Yuk, Cari Tau Apa Sih Perbedaan Tiktok dengan Tiktok Lite?

Bagi kamu yang belum tau, lite adalah istilah untuk menyebutkan sesuatu yang lebih ringan dari versi aslinya.Lite biasanya diluncurkan perusahaan untuk membantu pengguna yang ingin aplikasi yang sama tapi lebih ringan. Jadi, setiap aplikasi yang ada embel litenya, maka berarti itu adalah aplikasi yang lebih sederhana dari versi aslinya. Contoh saja Facebook lite maupun Instagram lite. Fungsi aplikasi tetap sama, namun diciptakan lebih ringan sehingga bisa membantu pengguna yang ingin lebih hemat ruang, kuota, ataupun ingin yang lebih simple. Meski begitu, sebagai imbalannya, aplikasi lite tidak sebagus versi aslinya karena ada penurunan fitur, spesifikasi, maupun kualitas.

Oke, jika kamu sudah paham apa itu lite, maka kita akan lanjutkan tentang aplikasi Tiktok lite. Saat hendak mendwonload aplikasi Tiktok di playstore, kamu bisa menemukan 2 versi Tiktok yaitu Tiktok dan Tiktok Lite. Tiktok sudah ada sejak tahun 2017 di play store, namun Tiktok Tite terbilang masih baru karena baru dirilis tahun 2020 di playstore. Meski begitu, hebatnya, versi lite juga sudah didwonload lebih dari 500 juta seperti halnya Tiktok biasa. Lalu, yang jadi pertanyaan apakah saja perbedaan kedua Tiktok tersebut? Dan, manakah yang sebaiknya di download?

Sejatinya, keduanya sama-sama berasal dari manajemen perusahaan yang sama. Seperti yang dilihat diplay store, aplikasi ini sama-sama diluncurkan oleh perusahaan Tiktok Pte.Ltd. Keduanya juga bisa menonton dan mengupload video maupun meninggalkan komentar. Dengan kata lain, fungsi utama dari Tiktok tetap ada untuk versi lite. Hanya saja, kembali lagi alasan kenapa lite itu diciptakan, yaitu agar lebih ringan, responsive, dan lebih simple untuk pengguna.  Untuk itu, di versi lite, ada beberapa fitur maupun spesifikasi  yang dikurangi maupun dipangkas. Lebih lengkapnya, berikut beberapa perbedaan antara Tiktok biasa dengan Tiktok Lite.

Ukuran File

Perbedaan pertama terletak pada ukuran file. Ukuran Tiktok adalah sekitar 61 MB sebelum dipasang dan menjadi sekitar 300 MB setelah dipasang.Sementara Tiktok Lite memiliki ukuran file 8,7 MB sebelum dipasang dan menjadi sekitar 182 MB setelah dipasang. Dengan begitu, ukuran tiktok lite lebih ringan dibandingkan Tiktok biasa. Ponsel dengan ram kecil akan sulit untuk mendwonload tiktok biasa karena penyimpanan seringkali penuh, belum lagi ditambah dengan aplikasi lainnya. Karena itu, bagi kamu yang memiliki ruang penyimpanan kecil, sangat cocok menggunakan versi lite dari Tiktok agar ponsel tidak lemot dan tetap bisa berjalan dengan baik. Menonton videopun akan lebih cepat dibandingkan dengan versi aslinya.

Pemakaian Kuota

Karena ada penurunan fitur dan kualitas, maka tidak hanya menghemat ruang penyimpanan, tetapi juga menghemat kuota internet. Kenapa begitu? Karena untuk menonton video dengan kualitas paling bagus akan menguras banyak kuota dibandingkan dengan menonton video dengan kualitas sedang atau biasa. Artinya, menggunakan aplikasi asli dengan fitur dan kualitas lengkap akan membutuhkan lebih banyak kuota dibandingkan dengan fitur dan kualitas yang tidak terlalu tinggi.

Untuk yang aktif menggunakan aplikasi Tiktok bisa menghabiskan 500 hingga 1 GB. Tetapi, di lite, kuota yang dihabiskan untuk pengguna yang aktif hanya kisaran 100 MB saja. Ini tentu cukup menguntungkan bagi kamu yang tidak ingin boros kuota. Selain hemat kuota, karena aplikasi lite lebih ringan maka aplikasipun bisa berjalan di jaringan yang agak lemot. Sementara Tiktok biasa tidak akan berjalan dengan baik jika jaringan tidak stabil, video yang ditonton akan putus-putus.

Tiktok Shop

Tiktok Shop adalah fitur jual beli yang disediakan Tiktok untuk penggunanya. Fitur ini terbilang masih baru, tetapi telah memiliki banyak penjual dan pembelinya. Tapi perlu diketahui bahwa Tiktok shop hanya tersedia di Tiktok biasa, dengan kata lain fitur ini tidak tersedia di versi lite. Jadi, kamu yang menggunakan Tiktok Lite tidak akan bisa melakukan transaksi jual beli di Tiktok shop. Bagi kamu yang ingin berjualan atau ingin mencoba membeli suatu produk, maka maka bisa mendwonload Tiktok biasa. Tapi jika kamu merasa tidak begitu membutuhkan fitur ini maka bisa menggunakan Tiktok versi lite.   

Durasi Video

Perbedaan lain yang dapat dilihat adalah durasi video yang diupload. Di versi biasa atau reguler, saat mengupload video akan tersedia tiga pilihan durasinya, yaitu 15 detik, 60 detik, dan 3 menit. Akan tetapi, di versi lite, durasi yang tersedia hanya 15 detik dan 60 detik. Jadi, kamu tidak akan bisa mengupload video dengan durasi lebih dari 60 detik di Tiktok lite. Untuk itu, jika ingin membuat video dengan durasi agak lama, maka ada baiknya mencoba di Tiktok biasa.

Live Streaming

Live streaming adalah fitur Tiktok yang berguna bagi kamu yang ingin berinteraksi dengan pengguna secara live apakah itu hanya untuk sekedar menyapa, bercerita, atau bahkan untuk berjualan. Lalu, penonton bisa langsung menanggapinya dengan berkomentar. Menariknya lagi, di live streaming, pengguna biasanya juga bisa mendapatkan gift dari para penonton mereka dimana gift ini nantinya bisa dirupiahkan jika sudah terkumpul. Selain tidak bisa melakukan live streaming, menonton live streaming orang lainpun tidak bisa dilakukan karena tidak ada ikon live. Sementara di tiktok biasa kita bisa menemukan ikon live di pojok kiri atas. Bagi kamu yang tertarik mencoba fitur ini, maka ada baiknya menggunakan Tiktok biasa.  

Tampilan UI

Perbedaan lain juga terdapat di system UI alias User Interfacenya. Dilihat secara sekilas, tidak ada perbedaan mendasar di tampilan keduanya. Namun, jika kita melihat lebih jeli, maka akan kelihatan bahwa font di Tiktok biasa lebih tebal dibandingkan dengan tiktok lite. Selain itu, di Tiktok Lite juga tidak terdapat kolom pada pojok kanan atas seperti halnya Tiktok biasa. Namun, hal ini tentunya tidak begitu berpengaruh pada pengalaman penggunaan Tiktok, baik biasa maupun yang lite.

Nah, itu dia beberapa perbedaan antara Tiktok dengan Tiktok Lite. Selain beberapa poin tersebut, mungkin masih ada lagi perbedaan lain yang belum sempat disebutkan di artikel ini. Tiktok Lite cukup sempurna bagi kamu yang merasa puas hanya dengan fitur utama Tiktok seperti mengupload dan menonton video. Dengan Tiktok Lite, kamu tidak memerlukan ruang yang banyak, lebih hemat kuota, ataupun diribetkan dengan tambahan fitur-fitur lain yang tidak kamu perlukan. Tapi, bagi kamu yang ingin memiliki semua fitur Tiktok seperti durasi video yang lebih panjang, Tiktok Shop, live streaming, maka kamu tentu harus menggunakan Tiktok biasa.





Post a Comment

0 Comments