Download Buku Matinya Socrates pdf



Judul Buku: Matinya Socrates

Penulis: Plato

Penerbit: Narasi

Tahun: 2000

Jumlah Halaman: 307 

Matinya Socrates adalah sebuah tingkatan estetis dalam filsafat eksistensi dimana kebanyakan orang takut menghadapi sebuah kematian namun Socrates dengan tenang dan riang dia menghadapi kematian. Ia telah begitu siap menghadapi kematian karena baginya kematianlah yang akan mengantarkan jiwanya mencapai sebuah eksistensi, berjuang untuk membebaskan diri dari ikatan atau ketundukan pada kesenangan ragawi. Buku matinya Socrates yang merupakan terjemahan dari Phaedo ini berisi tentang dialek yang menarik. Sebuah dialek mengenai metafisik, sebuah dialek yang begitu dalam mengulas mengenai esensi jiwa, dialek mengenai tuduhan dan kematian, arah dan akhir dari seorang filsuf sejati.

Dengan bahasa yang mudah dipahami dan ringan, sang penerjemah mencoba menguraikan dan memahamkan isi dialek dari buku asli. Ini tentu bukan pekerjaan mudah sebab tidak bisa dipungkiri dalam kasus penerjemahan pasti sering dijumpai kosakata yang tidak ada padanan dalam bahasa Indonesia namun di sini penulis bekerja keras mencari persesuaian di perbendaharaan kata lain yang maknanya sama atau mirip.

Dihadapkan pada hukuman mati karena tuduhan ‘telah meracuni pikiran orang-orang muda’ Socrates dengan tenang dan tetap bermartabat terus bertanya jawab dengan sahabat-sahabatnya, memburu dan berbagi pengetahuan. Maka terangkatlah bermacam persoalan hakiki dan ultima dalam kehidupan jiwa, raga, kebenaran, kebajikan, keindahan dan terutama kematian.  Dialog ini mengungkapkan pandangan radikal Scrates tentang apakah makna kematian dan apa pula maknanya menempuh filsafat.

Filsuf sejati, kata Socrates, berjuang untuk membebaskan diri dari ikatan atau ketundukan pada kesenangan ragawi. Ia memncari kebenaran, keindahan, dan kebaikan mutlak. Semua itu tak didapati dalam dunia pengalaman indrawi. Filsuf itu harus terus-menerus menjauhkan keterlibatan yang sia-sia terhadap sesuatu yang wadak dalam rangka mencapai pensucian sehingga ia tak lagi terhalang untuk meraih pengetahuan.

Download ebook Matinya Socrates pdf via Google Drive

DOWNLOAD


Post a Comment

0 Comments