FINE DAYS AT YOGYAKARTA

Photo by Agto Nugroho on Unsplash

Bulan November dan sudah merasa lelah, jenuh dengan kegiatan sehari-hari yang gitu-gitu aja. Aku memutuskan untuk ambil cuti hanya untuk jalan-jalan ke Jakarta sebenarnya tapi tiba-tiba banget sahabatku yang nun jauh disana itu ngajakin liburan bareng selama 4 hari jadi aku cuma perlu ambil cuti 2 hari. Mengingat ini adalah kesempatan terakhir yang bisa aku dapatkan di tahun ini akhirnya aku langsung mengiyakan ajakan super dadakan ini.

Tak lain dan tak bukan destinasinya adalah Yogyakarta. Meskipun aku udah menghabiskan 4 tahun disini tapi rasanya ada aja yang baru di Yogya jadi enggak masalah sama sekali, sekalian bisa mengingat-ingat kenangan apa aja yang udah terjadi selama di Yogya.

Nah, kali ini aku akan share cerita selama aku ada di Yogya yang sepertinya penuh dengan makan, makan dan makan. Aku buat catatan ini juga sebenarnya sebagai penyalur memori aja supaya aku bisa ingat dengan kenangan ini dan siapa tau bisa membantu teman-teman yang butuh destinasi di Yogyakarta. Siap-siap untuk baca postingan yang super panjang ya!


DAY – 1

Perjalanan panjang dari Jakarta dan aku tiba di Yogya jam 5 pagi di Stasiun Tugu Yogyakarta dengan perjalanan dari Stasiun Senen jam 9 malam sebelumnya. Aku gatau kalau harga tiket kereta sebelum pandemic berapa tapi untuk tiket PP aku menghabiskan sekitar 700ribu rupiah.

Yogya yang gak pernah tidur, pagi pun tetap ramai jadi gak perlu takut untuk sulit cari kendaraan kalau sampai pagi-pagi sekalipun. Mulai dari becak sampai mobil akan siap menunggu kalian di depan stasiun.

Hari pertama ini kami dedikasikan ke temen-temen kami yang datang ke Yogya emang niat banget untuk liburan dan akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Gembira Loka. Gembira Loka ini adalah kebun binatang yang ada di Yogya, jadi anggep aja kayak Ragunan yang ada di Jakarta. Lokasinya luas banget dan dijamin kalian akan sangat kecapekan jadi jangan lupa sarapan dulu!

Kami sarapan di Soto Pak Sholeh, rekomendasi dari sopir yang menemani kami hari ini. Ternyata ini juga salah satu makanan soto yang udah terkenal. Maafkan aku yang gak inget untuk foto makanannya karena udah keburu laper 😅 Untuk sekali makan disini sudah lengkap dengan minum, nasi dan kerupuk menghabiskan sekitar 34ribu. Mungkin cukup mahal untuk ukuran Yogya ya tapi emang gak bisa dibandingkan sih dengan soto waktu masih jadi anak kuliahan 😆

Setelah kenyang dan kami menyempatkan mampir untuk beli kopi dulu, yaitu di Couvee Nah ini bener-bener aku recommend banget buat yang suka kopi! Tapi, menu non kopinya juga enak banget!  Rasa kopinya tuh pas, creamy lagi. Buat yang non kopi juga enak-enak banget! Aku kemarin beli yang Necta, rekomendasi dari temenku.

Langsung meluncur ke Gembira Loka, sekarang harga tiket masuknya 60ribu per orang sudah termasuk dengan tiket untuk naik kereta dan juga kapal. Kata temenku sih ini udah naik jauh banget dari sebelumnya. Banyak banget sih yang bisa dilihat disini, kalian bisa kasih makan hewan (dengan beli makanannya 15ribu), keliling sampe mabok karena apa aja ada! Kalo kalian capek, bisa naik keretanya untuk sampe ke destinasi yang kalian mau dan jangan lupa download petanya dulu deh supaya gak bingung mau kemana aja dan bisa atur juga naik kereta dimana. Yang punya anak-anak juga pasti akan seneng banget diajak disini karena banyak hewannya dan beberapa bisa foto bareng loh kayak dengan Iguana dan burung.

Setelah kurang lebih 3 jam keliling Gembira Loka, kami langsung meluncur ke Bilik Kayu untuk makan siang. Lumayan deket karena emang kita udah laper banget. Makanannya itu makanan Indonesia dan ya layaknya resto ya tapi rasanya oke kok dan bisa makannya barengan gitu dengan sekaligus pesen banyak.

Malam harinya kami makan ke Mediterranea Restaurant by Kamil, setelah sore hari kami puas nemenin temen yang berburu oleh-oleh karena besoknya akan pulang. Malam ini pun kami menikmati makanan westernyang bener-bener suasananya juga western banget. Belum lagi banyak juga bule makan disini. Btw, aku saranin kalian kalo tertarik makan kesini harus reserved dulu ya! Kalo gak bisa-bisa harus nunggu 2 jam loh. Untungnya kami udah reserved jadi gak perlu nunggu-nunggu deh. Makanan disini western semua ya jadi, lebih baik lagi cari dulu menunya. Nah ini adalah makanan yang kami pesan. 5 Makanan dan 3 Dessert untuk kami total ber-6 orang. Jujur aja setelah selesai makan aku mengira tagihannya akan tinggi banget ternyata enggak sama sekali! Dengan segala jenis makanan, minum dan dessert porsi besar yang bikin kami kenyang banget sampe gak abis satu orang kira-kira habis 100ribu! Padahal kayaknya kalau makan di Jakarta ini mah belom puas-puas amat!

mediterranea, jogja, western

mediterranea, jogja, western
Mediterranea Restaurant by Kamil

DAY – 2

Memulai hari dengan cukup telat, kami berangkat sarapan jam 08.30, tujuan kami sarapan yaitu ke Kopi Klotok. Salah satu destinasi terkenal yang ada di Jogja yang terkenal dengan makanannya dan pisang gorengnya! Suasananya juga enak banget di dekat persawahan, jadi kalo kalian makan diluar bisa menikmati sawah deh.

Jadi, kita bisa memilih makan didalam rumahnya itu yang masih dengan suasana desa banget atau makan diluar beralaskan tikar. Meskipun rame banget, karena tempatnya yang luas jadi engga perlu takut deh. Nanti akan digelarin tiker lagi sampe ke ujung banget. Kemarin kami makan di dekan sungai-sungai jadi sejuk banget tapi sebelumnya agak sial karena makan dibawah panas terik banget jadi gak nikmat, untungnya bisa pindah deh. Makanannya juga homey banget loh, sesederhana nasi, tempe, sayur lodeh, telor crispy, sambel ahh enak banget!

menu, kopi, klotok, jogja, indonesian food
Makanan di Kopi Klotok (pisangnya gak kepoto keburu habis)

Setelah kenyang dan tanda-tanda mendung terlihat kami langsung menuju destinasi kedua yaitu Bhumi Merapi, lokasi ini sebenernya argo wisata gitu. Jadi bisa melihat hewan-hewan sekalian kasih makan kayak kelinci, kambing, ada burung hantu dan juga reptile. Dan yang bikin rame banget disini ada spot untuk foto-foto. Karena kami datang bukan pas weekend tempatnya sih emang rame tapi katanya weekend jauh lebih rame lagi. Spot foto yang tersedia itu ala-ala di luar negeri gitu kayak Santorini, terus spotnya Romeo and Juliet dan masih banyak banget! Yang suka OOTD-an wajib banget sih kesini! Tiket masuknya cukup 35ribu per orang dan kalo bawa kamera DSLR harus bayar 50rb lagi ya!

bhumi merapi, argo wisata, jogja
Argo Wisata Bhumi Merapi

Lokasinya luas banget dengan beragam layout yang pasti memanjakan banget. Buat yang emang suka foto-foto pasti seneng banget disini. Di dalamnya juga ada yang jual minuman jadi kalo kehausan di tengah jalan bisa jajan dulu. Disini harus siap-siap sabar dan panas sih, kemarin pas aku dateng banyak banget yang “syuting” hahaha jadi kita suka diusir-usir gitu biar gak photobomb dan panas terik gitu juga meskipun tiba-tiba mendung tiba-tiba panas sih.

Capek foto-foto dan ngobrol-ngobrol kami langsung meluncur untuk makan ke Bumi Langit, ini tempatnya berlawanan ya dengan Bhumi Merapi, jadi harus sabar-sabar apalagi kalo udah kelaparan. Perjalanannya emang agak mengerikan sih karena menanjak gitu, kalo pernah ke hutan pinus di Yogya nah rumah makan ini arahnya kesana juga. Kata temenku sih tempat ini tuh hidden gem gitu, karena udah 2 kali aku kesana selalu sepi. Ntah karena emang aku datang udah lewat jam makan siang atau emang jarang yang datang kesana. Tapi, aku ketemu Nycta Gina jadi harusnya gak hidden hidden amat ya tempatnya.

Karena lokasinya diatas, suasananya tuh jadi sejuk banget. Apalagi karena sepi kan jadi enak buat beristirahat gitu. Tapi, meskipun sepi tapi makanannya enak banget! Harga makanannya juga enggak mahal sih ada disekitaran 30ribu sampai 70ribu untuk menu utamanya padahal bahan yang digunakan tuh organik, mereka tanam sendiri dan pelihara sendiri juga hewannya dan porsinya juga gede kok. Mau makanan maupun minumannya porsinya beneran gede dan bisa bikin kalian kekenyangan. Menunya enak banget dan pake nasi coklat gitu jadi buat beberapa mungkin agak asing pas makannya. Kemarin aku dan temen-temenku pesen Nasi Ayam Kampung Goreng, Mie Kuah, Nasi Campur Special Ayam Bumbu Bali, dan Roti Bakar. Kalo dateng kesini jangan lupa cobain juga Jus Murbeinya! Seger banget tapi ini jusnya seasonal sih.

makan, minum, jogja, bumi langit
Bumi Langit

Selain rumah makan, disini ada tournya juga. Kita bisa melihat-lihat kegiatan-kegiatan yang ada disini, proses pengolahan dan bagaimana mereka menyiapkan bahan-bahan yang akan dimakan. Lama tournya sekitar 30 menit kalau tidak salah. Sayangnya, kami yang sudah berencana ikut tidak jadi tour karena kondisi yang hujan dan sudah kesorean padahal masih ada tujuan lain lagi. Kalian juga bisa beli macam-macam selai loh disini dan ada alat-alat makan juga yang terbuat dari tanduk. 


DAY - 3

Hari ini dimulai jauh lebih lambat lagi dari sebelumnya! Ini adalah hari terakhir kami di Yogya. Gak nyangka waktu cepet banget berlalu dan tiba-tiba udah harus dihadapi dengan kenyataan lagi di tempat masing-masing. Kami memulai aktivitas setelah jam 12 siang, selain memang rencana hanya ingin menghabiskan waktu di kota dan berburu oleh-oleh tapi tubuh-tubuh manusia ini sudah terlalu jompo untuk 2 hari nonstopkeliling kemana-mana tanpa istirahat yang benar. Belum lagi temenku ada yang harus meeting dulu 🤣. Cuti yang tetep dikejer untuk kerja, sejak hari pertama sampai di Jogja udah gantian aja kami diburu para bos-bos meskipun udah mengajukan cuti 😅

Kami memutuskan hari terakhir ini untuk berpusat di daerah Prawirotaman. Disini banyak tempat makan dan nongkrong jadi kami cukup naik grab satu kali dan sisanya jalan kaki aja menuju tempat lainnya (itung-itung membakar kalori setelah makan terus)

Tujuan pertama kami ke Tempo Gelato, toko es krim yang udah terkenal banget dan rasanya juara banget. Ada banyak banget varian eskrim yang bisa kalian pilih disini dan aku jamin pasti bingung! Hahaha karena emang sebanyak itu! Disini sistemnya kalian harus membayar dulu baru bisa ke counter bagian eskrim sambil membawa struck eskrim kalian. Ada dua jenis eskrim yang bisa kalian pilih yaitu cone dengan harga flat 30ribu dan hanya dapat 2 rasa eskrim atau cup dengan ukuran mulai dari small seharga 25ribu dengan 2 rasa dan terus bertambah ukuran dan harganya dan juga berapa pilihan rasa yang bisa kalian pilih.

Tempo Gelato

Lokasinya besar banget dan luas! Ada pilihan untuk duduk di outdoor juga. Saranku sih kalo datang kesini sama temen bisa gantian gitu, ada yang ambil tempat duduk dan sisanya bisa langsung beli eskrim supaya gak kehabisan tempat duduk!

Sebelum menuju tempat makan siang, kami mampir dulu ke ViaVia Bakery, ini toko roti kesukaan temenku dan terkenal dengan rasanya yang enak banget. Jadi, ikutan aja pilih roti meskipun makannya masih besok. Soalnya kapan lagi bisa cicip ini kan!

via via bakery, cakes, cookies, jogja
Via Via Bakery

Selesai jajan, kami langsung menuju tempat makan siang. Kali ini kami makan di Nanamia Pizzeria. Ini juga tempat makan western yang menyajikan berbagai makanan pasta dan pizza. Setelah dipikir-pikir ke Yogya malah banyak makan makanan western ya 😂

nanamia pizzeria, jogja, pizza, pasta
Nanamia Pizzeria

Tempatnya ini enak banget karena dia terbuka jadi kita bisa merasakan angin gitu, tempatnya juga luas jadi bisa makan dengan nyaman. Range harga makanan beratnya itu mulai dari 40ribuan sampe 70ribuan. Makanannya enak dan porsinya juga pas jadi gak akan kecewa dengan harga segitu.

Selesai makan tujuan terakhir kami tinggal cari oleh-oleh doang sampe malem. Dan dengan ini secara resmi berakhir pula liburan kami yang super duper singkat ini. Besoknya aku harus sudah kembali ke Jakarta lagi dengan kereta jam 10 pagi dan sampai di Jakarta jam 6 sore. Perjalanan panjang, lelah tapi menyenangkan.

Jujur liburan kali ini tuh bener-bener mendadak banget. Aku diajak temenku juga H-3 minggu jadi semua yang kami jalani selama 3 hari ini tuh mendadak banget kecuali makan di Mediterranea karena kami harus reserved dari lama ya. Semua tujuan destinasi yang kami kunjungi itu baru dipikirkan malem sebelumnya atau bahkan pagi sebelumnya. Emang yang mendadak itu selalu yang jadi daripada yang udah direncanakan sejak lama!

Semua tempat yang kami kunjungi itu wajib check in pakai Peduli Lindungi jadi pastikan selalu ada sinyal, paket dan baterai Hp! Kami juga selama di Yogya itu menyewa mobil karena emang ramean. Selama 12 jam sekitar 400ribu untuk mobil dengan kapasitas maksimal 8 orang termasuk supir. Memang perjuangan sih untuk cari mobilnya karena banyak banget yang menawarkan harga diatas itu tapi untungnya kami berhasil dapet meskipun baru dipesen jam 10.30 malam sebelumnya 😆

Sejujurnya perjalanan mendadak ke Yogya ini jauh dari ekspektasi biaya yang akan aku keluarkan. Aku kira aku akan mengeluarkan biaya yang cukup besar selama 3 hari ini apalagi karena kami selalu makan dan ada sewa mobil juga tapi ternyata malah budget liburanku masih sisa! Emang paling enak kalo udah nyiapin budget untuk liburan dari lama jadi kalo udah amat sangat lelah dan ingin liburan dananya udah tersedia! Apalagi untuk aku yang tanggungannya masih diri sendiri aja!

Sekian dulu cerita panjang tentang perjalanan singkat selama di Yogyakarta. Semoga terasa diajak liburan eh makan-makan sih 😉 dan semoga yang ingin segera liburan bisa libur juga dan semoga dunia bisa segera pulih kembali supaya kita bisa leluasa mau kemana aja!

Post a Comment

0 Comments