Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smallville 20 Tahun Kemudian - Apa yang Membuat Pertunjukan Jadi Super?

 Smallville 20 Tahun Kemudian - Apa yang Membuat Pertunjukan Jadi Super?

22 Oktober 2021


Sulit untuk dipahami sekarang, tetapi hanya dua puluh tahun yang lalu, film superhero bukanlah bisnis besar di Hollywood. Heck, mereka bukan bisnis besar di TV. Namun pada Oktober 2001, Smallville akan mengubah itu.

Pilot Smallville mengudara pada 16 Oktober 2001, untuk pujian kritis dan kesuksesan komersial. Episode percontohan memecahkan rekor peringkat WB untuk peringkat tertinggi untuk seri baru (jaringan yang ditayangkan sebelum WB bergabung dengan UPN untuk membuat CW) dan, tidak seperti protagonis mudanya, terbang tinggi selama sepuluh tahun. Akhirnya berakhir pada 13 Mei 2011, dengan sekitar 3,39 juta pemirsa menonton untuk melihat Clark merebut takdirnya.

Pertanyaannya, tentu saja, tetap ada. Apa yang membuat Smallville begitu sukses? Dan, memang, bagaimana pengaruhnya terhadap TV superhero hari ini? Anda harus ingat, WB (dan kemudian, CW) adalah jaringan yang dikenal dengan drama remaja seperti Dawson's Creek, Gilmore Girls, dan One Tree Hill. Itu adalah jaringan terakhir yang diharapkan menjadi platform pertunjukan fiksi ilmiah terlama sepanjang masa. Mari rayakan Ulang Tahun ke-20 Smallville dan set Blu-Ray baru, mari selami lebih dalam apa yang membuat Smallville sukses…

Superman's Bare Essence


Alasan paling jelas untuk kesuksesan Smallville adalah Clark Kent sendiri. Sementara penggemar buku komik mungkin berbeda, masyarakat umum melihat Superman sebagai pahlawan super jagoan Anda. Namun, co-creator Alfred Gough dan Miles Millar mendorong untuk mengambil pandangan yang berbeda tentang pahlawan ikonik: “Kami ingin Clark Kent kami memiliki kecemasan dan keunggulan, tanpa kehilangan esensi dari siapa dia tumbuh menjadi”, kata Gough dalam 2001 wawancara dengan KryptonSite sesaat sebelum acara pertama kali ditayangkan.

Memang, Clark memiliki kecemasan dan tepi dengan beban ember. Remaja berkekuatan super itu merasa terasing dari teman-temannya sejak usia dini karena kemampuannya – dan mengetahui asal usul aliennya dalam episode percontohan. Dapat dimengerti, ini tidak membantu keterasingannya lebih baik dan pengetahuan bahwa pesawat ruang angkasanya jatuh di samping hujan meteor yang membunuh orang tua naksirnya, Lana Lang, membuatnya merasa bersalah. Dia menghabiskan sebagian besar pertunjukan dengan putus asa berusaha menyembunyikan kekuatannya, takut orang tidak akan menerimanya sebaliknya dan berharap dia "normal". Keputusan kreatif untuk menunjukkan Clark bergulat dengan rasa sakit masa remaja dan dewasa muda membuatnya menjadi cerita yang menarik bagi penonton. Kita semua memiliki perjuangan pribadi yang tumbuh dan dalam kehidupan, dan kita dapat melihat itu tercermin dalam Superman muda.

Pertumbuhan Clark juga dieksplorasi pada tingkat fisik. Dalam pilot, Clark hanya memiliki kecepatan super dan kekuatan super. Namun, seiring berjalannya seri, ia secara bertahap mengembangkan kekuatan ikoniknya yang lain seperti Penglihatan Sinar-X dan Pendengaran Super. Ini adalah produk sampingan dari remaja Kryptonian di Bumi, dan pada awalnya, Clark sering berjuang untuk menggunakannya secara efektif. Satu-satunya kekuatan yang tidak dimiliki Clark sampai akhir final adalah kemampuan terbangnya. Ini karena aturan "tidak ada celana ketat, tidak ada penerbangan" yang terkenal yang bersumpah bahwa dia tidak akan terbang, atau mengenakan setelan itu selama seri. Dalam pengertian ini, karakter didasarkan tidak hanya secara metaforis, tetapi juga secara harfiah.

Teman Clark Kent


Sayangnya, Superman tidak bisa bertahan hidup sendirian. Dia harus memiliki teman dan keluarga yang mengisi pemeran. Dalam kaitannya dengan Smallville, ia berhasil dengan pemeran pendukung dengan cara yang sama seperti karakter utamanya. Orang tua Clark agak lebih muda daripada rekan komik tradisional mereka, sehingga mereka dapat memberikan dukungan emosional dan nilai-nilai yang kuat kepada putra mereka ketika dia membutuhkannya. Orang asing Canon, Chloe Sullivan, adalah calon jurnalis remaja yang meneliti kejadian aneh Smallville melalui surat kabar sekolah menengah. Perjuangan mereka sendiri sama relanya dengan Clark, dari naksir Chloe yang tumbuh pada teman masa kecilnya dan perjuangan orang tuanya untuk membesarkan putra mereka.

Tapi salah satu hubungan terpenting di Smallville adalah hubungan Clark dan Lex. Seperti Clark, Lex sedang mencari identitasnya sendiri dan tidak yakin di mana dia cocok. Meskipun sedikit lebih tua dari Clark, dia masih memiliki jalan panjang untuk menemukan dirinya sendiri. Sementara dia dan Clark dengan cepat menjadi teman baik, hubungan mereka menderita sepanjang pertunjukan karena Clark menolak untuk berbagi rahasianya dengan dia dan ketika Lex tumbuh lebih jahat. Salah satu keputusan kreatif terbaik Smallville adalah bagaimana persahabatan Clark dan Lex membawa mereka ke takdir masing-masing.

Anda dapat melihat upaya Smallville untuk memanusiakan karakter legendarisnya di setiap kesempatan. Memang, Anda dapat melihat upaya ini diciptakan kembali di Acara TV superhero modern. Seperti yang diamati oleh mantan co-showrunner Miles Millar dalam wawancara ulang tahun ke-20 KryptonSite, Smallville “menunjukkan kedalaman emosi dan karakter [film dan Acara TV] seperti apa yang bisa didapat dari dunia buku komik”. Hal ini terlihat dari Arrowverse layar kecil hingga Marvel Cinematic Universe hari ini.

Fajar Keadilan


Dikatakan bahwa, bahkan di musim-musim berikutnya ketika para showrunner meningkatkan aksi superhero dan membawa lebih banyak karakter DC, itu tidak kehilangan keajaiban yang membuatnya hebat sejak awal. Green Arrow karya Justin Hartley adalah karakter pertama yang 'cocok' dalam seri ini, tetapi ia dibuat menarik melalui konfliknya dengan Clark dan perbedaan mereka tentang cara memerangi kejahatan. Arthur Curry, Victor Stone, dan Barry Allen muncul namun, pertunjukannya masih memprioritaskan karakter mereka terlebih dahulu daripada aksinya. Karena selain bintang tamu, Smallville sadar bahwa kekuatan supernya yang sebenarnya adalah jantungnya, sesuatu yang masih terlihat jelas saat Anda menonton Blu-Ray Ulang Tahun ke-20 hari ini.

Tentu saja, seri ini memiliki kekurangan yang adil. Banyak yang setuju bahwa percintaan Clark-Lana berlangsung terlalu lama ("Itu mungkin kisah cinta tiga musim yang berlangsung enam musim", aku Millar dalam wawancara Sundance 2014). Dan bahwa Clark mengalami terlalu banyak 'amnesia aesop', menyalahkan dirinya sendiri untuk hal-hal yang bukan salahnya dan menolak untuk menerima takdirnya berulang kali. Fans juga tidak menyukai perlakuan beberapa karakter yaitu Jimmy Olsen.

Yang mengatakan, setiap karya seni memiliki kekurangannya. Tapi Smallville melakukan lebih banyak benar daripada salah. Ini memanusiakan superhero yang menurut pemirsa biasa tidak lebih dari klise dan membuka jalan bagi kompleksitas emosional di televisi dan bioskop superhero. Itu adalah pencapaian super seperti Man of Steel itu sendiri.

Sumber: thenerdstash

Post a Comment for "Smallville 20 Tahun Kemudian - Apa yang Membuat Pertunjukan Jadi Super?"