Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MY READING JOURNEY IN 2021

YEAYYY akhirnya tulisan ini terbit juga 🤣 Setelah baca tulisan Mba Jane, Lia dan Reka rasanya gak sabar pengen cepet-cepet bikin tulisan ini naik tapi aku memang sengaja nunggu minggu terakhir di bulan Desember ini supaya bener-bener terlihat jelas buku yang udah aku baca berapa di tahun 2021 ini, karena sepertinya sih gak akan nambah lagi tuh.

Selain itu aku juga mau bikin tulisan ini jadi cukup detail makanya aku butuh waktu dan effort yang cukup besar untuk membuat tulisan ini. Tahun lalu aku juga sudah buat tulisan serupa untuk melihat perjalanan membacaku di tahun 2020 yang bisa dilihat disini

BACA JUGA: [STORY] MY READING JOURNEY IN 2020

Seluruh rekap yang ada juga aku ambil dari Goodreads karena disini yang paling aku update untuk buku apa saja yang aku baca, review singkatnya juga dan tentunya tumpukan TBR ku juga ada disini. Ada juga dari TheStoryGraph yang aku kenal dari Farah dan Reka, untuk lebih detail lagi dan juga Notion, sebagai tracker pribadi aku karena ada beberapa hal yang ingin aku track tapi tidak bisa dipenuhi oleh GR dan TSG. 

STATS

Ini tahun ketiga aku ikut Goodreads Challenge dan tahun ini aku menargetkan untuk baca 30 buku dan bertekad untuk tidak mengubah target ini baik jika aku berhasil penuhi atau tidak. Per hari ini tulisan dibuat aku sudah berhasil membaca 66 buku! Kaget banget bisa mencapai angka ini. Sepertinya tahun ini menjadi tahun terbaik aku karena emang kerasa sih tahun ini rajin banget baca bukunya dan setiap kesempatan pasti usahain buat baca buku. Apalagi aku juga ada kerjasama dengan Booktasters jadi dapet supply buku tiap aku selesai baca dan emang bukan buku yang populer tapi lebih ke penulis-penulis biasa yang nantinya akan aku review buku mereka.

Penulis Indonesia vs Penulis luar

Tahun ini aku mencoba untuk tracking seberapa banyak buku lokal dan juga buku dari luar yang aku baca. Tujuannya sih mungkin saat ini emang masih mau lihat kondisi bacaanku dan nantinya bisa dijadikan target tahun depan. Dan hasilnya aku cuma baca 10 buku dari penulis Indonesia yang artinya 56 buku itu dari penulis luar. Bukan angka yang baik ya mengingat aku sebenernya pengen memperbanyak baca buku penulis lokal tapi hasilnya kurang baik. Semoga tahun depan angkanya bisa bertambah!

Bahasa Indonesia vs Bahasa Inggris

Sepertinya sejak 2020 aku sudah mulai mencoba membaca buku dengan Bahasa Inggris. Sebagai latihan juga dan melihat sejauh mana sih kemampuanku, apakah ada hasilnya dari aku yang udah les Bahasa Inggris sejak SD 🤣. Targetku memang ingin banyak juga membaca buku yang berbahasa Inggris. 

Buku Bahasa Inggris yang aku baca ada 39 buku yang artinya ada 27 buku bahasa Indonesia yang aku baca. Angka yang baik aku rasa dan benar-benar tertolong sejak aku juga baca buku digital.

Fisik vs Digital

Kalau ini sih sebenernya tanpa aku hitung pun udah pasti akan banyak buku digital yang aku baca tahun ini. Dengan total 58 buku digital yang aku baca dan 8 buku fisik. Aku memang berencana untuk memperbanyak buku digital supaya makin banyak juga buku yang bisa aku baca dan tentunya lebih mudah juga. Untuk sementara ini sih memang aku akan berfokus di buku-buku digital kecuali aku menemukan buku yang aku suka banget baru aku beli fisiknya.

Jumlah series

Ini menjadi salah satu alasan aku berhasil menyelesaikan banyak buku. Tahun ini aku sepertinya bersemangat banget menyelesaikan series dengan total 9 series sudah berhasil aku selesaikan. Jumlah maksimal buku yang aku baca untuk suatu series itu 4 buku, lebih dari itu aku sendiri belum sanggup. Berterima kasih ke Caraval Series sih yang berhasil bikin aku akhirnya keterusan untuk baca series lagi. Apalagi kan biasanya buku fantasy tuh yang ada serinya dan kebetulan juga jadi genre buku yang aku suka banget. 

Top Genre

Sebelum aku masuk ke genre apa aja sih yang banyak aku baca tahun ini, aku mau lihat keberagaman genre yang aku baca tahun ini. Sebenernya cukup beragam sih yang aku baca kalau dilihat di TSG.

Mulai dari horror, mystery, sci-fi, fantasy, contemporary, YA, dystopian sudah aku cicip semua di tahun ini. Meskipun emang jumlahnya mungkin gak banyak-banyak banget tapi lumayan lah ya ada genre lain yang dibaca. 

Untuk TOP Genre di tahun 2021 ini yaitu:

1. Romance ada 33 buku 

2. Fantasy ada 27 buku

3. Young Adult ada 20 buku

Udah keliatan banget ya genre favoritku itu apa 😆 Fantasy dan romance itu emang comfort genre aku banget sih jadi gak heran kalau ini buku-buku yang akan mendominasi dan aku yakin sih tahun depan akan tetap mendominasi. Soalnya ini salah satu cara aku juga untuk tetap bisa rutin membaca.

TOP BOOKS

Akhirnya sampai ke bagian yang paling bikin aku pusing, memilih buku yang menurutku terbaik itu susah banget sih karena banyak banget buku-buku bagus yang aku temukan tahun ini. Makanya aku akhirnya memutuskan memilih 3 buku untuk 3 kategori, yaitu dari penulis Indonesia, penulis luar dan series. 

BUKU TOP 3 PENULIS INDONESIA

Untuk buku pertama aku akan memilih Semangat, Tante Sasa! by Thessalivia. Aku milih buku ini bukan karena emang kenal secara pribadi sama penulisnya ya tapi emang bukunya bagus banget! Menyentuh dan dekat banget sama kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya She Smells of Turmeric by Natasha Sondakh. Buku yang isinya bahasa Inggris tapi penulisnya orang Indonesia. Aku suka karena ini juga ceritanya dekat dengan kehidupan juga apalagi tokohnya itu kan belum pernah ada di Indonesia jadi bisa melihat dari sudut pandang orang lain juga.

Buku ketiga yaitu All that is Lost between Us by Winna Efendi. Menjadi salah satu penulis favorit aku dari dulu, emang bukunya akan selalu bikin kita nyesek dulu diawal dan itu yang aku rasain juga di buku ini.

BUKU TOP 3 PENULIS LUAR

Pertama, The Midnight Library by Matt Haig, buku yang reviewnya selalu jadi popular posting sejak reviewnya tayang di blog. Paling suka karena buku ini tuh emang mengangkat tema kehidupan dan pilihan-pilihan yang diambil.

Kedua, House of Salts and Sorrow by Erin A. Craig. Buku horor tapi ada fantasi dan juga romance-nya tipis-tipis disini. Suka karena feel horor dan fantasinya itu kerasa banget pas baca.

Ketiga, The Unhoneymooners by Christina Lauren. Buku romance dengan trope fake marriage, enemies to lovers yang seru banget buat diikutin! Bukan kisah cinta doang tapi ada tentang keluarga juga yang diangkat disini.

BUKU TOP 3 SERIES

Pertama, The Bridge Kingdom Series by Danielle L. Jensen. Duologi fantasi yang intriknya keren banget lah pokoknya, mulai dari kekeluargaan, action, sampe romance-nya tuh dapet banget. Cinta banget sama series ini!

Kedua, Unwind Series by Neal Shusterman. Series dystopian yang gak bisa bikin baca dengan tenang dari buku pertama sampe keempat!

Ketiga, Caraval Series by Stephanie Garber. Buku yang berhasil bikin aku jatuh cinta lagi dengan buku series dan fantasy romance!

TARGET 2022

Di penghujung postingan gak afdol rasanya kalo gak bikin target untuk tahun 2022 mendatang. Meskipun bukan patokan pasti tapi setidaknya dengan target ini nasib blog aku juga bergantung 🤣 Semakin banyak aku baca buku tentu semakin banyak pula kan review yang akan aku bagikan di blog ini.

Untuk tahun 2022 aku menargetkan untuk baca 35 buku! Sudah cukup banyak dan semoga aja semangat baca aku tahun ini tetap ada sampe tahun depan. Aku juga berharap bisa bervariasi lagi bacaan yang akan aku baca dengan beragam genre dan ingin memperbanyak buku-buku dari penulis Indonesia. 

Temen-temen sendiri gimana progres bacanya? Apakah tahun depan akan nambah target lagi untuk bacaannya?

Post a Comment for "MY READING JOURNEY IN 2021"