Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Buku Atlas Anatomi Manusia Jilid 3 pdf


Judul Buku: Atlas Anatomi Manusia: Kepala, Leher, dan Neuroanatomi

Penulis: Sobotta

Penerbit: EGC Penerbit Buku Kedokteran

Tahun: 2003

Jumlah Halaman: 378

Buku Sobotta, sebuah karya dari F. Paulsen & J. Waschke, disebut-sebut menjadi kitab wajib mahasiswa kedokteran. Hampir semua mahasiswa kedokteran memiliki dan menggunakannya sebagai buku babon dari awal perkuliahan sampai selesai. Bahkan, mereka yang sudah menjadi seorang dokter pun masih menggunakan buku ini. 

Sobotta, dapat dikatakan sebagai atlas tubuh manusia. Berbicara tentang atlas, tentu saja pikiran kita akan langsung tertuju pada sebuah buku yang menggambarkan peta dunia, atau suatu kawasan secara detail dan terperinci. Anda pasti sudah pernah melihat peta, atau mungkin mempelajarinya. Apa yang Anda lihat? Suatu daerah lengkap dengan ibu kota, kabupaten, kota madya, sungai, gunung, atau mungkin ada danau, pantai barangkali. Bahkan dalam peta sebuah kota, di sana akan lengkap dengan jalan-jalan protokol, kecamatan, kelurahan, dan sampai ke tingkat kampung atau dusun.

Ilustrasi di atas hanya suatu perumpamaan. Tentunya Sobotta tak akan berbicara mengenai letak kota, kabupaten, ataupun sungai. Sebab, Sobotta bukan berisi mata pelajaran geografi. Membuka Sobotta seolah kita dituntun menyusun seluruh bagian tubuh manusia mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Dengan kata lain, Sobotta adalah sebuah buku yang menggambarkan struktur anatomi tubuh manusia.

Anatomi berasal dari kata Bahasa Yunani yaitu anatomia, dari kata anatemnein. Kata anatemnein sendiri gabungan dari dua kata yaitu ‘ana­’ yang berarti atas dan ‘tomien’ yang berarti memotong. Jadi, bisa diartikan bahwa anatomi berarti memotong dan mengangkat tubuh bagian makhluk hidup ke atas untuk mengetahui dan menyelidiki bagian yang ada di dalamnya. 

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang nama bagian tubuh dan susunan bagian tubuh itu dari bagian yang satu dengan yang lain. Ilmu anatomi dapat dibagi menjadi beberapa cabang, yaitu ilmu urai, morphologi, Zootomi, dan phytotomy. Ilmu urai adalah ilmu yang memisahkan bagian tubuh makhluk hidup, sedangkan Morphologi adalah ilmu yang mempelajari bagian bentuk bangunan makhluk hidup. Kemudian, Zootomi adalah anatomi hewan dan Phytotomy adalah anatomi tumbuh-tumbuhan.

Sobotta diklaim sebagai atlas anatomi tubuh terbaik dibandingkan atlas anatomi lainnya. Buku ini terdiri atas dua bagian. Pada bagian pertama, terdapat bagian atas tubuh manusia meliputi kepala, leher, dan ekstremitas atas. Pada bagian kepala misalnya, pembaca akan mengetahui secara detail apa saja isi kepala manusia. Saraf-saraf yang menghubungkan antara satu bagian dengan bagian lainnya. Saraf-saraf itu bisa diibaratkan sebagai jalan pada peta yang seringkali kita lihat. Sementara, bagian-bagian kepala adalah kota-kota yang ada pada suatu daerah. Pun tulang-tulang tempat melekatnya daging digambarkan dengan jelas pada buku ini.

Kepala dalam buku ini tak hanya digambarkan sebuah kepala yang utuh, tetapi sampai pada hidung, mata, mulut, dan juga telinga. Pada bagian mulut misalnya, digambarkan mirip dengan aslinya, demikian pula dengan warna yang digunakan. Apa saja isi mulut, lidah, gigi, bahkan sampai ke bagian gusi. Mata dan hidung pun digambarkan secara detail, sampai ke bagian paling kecil sekalipun. Tidak hanya bagian ataupun saraf yang menghubungkan antar-bagian, buku ini juga berisi tentang penjelasan dari gambar yang ada serta fungsi-fungsi dari setiap

Daftar Isi Jilid 3:

1. Kepala

2. Mata
3. Telinga
4. Leher
5. Otak dan Medulla Spinalis

Download ebook Atlas Anatomi Manusia Jilid 3 pdf via Google Drive:

DOWNLOAD

Post a Comment for "Download Buku Atlas Anatomi Manusia Jilid 3 pdf"