Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Mengikuti Kursus Data Science di Hacktiv8

 Sebagai seorang Engineer sekaligus blogger, sering banget loh dihadapkan dengan sekumpulan data hasil dari berbagai analisis laboratorium ataupun technical survey pada suatu lokasi. Umumnya data yang dikumpulkan bukan hanya satu, tetapi ratusan bahkan ribuan. Maka kemampuan data science sangat membantu dalam menerjemahkan dan memberikan kesimpulan dari sekumpulan data tersebut.

Nah, data science sendiri merupakan salah satu bidang yang mempelajari proses pengolahan data agar bisa ditarik suatu informasi menggunakan devices tertentu.

Secara tidak sadar, sebenarnya setiap mahasiswa yang ingin menyelesaikan skripsi pastinya akan mengolah data hasil pengamatan. Baik itu data kuantitatif maupun kualitatif. Proses untuk mendapatkan informasi dari data tersebut sudah menjadi bagian dari data science.

Permasalahannya adalah, ketika data yang dimiliki itu sangat banyak disertai dengan berbagai variasi parameter, maka mau tidak mau kita akan menggunakan tools untuk membantu dalam menyelesaikan data tersebut agar bisa ditarik informasi sesuai yang kita butuhkan. Tetapi tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut.

Agar seseorang bisa dan mampu mengolah data yang baik, maka saat ini tidak perlu khawatir. Karena semuanya bisa dipelajari, baik secara offline maupun online dalam bentuk kursus data science. Dan salah satu tempat terbaik untuk memulai hal itu adalah Hacktiv8.

Kursus data science

Mengenal Lebih Dekat Hacktiv8 Sebagai Tempat Kursus Data Science

Kata orang tidak kenal maka tak sayang. Apalagi, jika kita ingin meningkatkan skill kita. Jadi, tidak ada salahnya dong ya jika kita berkenalan terlebih dahulu dengan Hacktiv8.

Jadi, Hacktiv8 merupakan tempat pelatihan yang mampu mentransformasikan para pemula alias newbie agar sukses dan menjadi digital talent terbaik di Indonesia.

Sebagai tempat pelatihan, otomatis Hacktiv8 memiliki instruktur yang profesional dan ahli di bidangnya dengan berbagai jenis kelas digital untuk pengembangan karir ke depan.

 

Keunggulan Belajar di Hacktiv8

Memilih Hacktiv8 sebagai tempat belajar untuk menjadi digital talent, pastinya karena beberapa keunggulan. Diantaranya:

1. Coding bootcamp yang tergabung dalam CIRR

Ada yang tahu apa itu CIRR? Nah CIRR itu merupakan singkatan dari Council on Integrity in Results Reporting yang merupakan salah satu standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar kelas coding dengan transparansi hasil atas siswa yang dibimbing.

 

Bootcamp Hacktiv8
Github menjadi salah satu hal yang dipelajari selama Bootcamp

Terkait hal ini, Hacktiv8 memberikan layanan coding bootcamp pertama di Asia yang sudah bergabung dengan CIRR. Keren banget kan. Dan itu berlaku di semua kelas koding. Baik kursus data science maupun kursus full stack developer.

 

2. Terdapat kelas growth mindset

Berada di sekolah coding Hacktiv8 ini tidak melulu kok belajar coding. Ada juga kelas growth mindset. Kelas ini berisi bagaimana agar para siswa memiliki growth mindset dalam menghadapi suatu permasalahan.

Tujuannya jelas. Agar para siswa memiliki growth mindset yang kedepan bakal berguna dalam mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja.

 

Coding Bootcamp terbaik

3. Bekerjasama dengan hiring partner

Adakah yang lebih nyaman dan nikmat, ketika lulus sekolah coding terus langsung dapat kerja dari partner tempat kita belajar. Begitulah yang dilakukan oleh Hacktiv8.

Selain sebagai tempat belajar programming untuk pemula hingga bertransformasi menjadi digital talent, Hacktiv8 juga bekerjasama dengan lebih dari 350 hiring partner yang siap merekrut para lulusan. Keren banget kan.

 

4. Kurikulum yang relevan

Setiap siswa yang mengikuti belajar programming untuk pemula pastinya bakal disesuaikan dengan kurikulum terkini. Semuanya disusun berdasarkan kebutuhan industri teknologi masa kini.

Seperti kursus data science yang saya ikuti, kurikulumnya benar-benar lengkap dan meliputi:

A) Introduction data science

Berisi tentang pengenalan umum tentang data science dan toolbox yang akan digunakan selama mengikuti kelas data science. Termasuk di dalamnya kelas Python.

B) Pandas Class

Materi ini berisi tentang pengenalan dan cara menggunakan Pandas sebagai salah satu toolbox dalam mengolah data.

C) Sit in (phase 0 -2)

Namanya saja sit in, artinya kita akan mendapatkan materi langsung dalam kelas yang dipilih dan pastinya bakal menunjang kemampuan kita dalam mengolah data. Baik phase 0 hingga phase 2.

D) Live Code Experience

Setelah memahami berbagai materi dan berbagai toolbox pendukung, maka Live Code Experience adalah kelas uji coba kemampuan secara langsung. Pada bagian ini, kita akan menyelesaikan soal sederhana dan menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan data yang sudah disediakan secara live.

E) Data Visualization

Materi data visualization berisi tentang bagaimana memvisualisasikan data yang kita olah dalam bentuk diagram agar lebih menarik.

F) Streamlit Class

Pada bagian ini, toolbox yang digunakan adalah streamlit dalam mengolah data dan membuat kesimpulan atas data yang diolah.

G) Labs Experience

Berisi tentang penyelesaian suatu data oleh tutor, bagaimana mengolahnya dan memilahnya agar informasi yang diinginkan bisa diperoleh.

H) Engineering empathy class

Materi ini spesifik menjabarkan tentang growth mindset dan fixed mindset yang pastinya bakal dibutuhkan untuk kedepan.

I) Milestone Mentoring and presentation

Berbeda dengan live code, bagian Milestone ini berisi tentang tantangan dalam menyelesaikan suatu data, mulai dari mengolahnya, memikirkan data apa saja yang ingin ditampilkan hingga membuat visualisasi data tersebut.

J) Career session

Di akhir sesi kelas kita juga mendapatkan materi tentang pengembangan karir. Hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika nantinya melakukan interview kerja.

K) Meet our buddy

Selain menyediakan materi yang berkualitas dan instruktur berpengalaman. Hacktiv8 juga menyediakan sesi bersama buddy untuk mendengarkan masukan, keluhan dan hal apa saja yang dirasakan selama mengikuti kelas.

 

 

Review Pengalaman Bootcamp Hacktiv8 Kelas Data Science.

Sebagai orang awam alias pemula dalam koding-mengkoding, mengikuti kelas Bootcamp Hacktiv8 adalah hal spesial. Awalnya sih berpikir pasti bakal kesulitan nih dalam mengikuti kelasnya, tetapi ternyata dugaan saya salah.

Selain karena kurikulum yang digunakan mudah untuk diikuti oleh pemula seperti saya. Juga karena para instruktur yang profesional dan expert di bidangnya.

 

Review Hacktiv8

Sebelum memulai Bootcamp, semua peserta diberikan materi persiapan masuk kursus data science sekaligus list software yang perlu di-install terlebih dahulu dan pastinya bakal membantu selama bootcamp data science.

 

Saat teori dan praktek selalu beriringan

Percaya atau tidak, sebuah teori ketika tidak dipraktekkan pastinya bakal sulit untuk dipahami. Apalagi ini terkait koding. Bagi pemula seperti saya, praktek adalah hal terbaik dalam menerapkan setiap teori yang didapatkan.

Mulai dari belajar pemrograman Python sampai membuat variasi data agar bisa memberikan informasi yang diinginkan. Semuanya sistematis dan pastinya dibimbing oleh tutor yang profesional dan expert di bidangnya.

Bukan hanya itu saja, ada juga loh kelas khusus bertemu “buddy” sebagai tutor untuk mereview, bertanya dan sekaligus berkeluh kesah atas materi yang dihadapi dan pastinya selalu ada solusi.

 

Sekolah Coding

Jadi buat pemula seperti saya dan baru pertama kali ikut kelas koding akhirnya merasa nyaman dan selalu tertantang untuk menyelesaikan setiap tugasnya. Termasuk ketika live code. Lumayan surprise juga terhadap diri sendiri yang bisa mengerjakan live code dengan baik.

Review Hacktiv8 ini benar-benar adalah apa yang saya alami dan saya rasakan sendiri. Mungkin bagi yang sudah expert pastinya bakal lebih mudah lagi dalam mengikuti kelasnya. Maka wajar saja sih kalau Hacktiv8 mendapat predikat sebagai Coding Bootcamp Terbaik dengan berbagai keunggulan, kurikulum dan fasilitas pengajaran yang dimiliki.

 

Pengaplikasian data science untuk pekerjaan saat ini

Seperti yang saya sampaikan di awal bahwa sebagai seorang Engineer, data yang dimiliki untuk diolah pastinya sangat banyak. Mulai dari data hasil eksperimen di laboratorium hingga technical data dari berbagai kawasan. Awalnya sih, pengolahan data hanya mengandalkan excel secara manual saja.

Tetapi, sejak mengikuti dan belajar pemrograman Python akhirnya saat ini pengolahan datanya sudah jauh lebih experti dan pastinya lebih mudah.

 

Kesimpulan Review Hacktiv8 Secara Menyeluruh

Buat para pemula seperti saya, jangan khawatir untuk memulai hal baru dan menambah skill baru. Apalagi dengan keunggulan yang dimiliki oleh Hacktiv8 sebagai Coding Bootcamp terbaik.

 

Belajar programming untuk pemula

Baik kursus data science ataupun kursus full stack developer semuanya memberikan sensasi pengalaman dalam transformasi dari pemula menjadi ahli dalam digital coding. Percaya deh. Semuanya bisa dipelajari dan pastinya bakal bermanfaat buat ke depan.

Post a Comment for "Pengalaman Mengikuti Kursus Data Science di Hacktiv8"