan pilihan berbagai jenis materi, mulai dari cara meningkatkan personal branding hingga cara mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Tinggal dipilih sesuai keinginan.

2.  Terstruktur dan mudah dipahami; setiap kursus yang ada didesain agar cara belajar efektif buat kalangan yang sedang mengambil kursus. Bukan hanya sekadar video pembelajaran biasa tetapi juga disertai berbagai konsep dan contoh agar mudah untuk dipahami.

3.  Konsep belajar gak ribet; selama ini kan kalau belajar harus bawa buku. Dan mencatat materinya di buku catatan. Nah, kalau sudah pakai aplikasi QuBisa ga bakalan seribet itu kok. Kita bisa malah belajar sambil rebahan. Tinggal buka aplikasi QuBisa dan pilih deh materi yang ingin kita pelajari.

 

platform siap kerja

Pengalaman Mengikuti Kursus di QuBisa Sebagai Aplikasi Siap Kerja

Awalnya untuk persiapan kerja biasanya kita mempersiapkan berbagai persyaratan. Tetapi ternyata sering sekali kita melupakan hal non teknis lainnya. Dan ini, bisa mempengaruhi ketika melakukan interview kerja. Makanya, saya coba untuk mengikuti salah satu kursus online gratis yang ada di aplikasi QuBisa sebagai bagian dari cara meningkatkan personal branding sebelum memulai tahapan interview. Judul kursusnya Grooming and Professionalism.


Kursus Online Gratis


Memilih kursus di QuBisa memang menjadi cara belajar efektif saat ini sih. Seperti kursus yang saya ambil. Pertama kali sebelum memulai kursus, maka akan ada pre test. Berupa kumpulan soal dengan pilihan ganda. Nah, dari sini kita bisa mengetahui kemampuan awal sebelum memulai kursus yang dipilih. Di akhir sesi, barulah ada post test untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan dan pemahaman yang dimiliki setelah mengikuti materi kursus online gratis.

 

Setelah itu, bakal ada video pembelajaran yang isinya sesuai dengan tema yang diambil. Ada beberapa poin yang membuat kursus Grooming and Professionalism menjadi lebih mudah untuk dipahami:

1.  Materi video yang to the point; langsung memberikan arahan dengan jelas step by step terkait bagaimana Grooming bisa mempengaruhi rasa percaya diri selama melakukan interview atau interaksi dengan orang lain. Cara penyampaian oleh trainer juga benar-benar sangat bagus. Mulai dari pemilihan intonasi dan gaya bahasa. Semuanya mempermudah pemahaman.

2.  Video pembukaan dengan perbandingan yang membuka pikiran; awalnya urusan Grooming orang tidak begitu aware, tetapi dengan kursus ini memberikan video pembukaan yang sangat tepat sasaran. Memilih contoh kasus dokter yang ada di rumah sakit terhadap hasil diagnosanya. Jika dokter tersebut menggunakan pakaian kerja dan berada di rumah sakit, maka kita lebih percaya akan diagnosa dokter  tersebut dibandingkan jika kita bertemu dokter yang sama di supermarket dan menggunakan pakaian kasual. Grooming menunjukkan profesionalisme kita.

3.  Penggunaan contoh video sebagai pembanding; pada sesi kursus, disajikan dua contoh video yang benar-benar tampak berbeda dari segi pakaian ketika mempresentasikan sesuatu. Penggunaan pakain formal akan lebih mendukung ketika kita hadir untuk acara formal. Orang tidak akan respect terhadap kita ketika menggunakan pakaian kasual di acara formal.


Aplikasi Belajar Online


Dari kursus Grooming and Professionalism dengan cara belajar gak ribet mampu memberikan pengetahuan yang baik bagaimana mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja dengan memperhatikan grooming. Bukan tidak mungkin, dengan grooming yang sesuai pastinya bakal memberikan kesan positif oleh pihak yang menginterview nantinya.


Untung banget sih memang, kehadiran aplikasi QuBisa sangat membantu banyak orang loh. Apalagi buat mereka yang ingin mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja dengan berbagai kursus online gratis yang dimiliki.


Buat kalian yang ingin meng-upgrade diri dengan berbagai materi pelatihan online gratis, tinggal unduh saja aplikasi QuBisa di AppStore dan PlayStore. Tidak ada lagi halangan untuk mempersiapkan diri dengan matang dalam rangka masuk ke dunia kerja. Semuanya bisa kok dipelajari dengan santai di QuBisa.


Oh iya, buat kalian yang sering mereview tentang aplikasi siap kerja, mending ikutan Lomba Blog dari QuBisa. Periode lomba dari tanggal 22 September-10 Desember 2021. Langsung cek saja ya, detail informasinya di media sosial QuBisa.

Post a Comment for "Mempersiapkan Diri Masuk ke Dunia Kerja Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa"