Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Majalah Intisari Edisi Juni 2021

 

Tanggal rilis: 14 Juni 2021

08 – Kontroversi Lajur Legenda Transportasi

18 - Sepeda Antara Khotbah dan Dakwah

86 - Perempuan dalam Pusaran

Perjalanan si Kuda Pesolek Sepanjang Masa

Seberapa banyak ragam sepeda yang menemani sepanjang perjalanan hidup kita? Sepeda pertama saya adalah sepeda beroda tiga. Ayah membelikan saat saya berusia dua tahun. Karena terlihat polos, ayah menambahkan lampu kedip merah-biru yang dirangkainya sendiri. Dari sepeda-sepeda yang pernah saya miliki, saya baru menyadari, sepeda telah menunjukkan generasi asal kita.

Sepeda telah menyumbang cerita bagi peradaban manusia. Kita kerap memaknai bahwa kemunculan peradaban-peradaban manusia, salah satunya karena bencana. Sepeda sebagai pencapaian peradaban manusia pun memiliki riwayat serupa. Seorang Jerman, Karl Freiherr von Drais (1785 –1851) tidak sekonyong-ko nyong mendesain Laufmaschine—mesin berjalan de ngan dua jentera. Atau, orangorang yang menjuluki mesin berjalan ini sebagai ‘dandy horse’ atau si kuda pesolek.

Sebelumnya, ada sebuah peristiwa besar yang melanda Eropa sekitar 1816. “Tahun tanpa musim panas”, demikian catatan semasa yang menandai situasi zaman. Wabah tipus dan kolera berjangkit dan menewaskan puluhan ribu orang di Eropa. Paceklik karena gagal panen, ternak-ternak mati, sampai terputusnya transportasi karena kudakuda binasa.

Mengapa iklim Eropa berubah? Ahli sejarah dan gunung api menautkan peristiwa April 1815 tentang erupsi supervolkano Tambora di Pulau Sumbawa sebagai penyebabnya. Aerosolnya mencemari atmosfer dunia. Sepanjang sejarahnya, sepeda boleh dikata ‘dibunuh berkali-kali’ dengan penemuan moda transportasi lain, seperti sepeda bermotor.

Namun, sepeda tak mati-mati. Bahkan, hari ini sepeda menunjukkan kelas ekonomi penunggangnya. Sepeda turut mewarnai perjalanan bangsa ini. Dari pergerakan nasional, pendaratan Jepang, sampai sepeda Sukarno yang mengantarkan Indonesia merdeka. Edisi ini diramu untuk memperingati Hari Sepeda Sedunia dan kelahiran Sukarno. Sepeda telah mewarnai kehidupan kita dengan laksa cerita. Marilah bersepeda!







Link Download

DOWNLOAD

Post a Comment for "Download Majalah Intisari Edisi Juni 2021"