Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Minecraft adalah Game Terhebat yang pernah dibuat

 Mengapa Minecraft adalah Game Terhebat yang pernah dibuat

Terlepas dari ketidaksempurnaannya, Minecraft berhasil mendapatkan gelar itu.

10 November 2021


Biasanya, akan dianggap penistaan ​​dalam industri video game untuk menganggap game tunggal sebagai "yang terbesar yang pernah ada". Lagi pula, preferensi dan pendapat setiap orang tentang permainan berbeda, dan kemampuan untuk bermain dan menikmati apa pun dari dunia permainan yang luar biasa luas adalah bagian dari apa yang membuat hobi ini begitu istimewa. Namun, dari ribuan game yang telah dirilis dan disukai oleh para pemainnya, Minecraft membuat kasus yang paling menarik untuk mendapatkan gelar itu tanpa dapat disangkal.

Itu tidak berarti bahwa Mojang Studios atau Minecraft sempurna, karena tidak ada yang benar-benar sempurna. Namun, pada akhirnya, Minecraft telah berulang kali membuktikan bahwa itu lebih dari sekadar video game, dan penampilan itu pada akhirnya menipu.

Minecraft ada dalam kategorinya sendiri


Awalnya dirilis ke dunia pada tahun 2009 sebagai proyek ambisius dari tim indie kecil, Minecraft berusaha menggabungkan kumpulan ide setengah matang dalam industri video game ke dalam game sandbox survival kreatif klasik. Lebih dari satu dekade kemudian, Mojang Studios telah tumbuh secara eksponensial lebih besar di bawah sayap Microsoft, berkembang jauh melampaui siapa pun yang percaya ketika pertama kali diluncurkan.

Terus terang, akan mudah bagi saya untuk menyatakan bahwa Minecraft layak untuk digambarkan sebagai salah satu game Xbox terbaik dan game PC terbaik hanya karena kemampuannya sebagai video game, tetapi Minecraft telah berkembang melampaui jangkauan itu untuk menjadi platform kreativitas, pendidikan, dan inklusivitas.


Saat ini, game Minecraft asli ada sebagai dua versi terpisah, dengan begitu banyak yang tersembunyi di bawah permukaan. Yang pertama adalah Bedrock Edition, yang ada di setiap platform yang bisa dibayangkan, termasuk Xbox Game Pass di konsol, dan menampilkan dukungan cross-play dan cross-save penuh melalui akun Microsoft Anda. Ini juga memberdayakan pembuat dan memungkinkan komunitas Minecraft saling mendukung dengan Minecraft Marketplace yang terus berkembang, yang dipenuhi dengan cara baru untuk bermain dan menyesuaikan.

Minecraft adalah platform kreativitas, pendidikan, dan inklusivitas.

Minecraft: Bedrock Edition juga menyertakan cabang yang dikenal sebagai Minecraft: Education Edition, yang merupakan alat pendidikan yang sah dan kuat yang digunakan oleh ribuan sekolah dan institusi di seluruh dunia. Saat Anda tidak belajar di sekolah, Minecraft Realms memungkinkan sekelompok pemain untuk menyewa server khusus pribadi, memberikan dunia yang tahan lama dan luas tidak peduli siapa yang bermain atau di mana.

Di sisi lain, Minecraft: Java Edition adalah versi lama Minecraft yang hanya ada di perangkat PC, macOS, dan Linux. Edisi Java mengorbankan kompatibilitas lintas platform dan fitur modern sebagai ganti dukungan mod penuh, yang memberi pemain cara yang hampir tak ada habisnya untuk memainkan Minecraft persis seperti yang mereka inginkan. Ada ribuan mod untuk Minecraft: Java Edition, yang berkisar dari perubahan terkecil seperti mengutak-atik tekstur hingga ekspansi permainan besar-besaran seperti peta baru dan pengembangbiakan naga.

Kebebasan mod juga meluas ke server Minecraft: Java Edition, yang menawarkan lebih banyak kontrol dan dukungan untuk lebih banyak pemain daripada Bedrock Edition. Server di Java Edition telah mendukung seluruh komunitas selama bertahun-tahun, dengan beberapa hampir dihitung sebagai game individual mereka sendiri. Server lain ada dengan tujuan yang nyaman ada di luar "permainan" Minecraft dan memasuki wilayah yang sama sekali baru.

Merek Minecraft juga telah berevolusi untuk memasukkan proyek baru seperti Minecraft Dungeons dan kemitraan dan kolaborasi yang tak terhitung jumlahnya, penampilan dalam budaya pop, dan sejumlah besar barang dagangan. Saat ini, Minecraft bukan hanya permainan video: ini adalah kotak pasir kreatif, petualangan bertahan hidup, alat pendidikan, platform sosial, komunitas. Seluruh studio dan individu berbakat mencari nafkah melalui Minecraft; organisasi dan grup dapat menggunakan Minecraft untuk menyebarkan pesan mereka, dan teman serta orang asing dapat terhubung melalui Minecraft tidak peduli jarak di antara mereka. Minecraft dapat mengeluarkan kreativitas dan kecerdikan manusia yang terbaik.

Mojang Studios tahu apa yang dimilikinya


Tidaklah cukup untuk berbicara tentang apa yang telah dicapai Minecraft dan apa yang mampu dilakukannya tanpa statistik yang mendukungnya. Dengan lebih dari 238 juta kopi terjual, menurut Mojang, Minecraft adalah game terlaris di dunia. Untuk sebuah game yang mencapai lebih dari 100 juta kopi terjual adalah prestasi penting yang hanya dicapai oleh segelintir game, dan Minecraft telah meroket melewatinya menjadi tonggak penting demi tonggak sejarah. GTA V adalah game terlaris berikutnya dengan lebih dari 155 juta kopi terjual di dua generasi konsol, menandai yang kedua (belum termasuk nextgen).

Kesenjangan antara dua game raksasa ini cukup besar, tetapi yang lebih mengesankan adalah bagaimana Minecraft masih membanggakan komunitas yang sangat aktif. Pada Februari 2021, Minecraft memiliki lebih dari 139 juta pemain aktif. Itu hampir sama dengan penjualan GTA V sepanjang masa pakainya.

Angka-angka baru-baru ini sangat kontras dengan komentar yang tersisa dari troll internet bahwa "Minecraft sudah mati." Sementara Minecraft pasti jatuh popularitasnya setelah runtuhnya "era keemasan" video game dan mari kita mainkan YouTube, game ini bertahan dan memecahkan rekor yang tak terhitung jumlahnya bahkan tanpa perhatian publik, dan sekarang menikmati rekor tertinggi sepanjang masa untuk jumlah pemain, penjualan, dan pendapatan. .

Pembaruan terbaru seperti Pembaruan Gua dan Tebing telah menarik banyak keterlibatan dari komunitas Minecraft, bahkan dengan Pembaruan Gua dan Tebing 1,17 Bagian Satu yang lebih kecil yang baru saja dirilis menjadi viral secara online. Apa pun pendapat Anda tentang Minecraft, game ini tidak pernah jauh dari "kematian".

Komunitas Minecraft berkumpul Bersama


Mojang Studios adalah pencipta setia Minecraft dan produk terkaitnya, dan sangat besar dibandingkan dengan awalnya yang sederhana bertahun-tahun yang lalu. Pada tahun 2014, Mojang Studios diakuisisi oleh raksasa teknologi Microsoft, dan terus mengembangkan timnya dengan beberapa pengembang paling berbakat di dunia.

Tetapi selain itu, game tidak ada artinya tanpa basis pemainnya, dan Minecraft memiliki salah satu yang terbesar di luar sana. Pemain Minecraft tidak bisa disebut apa-apa selain komunitas, karena mereka membantu membuat Minecraft lebih baik dengan menguji Minecraft: Beta Bedrock Edition dan Minecraft: snapshot Java Edition, mengirimkan umpan balik tentang masalah yang ditemukan dan penambahan yang diinginkan, membuat konten asli untuk mendukung, meningkatkan, dan bahkan mengubah pengalaman Minecraft asli, dan menghubungkan sesama penggemar Minecraft melalui platform sosial, forum, YouTube, dan (tentu saja) Minecraft itu sendiri.

Banyak wajah Minecraft


Minecraft memungkinkan pencipta yang tak terhitung jumlahnya untuk mendukung diri mereka sendiri dan keluarga mereka. Orang-orang membuat konten baru untuk Minecraft melalui Minecraft Marketplace, mod, atau server dan streaming, dan video Minecraft masih mengumpulkan jutaan penayangan kolektif. Minecraft menyediakan alat dan sarana untuk mencapai hal-hal menakjubkan. Saya salah satu dari orang-orang yang beruntung ini, karena pekerjaan saya sebagai "Pakar Minecraft" telah meningkatkan kehidupan saya dalam beberapa cara yang tak terukur.

"Mojang Studios telah menciptakan platform yang membuat dampak sosial yang nyata di seluruh dunia, terutama di bidang pendidikan."

Namun, bukan hanya keuntungan uang yang menarik komunitas Minecraft ke dalam game. Minecraft telah diubah berkali-kali menjadi efek yang membingungkan. Perpustakaan Tanpa Sensor, misalnya, memberikan akses kepada kelompok-kelompok yang kehilangan haknya di negara-negara tertindas ke media dan jurnalisme yang disensor. Build the Vote berusaha mendidik pemilih muda dan masa depan dengan mengajari mereka tentang proses pemungutan suara dan beberapa masalah paling mendesak yang dihadapi generasi mereka. Mahasiswa menyelenggarakan upacara kelulusan virtual di Minecraft sebagai pengganti acara fisik selama pandemi. Gadis-gadis di Swedia menggunakan Minecraft untuk merancang peningkatan bagi komunitas lokal mereka, yang dapat menyebabkan perubahan dan efek di dunia nyata. Autcraft adalah server yang menyediakan tempat aman bagi anak autis untuk bersosialisasi dan berteman.

"Mojang Studios telah menciptakan platform yang membuat dampak sosial yang nyata di seluruh dunia, terutama di bidang pendidikan," kata Allison Matthews, kepala Minecraft: Education edition. "Saya sangat terinspirasi oleh desain siswa untuk desa berkelanjutan, anak perempuan yang diberdayakan untuk belajar coding, dan pendidik yang mengajarkan pelajaran tentang kewarganegaraan digital dan kesadaran, semuanya ada di dalam game!"

Di luar kegunaan Minecraft yang lebih mulia, komunitas game ini telah mengeluarkan potensi kreatif mereka dengan segenap kekuatan seribu badai. Pemain secara teratur memamerkan bangunan Minecraft mereka, dari penggambaran besar dan realistis lokasi fiksi dan landmark dunia nyata hingga alat redstone yang rumit dan konyol, alat kreatif Minecraft memberi Anda kebebasan penuh untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan.


Saya sebelumnya telah menulis tentang BlockWorks Studio, sebuah studio game besar yang telah membangun banyak pengalaman indah di Minecraft seperti Perpustakaan Tanpa Sensor yang disebutkan di atas, dunia peringatan "10 Tahun Minecraft", dan pengalaman musik interaktif dengan Discourse.

Anda juga dapat menjelajahi Hogwarts dalam RPG Harry Potter lengkap yang dibangun di dalam Minecraft, memainkan DOOM asli, berpartisipasi dalam konser musik virtual, dan menemukan pengalaman baru tanpa akhir lainnya di Minecraft. Dan ini hanya menggores permukaan.

Minecraft mengubah hidup


Komunitas Minecraft tak henti-hentinya dihibur dengan kisah bangunan besar dan pencapaian yang lebih besar dari kehidupan yang semuanya dibangun di dalam game favorit mereka, tetapi orang-orang dari segala usia, bentuk, dan ukuran bermain dan menyukai Minecraft. Saya beralih ke lingkaran Twitter saya yang memang kecil untuk mengumpulkan cerita tentang bagaimana Minecraft telah meningkatkan kehidupan orang sehari-hari. Sebesar Minecraft, efeknya pada orang-orang bahkan lebih besar.

Salah satu tema berulang terbesar yang saya lihat dari orang-orang yang menanggapi pertanyaan awal saya adalah bermain dengan anak-anak mereka. Minecraft mencakup kelompok usia dan memberikan pengalaman yang dapat diakses bahkan untuk pemain baru termuda sambil membiarkan pemain veteran menikmati kreativitas dan dunia yang ditawarkan. Begitu banyak orang tua menghabiskan waktu berharga bersama anak-anak mereka dengan bermain bersama mereka di Minecraft, yang memungkinkan mereka menyaksikan sisi kreatif mereka beraksi.

Putri saya agak terlalu muda untuk memahami cara bermain video game sepenuhnya, tetapi bahkan dia tidak bisa cukup canggung berjalan di sekitar Minecraft (biasanya melihat langsung ke atas atau ke bawah) sementara ibunya membangun di sekelilingnya. Saya benar-benar tidak bisa menunggu sampai dia cukup besar untuk menguasai pengontrol dan menjelajahi Minecraft sepenuhnya, bahkan jika dia pasti akan menjadi lebih baik dari saya di Minecraft dalam beberapa hari setelah bermain.


Minecraft adalah yang terbaik saat Anda bermain dengan orang lain.

Terkait adalah banyak cerita tentang pasangan yang datang bersama melalui Minecraft, atau secara teratur mengunjungi Minecraft bersama selama bertahun-tahun. Sekali lagi, saya bisa mengaitkannya dengan ini. Saya dan mitra saya telah menghabiskan ratusan jam di Minecraft bersama-sama, tersebar di beberapa dunia berbeda yang kadang-kadang kami kunjungi dengan kacamata nostalgia diikat. Perjalanan saya untuk mengubahnya menjadi pemain penuh dimulai dan diakhiri dengan Minecraft.

Kemampuan cross-play Minecraft juga berarti seluruh keluarga dapat bermain bersama di beberapa perangkat, di mana pun anggota keluarga berada di dunia. Saya juga telah melihat kisah bagaimana Minecraft membantu orang dan keluarga tetap terhubung selama pandemi dan menaklukkan kebosanan saat terkunci di dalam selama karantina. Itu bahkan terjadi di dalam Mojang sendiri.

"Di Mojang kami memiliki server tempat kami semua dapat terhubung dan bermain bersama," Laura De Llorens, desainer game senior untuk Minecraft Dungeons, mengatakan, "Kami pergi mencari bioma untuk dijelajahi, membangun kota, dan alat Redstone, dijalankan dari Ghasts di Nether. Ada petualangan untuk setiap jenis pemain, yang menjadikannya platform yang bagus untuk tetap berhubungan dengan teman-teman dari seluruh dunia."


Ini juga bukan tentang menjaga koneksi. Minecraft juga membentuk koneksi baru. Orang-orang yang bertemu melalui Minecraft dapat membangun hubungan yang bertahan selama bertahun-tahun. Dengan semua cara berbeda untuk memainkan Minecraft (lokal atau online), kemungkinannya tidak terbatas saat terhubung ke orang lain.

Umur panjang dan keahlian Minecraft dalam koneksi online juga menghasilkan kapsul waktu yang brilian. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya dan mitra saya kadang-kadang akan mengunjungi dunia yang lebih tua untuk ledakan yang sehat dari masa lalu. Dunia Minecraft dapat membuka portal langsung ke masa lalu Anda dan membantu Anda mengingat kenangan indah bersama teman dan keluarga dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh game multiplayer lainnya.

Sangat jelas bahwa kekuatan terbesar Minecraft, sejauh menyangkut komunitasnya, terletak pada kemampuannya yang melekat untuk menyatukan orang-orang yang berbeda di seluruh dunia dan selama bertahun-tahun. Meskipun tidak memiliki cerita sendiri, Anda dapat membuat cerita Anda sendiri.

"Salah satu hal paling keren tentang Minecraft adalah ini adalah cerita Anda, dan Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan di dalam game — yang memberinya daya tarik di segala usia, budaya, jenis kelamin — dan itu telah memberi saya platform untuk kreativitas," Lydia Winter, kepala pendongeng di Mojang, memberi tahu saya. "Ini membuatnya jadi komunitas global kami membawa Minecraft ke tempat-tempat yang tidak pernah kami bayangkan — mulai dari menggunakannya di ruang kelas di seluruh dunia, hingga membangun universitas dan mengadakan wisuda, hingga menggunakannya untuk partisipasi masyarakat dengan Blok demi Blok."

Minecraft adalah game tentang evolusi


Saya sudah banyak menulis tentang mengapa Minecraft harus dianggap sebagai game terhebat yang pernah dibuat, tetapi jika boleh jujur, saya baru saja menyentuh permukaannya. Warisan Minecraft adalah salah satu kisah persahabatan, kreativitas, dan inklusivitas yang tak terbatas. Siapa saja dapat memainkan Minecraft, dan hampir semua orang dapat menemukan sesuatu untuk disukai.

Minecraft lebih dari sekadar game bertahan hidup kotak-kotak yang memungkinkan Anda membangun sesuatu. Mojang Studios merilis pembaruan demi pembaruan untuk menambahkan fitur dan peningkatan baru, sambil mendengarkan para pemainnya, lebih dari satu dekade setelah debut Minecraft. Ini adalah komunitas Minecraft tanpa henti membuat di dalam dan di luar Minecraft. Lebih dari 10 tahun sejarah, cerita, dan legenda terbungkus dalam satu nama yang langsung dapat dikenali.

Minecraft dan Mojang Studios tentu saja jauh dari sempurna. Saya telah menulis tentang bagaimana Mojang Studios masih sering terasa seperti studio indie, atau bagaimana Minecraft di Xbox Series X|S mengecewakan. Brendan Lowry kami baru-baru ini menulis tentang bagaimana Survival Mode  Minecraft sangat membutuhkan perubahan.

Meskipun demikian, salah satu dari banyak faktor yang berkontribusi pada kesuksesan Minecraft adalah bagaimana Minecraft tidak pernah berhenti berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa game menikmati dukungan pasca-peluncuran yang konsisten seperti Minecraft, dan dukungan itu tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Kritik yang membangun adalah induk dari perbaikan, dan Mojang tidak asing dengan konsep itu.

Semua ini dan lebih banyak lagi yang datang bersama untuk menciptakan "Minecraft," dan itu sangat menakjubkan. Apakah Anda secara pribadi menyukai Minecraft atau memainkannya sendiri, efeknya pada industri yang luar biasa ini tidak dapat disangkal dan tidak dapat diatasi. Karena alasan inilah saya sangat yakin bahwa Minecraft tentu saja, benar-benar, tidak diragukan lagi adalah game terhebat yang pernah dibuat.

Sumber: Windowscentral

Post a Comment for "Mengapa Minecraft adalah Game Terhebat yang pernah dibuat"