Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] NOVEL SEMANGAT, TANTE SASA! - THESSALIVIA

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

novel, review, semangat tante sasa!
sumber: ebook gramedia

Judul: Semangat, Tante Sasa!

Penulis: Thessalivia

Tanggal Terbit: 17 September 2021

Jumlah Halaman: 272 halaman

ISBN:9786020656496

Bahasa: Indonesia


BLURB

Demi apa Sasita yang seorang wanita karier tiba-tiba diminta menjaga anak kecil? Sudah cukup hidupnya disibukkan dengan pekerjaan, sekarang harus memikirkan anak kecil pula. Sasita terpaksa mengorbankan kebiasaannya bersenang-senang sampai larut malam, kadang sampai mabuk, dengan teman-teman kantornya. Belum lagi Mama yang tidak memercayai Sasita sanggup mengurus Velisa, keponakannya, anak almarhum Kak Vania.

Mama tahu kebiasaan Sasita pulang malam, hura-hura, apalagi Sasita malah dekat dengan laki-laki beristri! Sasita sama sekali bukan contoh yang baik bagi Velisa. Kalau sudah begini, apakah tugas yang terpaksa Sasita emban justru akan semakin meretakkan hubungannya dengan Mama?

Apakah Sasita sanggup memenuhi janjinya kepada Kak Vania?

BACA JUGA: [REVIEW] METROPOP: SECOND CHANCE - FLARA DEVIANA


REVIEW

Jadi suatu kehormatan karena diminta penulis langsung untuk review buku terbarunya dan ikut serta dalam blogtour beliau. Tak lain dan tak bukan buku ini adalah karya salah satu temen blogger ku yang sebelumnya juga sudah menerbitkan buku, Mba Thessa! Sekali lagi selamat atas buku barunya Mba Thessa!

Sesuai blurb-nya buku ini menceritakan keseharian Sasita yang akan menjaga Velisa, keponakan satu-satunya, selama Neneknya Velisa alias Ibu dari Sasita akan berangkat haji. Melihat dari konflik yang diangkat aja udah terlihat bahwa ceritanya akan benar-benar dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, jadi tidak akan sulit bagi pembaca untuk terhubung dengan apa yang akan disampaikan oleh penulis.

Aku suka banget dengan tema ini karena secara pribadi aku juga pernah mengalami apa yang dialami oleh Sasita. Jadi, ketika melihat bagaimana sulitnya Sasita yang tidak pernah merawat anak kecil sendirian bener-bener bikin nostalgia banget 😆. Setiap tingkah Velisa yang bikin gregetan Sasita pasti aku langsung keinget dengan adikku sendiri. Sampe kepikiran apa jangan-jangan semua anak kecil ini tingkahnya sama ya soalnya apa yang dialamin Sasita aku juga ngerasain sendiri dan tanpa sadar aku malah memosisikan diriku sendiri sebagai Sasita pas baca dan aku yakin pasti banyak juga temen-temen yang mengalami hal serupa.

Tokoh Velisa juga gemes banget, bener-bener tipikal anak kecil yang lucu tapi juga bikin emosi 🤣Tapi, ntah kenapa disini aku malah melihat sosok Velisa ini dewasa banget dibandingkan umurnya. Aku selama baca tentang Velisa rasanya bawaan haru tapi bangga juga. Sekecil itu udah melewati banyak hal tapi tetep mengerti kondisi orang lain dan enggak mau merepotkan. Pas baca tuh pengen ikutan meluk Velisa rasanya, sayang sayang banget sama Velisa disini 😍

Selain keseharian merawat Velisa, kita juga akan melihat sisi lain kehidupan Sasita disini. Selama membaca jujur aku kesel banget sama tokoh Sasita kalo udah berurusan dengan asmara! Kesel dan gregetan sampe entah berapa kali pas baca bagian kisah cintanya Sasita ingin mengumpat 🤣 tapi untungnya Sasita ini mengalami perkembangan tokoh yang bagus banget. Dengan beberapa masalah yang ada, membuat kita bisa melihat bahwa Sasita menjadi semakin dewasa apalagi sejak bersama dengan Velisa jadi keselnya gak lama-lama banget deh dengan Sasita.

Jadi, menurutku apa yang diangkat di buku ini komplit banget. Mulai dari bagian yang dekat dengan keseharian kita, ada kocaknya juga ketika melihat Sasita yang panik dengan tingkah Velisa, haru dengan apa yang dialami oleh Velisa dan Sasita, proses pendewasaan tiap tokoh yang ada dan tentunya ending yang memuaskan!

Satu lagi hal yang aku suka banget, di setiap akhir bab penulis dengan baiknya mengingatkan kita tentang pelajaran / moral value yang ada di setiap kejadian yang dialami Sasita. Jadi, kita bisa ambil catatan sendiri nih kalau-kalau menghadapi situasi yang sama dengan Sasita dan aku yakin berguna banget!

Meskipun konflik yang diangkat itu sederhana banget tapi aku enggak mengalami kebosanan selama baca. Selain tingkah Velisa tentunya yang menghibur banget, penulis juga membuat cerita ini bener-bener ngalir begitu aja dan tanpa sadar sudah tamat aja. Aku bener-bener menyelesaikan buku ini dalam satu hari aja dalam satu kali duduk. Penggunaan Bahasa yang enak dan tidak kaku jadi mudah banget buat kita pembaca untuk ikut hanyut dalam ceritanya!

Secara pribadi aku kasih rating buku ini 4/5 ! Buat yang pengen baca ringan-ringan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari buku ini cocok banget deh buat kalian! Apalagi dengan total halaman yang gak banyak jadi gak bikin beban ketika baca!

Buat yang tertarik baca, buku Semangat, Tante Sasa! ini sudah bisa dibaca melalui aplikasi Gramedia Digital ya! Dan kalo kalian enggak terbiasa dengan yang digital, versi cetaknya juga akan diterbitkan akhir tahun 2021 ini! Jangan lupa juga untuk mampir di review teman-teman blogger lain sesuai dengan jadwal ini ya 😊





Post a Comment for "[REVIEW] NOVEL SEMANGAT, TANTE SASA! - THESSALIVIA"