Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Produk yang Bisa Laku Keras di Etsy

 


Etsy merupakan sebuah toko online layaknya Shopee ataupun Tokopedia, namun untuk skala global. Dengan kata lain, penjual dan pembeli di Etsy berasal dari berbagai Negara di dunia. Bagian menarik dari Etsy adalah marketplace ini hanya fokus menjual barang-barang handmade atau handcrafted sehingga kamu bisa menemukan produk unik yang tidak dijual di toko lain. Di Etsy, hasil kreatifitas sangat dihargai dan bahkan bisa dijual dengan harga yang tinggi, sebanding dengan ide kreatif dan ketekunan untuk membuat produk unik tersebut.

Jika seseorang sangat tertarik dengan produkmu, maka mereka kemungkinan besar akan membelinya karena mereka tidak akan bisa menemukan produk yang sama persis di tempat lain. Hal ini disebabkan karena ini adalah barang handmade hasil kreatifitas sendiri, bahkan jika idemu sama dengan orang lain, tapi hasilnya akan tetap berbeda. Misalnya, sama-sama memiliki ide untuk membuat kalung dari kayu, bahannya mungkin sama dari kayu tapi untuk hasil bentukannya pasti akan berbeda.

Untuk itu, jika kamu seorang yang suka membuat barang-barang unik atau kreatif, bisa mencoba bergabung di Etsy sebagai seller. Kamu bisa mengembangkan hobimu menjadi bisnis yang menjanjikan. Keuntungan terbesar yang kamu dapatkan adalah pasar yang lebih luas, produkmu bisa dikenal dan dibeli oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Selain itu, harga yang ditetapkan tentunya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual di dalam negeri. Lalu, ide produk seperti apa yang bisa dijual di Etsy? Berikut beberapa ide produk yang bisa kamu jadikan referensi.

Rajut, Sulaman, dan Bordir

Jika kamu memiliki keahlian rajut, menyulam , atau bordir bisa mencoba menjual produk buatanmu di Etsy. Ada banyak jenis produk yang bisa dijual, seperti misalnya boneka rajut, selimut rajut, alas meja sulam, hoop art embroidery, atau baju bordir. Selain itu, sejak merebaknya virus covid, kebutuhan akan masker sangat tinggi. Untuk itu, masker sulam atau masker bordir dirasa memiliki peluang yang cukup besar untuk laris di Etsy.

Perhiasan dan Asesoris Handmade

Perhiasan adalah satu satu yang selalu dibutuhkan, terutama oleh kaum perempuan. Anting, gelang, kalung dan berbagai asesoris lain termasuk barang paling laris di marketplace. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba kategori ini untuk dijual di Etsy. Hanya saja, karena Etsy adalah marketplace khusus barang handmade dan unik, maka kamu bisa mencoba membuat perhiasan yang berbeda. Seperti misalnya perhiasan yang terbuat dari bahan-bahan seperti kayu ukir, bulu, cangkang kerang, manik-manik, dan berbagai material lain yang bisa membuat perhiasan menjadi lebih unik dan berbeda.

Dekorasi dan Pajangan

Segala jenis dekorasi, apakah itu dekorasi dinding, pajangan meja, atau dekorasi rumah lain cukup laris di marketplace. Hal ini disebabkan karena setiap orang menginginkan berada di ruangan yang nyaman, indah, dan dengan dekorasi yang unik. Jika kamu mencari dekorasi atau pajangan di aplikasi Etsy, maka akan muncul banyak sekali produk yang begitu unik dan dengan penjualan yang tidak sedikit, terutama untuk pajangan dinding atau wall d├ęcor. Kamu bisa memikirkan jenis dekorasi atau pajangan unik berbeda yang kira-kira akan menarik minat para bule di luar negeri sana. 

Produk Anyaman

Barang lain yang unik dan cukup digemari oleh pengguna Etsy adalah produk anyaman. Menganyam adalah salah satu kerajinan tangan yang prosesnya agak lama dan tidak bisa dilakukan oleh semua orang, sehingga bernilai tinggi dan bisa dijual mahal. Bahan yang digunakan untuk menganyam biasanya adalah bambu, daun pandan, rotan, ataupun kulit bintang. Produk anyaman seperti hiasan dinding, tas, vas bunga, kipas, alat dapur, dompet, topi pantai, hingga furniture seperti meja dan rak anyam. Jika kamu pengrajin anyaman, maka tidak ada salahnya mencoba memperkenalkan produkmu pada calon pembeli di Etsy.  

Produk Khas Indonesia

Nah, ini adalah ide yang lebih menarik adalah menjual produk khas Indonesia. Seperti yang kita tau, kerajinan tangan khas Indonesia juga cukup banyak peminat di luar negeri. Sebagai contoh saja, berbagai kerajinan dari batik yang keindahannya sudah diakui sejak lama. Ada beragam produk yang bisa dibuat dengan unsur batik. Selain batik, produk khas Indonesia lainnya seperti wayang, pajangan dinding dengan desain peta Indonesia, gantungan kunci, mug, perhiasan dengan sentuhan nama Indonesia atau berbagai jenis produk khas Indonesia lainnya. Dengan berjualan produk khas Indonesia, kamu tidak hanya bisa mengembangkan bisnis, tapi ikut memperkenalkan Indonesia ke luar negeri.

Produk Digital

Selain produk fisik, di Etsy juga bisa menjual produk digital atau digital dwonloads. Bahkan, produk ini menjadi produk yang cukup digemari di Etsy, baik dari segi penjual maupun pembeli. Bagi penjual, menjual produk digital otomatis tidak perlu memikirkan ongkos kirim dan masalah yang sering ditemui waktu pengiriman, karena produk berupa file yang akan langsung didwonload oleh pembeli. Sementara, bagi pembeli sendiri, mereka bisa langsung menggunakan produk tersebut tanpa harus menunggu lama dan sama dengan penjual, pembeli tentunya juga lebih hemat di ongkir. Produk digital tersebut bisa berupa file desain, template, atau illustrasi. Sebagai gambaran, di Etsy ada yang menjual template undangan, desain kartu ucapan, desain wall art, Svg file cut, dan pattern bordir atau sulaman.

Nah, itu dia beberapa ide produk yang bisa dijual di Etsy. Ada banyak ide unik lain yang mungkin tidak masuk dalam daftar ini. Sebagai tambahan, ide lainnya adalah special gift, seperti misalnya hadiah hari valentine, hadiah untuk hari ibu, hadiah natal, dan berbagai hadiah special lainnya. Selain special gift, ide lainnya yaitu perlengkapan bayi, seperti misalnya topi rajut, selimut bayi sulaman, atau tempat tidur bayi dari anyaman bambu. Kamu juga bisa membuka aplikasi Etsy untuk mencari tau berbagai jenis produk handmade apa yang paling diminati.

Meskipun kelihatannya begitu menggiurkan, tapi sejatinya memulai sebuah bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi, jualan di marketplace skala dunia, pasti lebih banyak tantangan yang akan dilalui. Tantangan tersebut seperti misalnya komunikasi dengan calon pembeli dengan bahasa yang berbeda hingga perhitungan ongkos kirim dan lamanya waktu pengiriman.

Namun, jika dilandasi dengan niat dan tekat yang kuat maka tidak mustahil jika kamu bisa sukses jualan produk handmade di Etsy. Buktinya, tidak hanya 1 atau 2 orang, namun banyak sekali orang Indonesia yang telah berhasil di marketplace ini. Sebelum mulai jualan, jangan lupa untuk membaca–baca pengalaman senior yang sudah lama berjualan di Etsy sehingga kamu sedikit tidaknya paham bagaimana sistem jualan di Etsy dan bagaimana kita agar bisa mendapatkan penjualan yang melimpah. Semoga ide kecil ini bermanfaat.





Post a Comment for "Ide Produk yang Bisa Laku Keras di Etsy"