Capcut, Aplikasi Edit Video yang Populer di Kalangan Tiktokers

 

Edit video sangat dibutuhkan oleh content creator untuk menyempurnakan video mereka agar lebih bagus saat ditonton. Karena itu, tidak heran jika banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi gratis maupun berbayar di google play store khusus edit video. Sebut saja aplikasi seperti Kinemaster atau Inshot. Capcut, adalah salah satu dari aplikasi lain yang tidak kalah populer. Aplikasi ini tergolong masih baru, dirilis di tahun 2020 silam dan  dikembangkan oleh Bytedance.Ltd. Kelebihannya adalah tidak ada iklan, tidak ada watermark, bebas root, mudah digunakan dan yang lebih menarik adalah mendukung pembuatan video untuk Tiktok.

Edit Video di Capcut

Sama dengan aplikasi edit video lain, Capcut juga memiliki sejumlah fitur untuk mendukung edit video. Untuk mendapatkan fitur ini, kamu tidak perlu login dan bisa langsung digunakan saat membuka aplikasi. Cara menggunakannya cukup mudah. Klik “edit” yang berada di bagian pojok kiri bawah, lalu klik proyek baru. Akan muncul berbagai galeri foto dan video dari media mu, tinggal pilih video mana yang hendak di edit.

·         Di bagian edit, tersedia beberapa fitur seperti bagi atau split, mengatur kecepatan, volume, animasi, filter, efek suara dan beberapa fitur lain.

·         Di bagian audio, menu ini untuk mengatur efek dan suara. Capcut menyediakan banyak pilihan audio degan berbagai genre. Kamu juga dapat mengambil suara atau audio dari media mu. Ada juga sulih suara untuk merekam langsung suara yang ingin dimasukkan ke dalam video.  

·         Di bagian Teks, terdapat pengaturan untuk menambahkan teks yang diinginkan. Capcut juga menyediakan template teks dengan berbagai tema yang bisa langsung digunakan. Selain teks, di menu teks juga terdapat stiker untuk memasukkan berbagai stiker menarik ke dalam video.

·         Di bagian efek, terdapat berbagai efek yang disediakan Capcut. Kamu tinggal memilih jenis efek yang kamu inginkan.

·         Di bagian Filter, terdapat banyak jenis filter yang bisa digunakan. Selain itu, di bagian ini juga bisa mengatur kecerahan, kontras, saturasi, pencahayaan, rona, ataupun mempertajam gambar foto atau video.

·         Selesai mengedit, ada 3 pilihan tingkat resolusi saat mengunduh hasil video, yaitu 480p, 720p, dan 1080p. kamu bisa memilih resolusi 1080p untuk kualitas video yang lebih bagus.

Itu beberapa fitur yang ada di menu edit Capcut. Selain itu, ada beberapa fitur lain yang belum sempat dibahas. Edit video dengan Capcut bisa dibilang cukup mudah dan bisa dipelajari sendiri. Capcut sendiri juga menyediakan tutorial video dan FAQ yang berfungsi untuk membantu pengguna baru mengenali cara kerja setiap menu yang ada. Bagian ini berada di menu pusat bantuan yang ada di bagian atas (berlogo tanda Tanya (?)).

Template Video

Seperti yang kita tau, saat ini Tiktok adalah salah satu aplikasi berisi conten video yang lagi hype nya. Sementara Capcut menunjang pembuatan berbagai jenis video tiktok, sehingga tidak heran jika aplikasi ini sangat cepat perkembangannya, terutama di kalangan anak tiktokers.  Di Capcut, ada banyak tersedia berbagai jenis template video tiktok yang bisa langsung digunakan.  Ada berbagai kategori yang bisa dipilih, seperti template dengan tema game, animasi, lirik video, meme, dan berbagai jenis template lainnya.  

Template yang keren-keren ini dibuat oleh official creator Capcut.  Dengan menggunakan template ini, kamu tidak perlu terlalu banyak mengedit lagi. Bahkan, jika kamu tertarik dengan sebuah template, kamu bisa langsung menerapkannya di videomu tanpa harus mengedit. Caranya cukup mudah sekali, kamu tinggal memilih template yang diinginkan, lalu klik “gunakan template” yang berada di pojok bawah template. Setelah itu baru masukkan foto atau video yang cocok untuk template tersebut. Kamu juga bisa melihat pratinjau terlebih dahulu sebelum menyimpan videomu.   

Capcut sebagai Aplikasi Penghasil Uang

Untuk mendapatkan berbagai fitur menarik lain, tidak ada salahnya untuk mendaftar/ log in. Hal ini disebabkan karena Capcut tidak hanya digunakan untuk edit video, tetapi juga sebagai aplikasi penghasil uang.  Ada banyak cara agar bisa mendapatkan uang dari aplikasi Capcut. Pertama, dengan login selama setidaknya 28 hari berturut-turut kamu bisa mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan uang. Kedua, menonton video di Capcut selama 10 menit. Biasanya video yang tersedia adalah video pendek layaknya di Tiktok.  Ketiga, mengedit video di Capcut lalu dibagikan ke Tiktok. Pengguna Tiktok tentu syarat ini adalah syarat mudah. Kamu hanya perlu mengedit video yang hendak kamu bagikan ke Tiktok menggunakan Capcut. Lalu, setelah dibagikan ke Tiktok, kamu akan mendapatkan bonus poin.

Keempat, cara terakhir yaitu mengundang teman untuk menggunakan aplikasi Capcut dan Tiktok. Kamu akan mendapatkan bonus Rp.1.000 jika berhasil mengundang teman menggunakan Tiktok dan Capcut menggunakan kode referral kamu. Jika orang yang kamu ajak masih aktif di Capcut dan Tiktok hingga 30 hari, maka kamu akan mendapatkan bonus hingga Rp.13.000.  Bagi kamu yang suka edit video bisa juga bergabung sebagai official creator. Official Creator memiliki akses untuk membuat template dan mendapatkan uang hadiah jika template yang dibuat digunakan dan diekspor oleh banyak pengguna Capcut. Jika penasaran, kamu bisa klik banner “Menjadi Bintang Agency” yang berada di bagian paling atas di menu template. Disitu juga disediakan tombol untuk mendaftar dan memilih agency.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai Capcut, mulai dari fungsinya sebagai edit video hingga sebagai aplikasi penghasil uang. Yah, meskipun predikatnya adalah aplikasi penghasil uang, tapi tentu saja tidak bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. Penghasilan dari Capcut bisa sebagai penghasilan sampingan dan bisa dilakukan di waktu luang. Jika kamu bisa melakukan hobimu untuk edit video sekaligus bisa mendapatkan sedikit uang, kenapa tidak?


Post a Comment

0 Comments