Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peringkat Game XCOM Terbaik

 Peringkat Game XCOM Terbaik

1 November 2021


XCOM adalah seri Turn Based Strategy yang dimulai di PC sejak tahun 1994. Game pertama masih dianggap sebagai salah satu game paling berpengaruh yang pernah dibuat. Pengaruh game ini dapat dilihat di game Fallout PC asli dan baru-baru ini di seri Divinity: Original Sin RPG. Ini juga salah satu permainan taktis yang paling mudah diakses di pasar di samping seri Fire Emblem.

Terlepas dari pengikut kultus dan pujian besar pada sebagian besar entri XCOM arus utama, itu tidak selalu mulus untuk seri ini. Ada dua proyek yang dibatalkan, ketidaksepakatan antara pengembang yang sayangnya terbawa ke salah satu game mereka, dan beberapa game yang ditinjau dengan buruk.

Untungnya, seri ini telah menemukan jalannya kembali dengan seri reboot yang dirilis di PC dan di konsol, mari kita lihat semua game terbaik dan terburuk dalam seri ini.

12. X-COM: First Alien Invasion (1999)


X-COM: First Alien Invasion adalah game strategi berbasis giliran dua pemain yang membutuhkan respons email untuk bermain. Itu adalah versi yang disederhanakan dari pendahulunya yang utama yang berarti bahwa hampir semua orang dapat memainkan permainan tanpa terlalu banyak kesulitan atau mengkhawatirkan kompleksitas dari seri arus utama.

Keuntungan utama menggunakan email sebagai platform untuk sesi permainan adalah bahwa bahkan PC yang paling lemah pun dapat memainkannya. Namun, bagi penggemar seri ini, ada terlalu banyak kekurangan dari seri inti untuk membuatnya berharga.

11. X-COM: Enforcer (2001)


X-Com: Enforcer dirilis pada PC pada tahun 2001 dan merupakan entri terakhir dalam seri asli yang dikembangkan oleh MicroProse. Sayangnya, meskipun berada di dunia X-COM, game ini memiliki sedikit kesamaan dengan entri lain dalam franchise.

Permainannya adalah lurus run and gun third person action shooter. Tidak ada elemen strategi yang ada dan hanya ada sedikit pemikiran yang terlibat saat mengerjakan level permainan. X-Com: Enforcer disatukan dengan terburu-buru menggunakan sumber daya sisa dari dua game yang dibatalkan X-COM: Genesis dan X-COM: Alliance.

10. X-COM: Interceptor (1998)


X-COM: Interceptor adalah simulator penerbangan luar angkasa mirip Wing Commander dengan elemen seri arus utama dan dirilis pada tahun 1998 di PC. Garis waktu Interceptor adalah prekuel dan diatur sebelum peristiwa X-COM: Apocalypse.

Selain aspek simulasi penerbangan luar angkasa, game ini memperluas manajemen bisnis di mana Anda mengelola koloni luar angkasa alih-alih pangkalan di bumi. Itu bukan ide yang buruk untuk judul X-COM, namun, eksekusi ceritanya sangat buruk sehingga membuat cutscene Command and Conquer tampak layak untuk Oscar sebagai perbandingan.

9.   X-COM: Apocalypse (1997)


X-COM: Apocalypse dirilis pada tahun 1997 di PC dan merupakan judul ketiga dalam seri ini. Ini adalah permainan strategi berbasis giliran tradisional seperti dua entri sebelumnya – meskipun memiliki opsi waktu nyata tambahan.

Sayangnya, itu mengalami perkembangan yang bermasalah karena ketidaksepakatan antara Mythos Studios dan MicroPose keduanya memiliki visi yang sangat berbeda. Ini memang berdampak pada produk akhir dengan simulasi kota dan aspek manajemen permainan yang bertentangan dengan invasi alien skala penuh yang dianggap terlalu ambisius oleh banyak kritikus.

8.   XCOM: Chimera Squad (2020)


Dirilis di PC pada tahun 2020, XCOM: Chimera Squad adalah game turn-based strategy taktis yang berbasis setelah peristiwa XCOM 2: War of the Chosen. Meskipun Chimera Squad dimainkan dalam skala yang jauh lebih kecil daripada seri arus utama, gameplay intinya tetap sangat mirip.

Akibatnya, para veteran seri ini akan merasa betah dengan elemen strateginya di luar pertarungan Chimera Squad di lapangan. Itu memang kehilangan banyak ketegangan dan elemen gelap yang biasanya dikaitkan dengan seri karena humor yang salah tempat, karakter, dan akting suara yang lemah tetapi itu masih merupakan permainan strategi yang solid dengan sendirinya.

7.   The Bureau: XCOM Declassified (2013)


The Bureau: XCOM Declassified adalah judul spin-off yang dikembangkan oleh 2K Marin - yang bekerja di Bioshock 2 - dan dirilis untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 pada tahun 2013. Peristiwa permainan berlangsung pada 1960-an sebelum peristiwa reboot XCOM: Enemy Unknown.

Sebagai penembak taktis orang ketiga, The Bureau bermain sangat berbeda dari strategi berbasis giliran yang terlihat di entri arus utama. Itu mempertahankan mekanisme permainan yang penting seperti permadeath untuk anggota regu bersama dengan beberapa urutan permainan yang intens. Sayangnya, elemen-elemen tertentu tidak cukup berhasil dan rasa kehilangan yang akan dirasakan seseorang ketika kehilangan karakter pendamping di serial mainline hilang di The Bureau. Karena itu, kekuatannya terletak pada penceritaannya dan akhir yang berliku membantu menyempurnakan keseluruhan narasi dari seri XCOM yang di-reboot.

6.   X-COM: Terror From the Deep (1995)


X-COM: Terror From The Deep adalah game kedua dalam seri dan dirilis pada tahun 1995 di PC dan kemudian di-porting ke PlayStation pada tahun 1996. Game kali ini berlangsung di bawah air dan mengharuskan pemain untuk berpartisipasi secara real-time. bangunan dasar dan seri pertempuran berbasis giliran pokok.

Meski berlatar bawah air, Terror From The Deep terasa sama seperti pendahulunya. Namun, X-COM: UFO Defense masih dianggap sebagai salah satu video game taktis terbaik yang pernah dikembangkan dan tingkat kesulitannya cukup tinggi untuk menantang bahkan ahli strategi game paling berpengalaman sekalipun.

5.   XCOM: Enemy Unknown (2012)


Dirilis pada tahun 2012 di PlayStation 3, Xbox 360, dan PC, XCOM: Enemy Unknown adalah game pertama dalam seri reboot yang dikembangkan oleh Firaxis. Enemy Unknown adalah penerima beberapa penghargaan game tahun ini dan menerima pujian kritis besar dari penggemar dan kritikus.

Enemy Unknown berhasil mengambil semua yang sangat bagus tentang game aslinya dan meningkatkan hampir setiap aspeknya. Selain itu, Firaxis membuktikan bahwa game strategi yang kompleks dapat bekerja dengan baik di konsol seperti halnya di PC yang merupakan prestasi tersendiri.

4.   UFO: Enemy Unknown (1994)


Juga dikenal sebagai X-COM: Enemy Unknown dirilis untuk PC pada tahun 1994. Ini masih dianggap sebagai salah satu videogame PC paling berpengaruh dan terhebat sepanjang masa. Itu kemudian dirilis untuk PlayStation dan merupakan salah satu dari sedikit permainan yang menggunakan PlayStation Mouse.

Terlepas dari usianya, game ini sangat kompleks dan dalam menggabungkan sistem pertarungan berbasis giliran yang brilian dan aspek sim manajemen bisnisnya. UFO Defense mengeluarkan ketegangan nyata, horor, dan ketakutan akan hal yang tidak diketahui yang berlanjut dengan seri Firaxis yang di-reboot.

3.   XCOM: Enemy Within (2013)


Dirilis pada tahun 2014 untuk PlayStation 3, Xbox 360, dan PC, XCOM: Enemy Within adalah versi yang diperluas dari Enemy Unknown. Namun, itu menambahkan konten yang cukup signifikan dalam hal cerita dan kedalaman yang berdiri sendiri dan di atas game asli dalam segala hal.

Enemy Within menambahkan sumber daya baru, unit robot, kelas polisi baru, dan faksi musuh baru yang disebut EXALT. Game ini juga memperkenalkan kembali misi Base Defense acak yang dapat segera mengakhiri game pemain saat gagal. Selanjutnya, Enemy Within menambahkan elemen cerita baru dan 47 peta baru.

2.   XCOM 2 (2016)


XCOM 2 dirilis di PC, Xbox One, dan PlayStation 3 pada tahun 2016 dan merupakan sekuel langsung dari XCOM: Enemy Unknown. Dalam cerita game ini, alien telah menang dan pemain sekali lagi ditempatkan pada posisi seorang komandan yang mencoba menyelamatkan apa yang tersisa dari Bumi.

Basis operasi sekarang menjadi UFO yang direkayasa balik yang memberi pemain kendali penuh atas sisi bisnis permainan. Pertarungan taktis berbasis giliran lebih cepat, lebih mudah diakses, dan mengasyikkan daripada sebelumnya. Selain itu, jumlah musuh berbasis alien telah meningkat dan variasi misi diperluas lebih jauh dengan ekspansi besar War of the Chosen.

1.   XCOM 2: War of the Chosen (2017)


Sebagus XCOM 2 dalam memperbarui formula berbasis giliran klasik dan umur panjang permainan, itu juga mengalami pengulangan. Bahkan dengan penggunaan level yang dihasilkan secara prosedural, pengulangan ini terjadi pada beberapa pemain XCOM 2 hanya karena sifatnya yang dapat diprediksi.

Berkat konten War of the Chosen yang diperluas dan elemen kejutan dalam misi baru benar-benar mengubah formula untuk pemain. Jenis musuh baru di The Lost juga membawa elemen strategi baru ke lapangan permainan seperti halnya peta baru, seperti lokal Abandoned City. War of the Chosen tidak hanya memperluas formula game kedua tetapi juga menghadirkan tantangan baru yang segar bahkan untuk pemain yang paling letih sekalipun.

Sumber: Gamerant

Post a Comment for "Peringkat Game XCOM Terbaik"