Cara Mudah Tarik Tunai Tanpa Kartu dengan Mobile Tunai BNI


Mobile banking membawa banyak kemudahan bagi nasabah, tidak hanya sekedar melakukan transaksi seperti transfer, e wallet, ataupun membayar tagihan, tetapi juga bisa untuk tarik tunai tanpa kartu di ATM. Saat ini kita tengah berbicara tentang mobile banking milik BNI. Salah satu fitur yang ada di BNI mobile banking yaitu mobile tunai. Seperti yang disinggung diawal, mobile tunai adalah layanan yang memungkinkan nasabah untuk bisa tarik tunai di mesin ATM tanpa memasukkan kartu.

Layanan ini sangat menguntungkan nasabah, karena mereka tidak harus membawa kartu ATM untuk mengambil uang. Membawa kartu ATM kemana-mana bisa beresiko kehilangan atau rusak. Terlebih lagi, mereka yang sedang membutuhkan uang tapi lupa membawa kartu ATM tidak perlu risau karena adanya fitur ini. Begitu praktis dan mudah. Lalu, bagaimana cara tarik tunai di ATM tanpa kartu ini?

  • Buka fitur Mobile Tunai yang ada di bagian bawah menu BNI mobile banking.
  • Pilih Channel ATM, lalu masukan opsi tujuan dan nominal yang ingin ditarik tunai.
  • Masukkan password transaksi.
  • Akan keluar status Transaksi berhasil. Disini ada kode transaksi yang terletak di bawah nominal. Silahkan dicatat kode transaksi tersebut atau screnshoot layar ponsel. Kode transaksi ini berguna saat mengambil uang di mesin ATM.
  • Di mesin ATM, tekan tombol enter hijau (hot key), pilih menu mobile tunai.
  • Masukkan kode transaksi yang didapat sebelumnya, lalu lanjutkan.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel tujuan atau penerima. Untuk bisa menerima kode OTP, maka pastikan ponsel kamu memiliki pulsa.
  • Transaksi mobil tunai berhasil, silahkan ambil uang anda.

Perlu diketahui bahwa kode transaksi yang didapatkan hanya berlaku selama 2 jam, jadi kamu perlu menarik tunai sebelum kode transaksi hangus atau jika tidak kamu harus membuat formulir baru. Untuk minimal tarik tunai di ATM adalah Rp50.000 hingga maksimal Rp1.250.000. 

Lebih menarik lagi, tarik tunai tidak hanya bisa ditujukan untuk kita sendiri, tetapi juga bisa ditujukan untuk orang lain. Caranya kita tinggal mengganti opsi tujuan penerima saat mengisi formulir yaitu “Diri sendiri” diganti dengan “Orang lain”, lalu akan keluar opsi data menerima seperti nama, nomor rekening, dan nomor ponsel. Setelah proses selesai, nantinya penerima yang dituju bisa mengambil uang yang kamu transfer secara tunai tanpa kartu.

Selain ambil tunai tanpa kartu di mesin ATM, mobile tunai juga bisa untuk tarik tunai tanpa kartu di beberapa merchant seperti Indomaret dan Alfamart. Caranya juga cukup mudah. Saat klik tombol mobile tunai, akan keluar beberapa tempat untuk ambil tunai, yaitu ATM, Agen46, ATM Bank lain, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan kantor Pos. Saat ini kita hanya bisa memilih opsi mesin ATM, Indomaret dan Alfamart karena yang lainnya masih dalam pengembangan. Bisa jadi sewaktu-waktu opsi lainnya juga akan diaktifkan oleh BNI.

Kalau ingin mengambil di Indomaret silahkan klik Indomaret lalu pilih nominal tarik tunai. Lalu masukkan password transaksi. Setelah itu akan keluar barcode transaksi yang nantinya diberikan kepada kasir Indomaret untuk mengambil uang. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan jika mengambil uang tunai di Alfamart. Tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM BNI gratis tanpa dibebankan biaya admin. Namun, untuk tarik tunai di Indomaret dan Alfamart dikenakan biaya admin sebesar Rp4.000 (Indomaret) dan Rp5.000 (Alfamart).

Nah, itu dia beberapa informasi yang perlu kamu tau saat hendak narik tunai tanpa kartu di mesin ATM. Sekarang kamu tidak perlu ribet membawa kartu untuk mengambil uang. Semoga informasi ini berguna.


Post a Comment

0 Comments