Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perjalanan Hyperloop Akan Menjadi Disrupsi Masa Depan Dalam Pariwisata

 Perjalanan Hyperloop Akan Menjadi Disrupsi Masa Depan Dalam Pariwisata

6 Oktober 2021

Hyperloop akan menghadirkan keberlanjutan dan perjalanan yang lebih cepat, dengan potensi untuk mengganggu industri pesaing setelah beroperasi pada tahun 2030.


Dengan kecepatan tinggi yang berpotensi mencapai hingga 700mph di darat, teknologi Hyperloop akan merevolusi cara penumpang bepergian selamanya dan akan sangat mengganggu industri pesaing bertahun-tahun di masa depan.

Perjalanan Hyperloop, yang menyaksikan perkembangan signifikan pertamanya pada tahun 2013 dengan buku putih Elon Musk, terus menerima investasi dan inovasi dari perusahaan multi-miliar dolar. Virgin telah menjadi pemimpin di bidangnya, setelah menguji hyperloop manusia pertama pada November 2020. Tabung penumpang pertama diperkirakan akan beroperasi penuh pada tahun 2030, dengan proyek infrastruktur Pune-Mumbai menjadi yang terdepan untuk grand opening.

Hyperloop memenuhi permintaan untuk perjalanan yang lebih cepat dan berkelanjutan

Penelitian menunjukkan bahwa wisatawan menginginkan kenyamanan dan perlindungan lingkungan. Menurut survei konsumen GlobalData Q1 2021, 76% responden mengatakan mereka 'selalu', 'sering', atau 'agak' dipengaruhi oleh seberapa ramah lingkungan suatu produk. Selain itu, 61% responden lainnya dari survei konsumen pariwisata GlobalData 2019 mengatakan bahwa mereka mencari produk perjalanan yang menghemat waktu. Namun, di bawah iklim industri perjalanan saat ini, itu tidak layak. Transportasi kereta api secara signifikan lebih lambat daripada transportasi udara tetapi jauh lebih bersih. Namun, perjalanan udara, meskipun jauh lebih cepat, memiliki dampak buruk terhadap lingkungan. Transportasi hyperloop akan mengancam untuk memecahkan penghalang itu di masa depan karena dapat menawarkan alternatif yang lebih bersih dan lebih cepat.

Konsep hyperloop melibatkan pod penumpang yang berjalan melalui tabung bertekanan menggunakan propulsi listrik dan levitasi magnetik. Propulsi, kurangnya tekanan udara dan levitasi, menyebabkan pod mengatasi hambatan yang sangat kecil yang memungkinkannya mencapai kecepatan yang sangat tinggi dengan menggunakan sedikit energi. Kecepatan hingga 700mph telah diteorikan, dengan para insinyur menyimpulkan bahwa itu sangat jauh dalam kemampuan teknologi saat ini selama lima hingga sepuluh tahun ke depan. Dengan banyak negara seperti Inggris, Jepang, dan China yang berjanji untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050, perjalanan Hyperloop menawarkan alternatif yang layak untuk perjalanan udara domestik.

Konektivitas yang meningkat antara tujuan yang dapat ditawarkan Hyperloop akan meningkatkan pariwisata domestik di dalam negara, perjalanan internasional juga dimungkinkan beberapa tahun dari 2030 seiring berkembangnya hubungan dan peningkatan investasi swasta. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan gangguan lebih lanjut pada perusahaan perjalanan udara dan kereta api. Jika kecepatan akhirnya mencapai angka 700mph yang diteorikan, perjalanan dari Liverpool ke Manchester bisa memakan waktu hingga delapan menit, 45 menit dari Los Angeles ke San Francisco dan Hong Kong ke Shanghai dalam waktu kurang dari 2,5 jam, menyoroti potensi dampak revolusioner Hyperloop pada transportasi.

Komersialisasi menyoroti potensi teknologi Hyperloop

Penting untuk dicatat bahwa masih ada jalan panjang sebelum perjalanan hyperloop dapat menantang transportasi udara dan kereta api, dengan biaya pengembangan dan konstruksi yang menjadi perhatian. Namun, investasi dari perusahaan komersial multi-nasional untuk mengembangkan teknologi tidak dapat diabaikan.

Dengan banyak organisasi dan pemerintah di bawah tekanan untuk mencari cara baru yang berkelanjutan untuk bepergian dan mengurangi emisi, perjalanan hyperloop menawarkan solusi jangka panjang yang layak. Selain itu, model transportasi dalam pariwisata saat ini tidak berkelanjutan, menciptakan kebutuhan mendesak akan cara perjalanan yang lebih bersih dan efisien. Bentuk khas transportasi penumpang seperti udara dan kereta api sedang berjuang untuk memenuhi permintaan ini. Oleh karena itu, operator dari perusahaan-perusahaan ini harus melihat Hyperloop sebagai pengganggu yang sah untuk masa depan.

Sumber: railway-technology

Post a Comment for "Perjalanan Hyperloop Akan Menjadi Disrupsi Masa Depan Dalam Pariwisata"