Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hai Tiktokers, Ini Nih Cara Agar Video Tiktok Tembus FYP

 

FYP atau For Your Page bisa dibilang sebagai video-video yang berada di halaman utama saat membuka Tiktok. Lebih singkatnya, saat kamu membuka Tiktok dan langsung scrollvideo maka itulah video-video dari FYP. Video di FYP merupakan rekomendasi dari algoritma Tiktok berdasarkan beberapa poin tertentu seperti video yang sedang trend, kemungkinan ketertarikan, dan direkomendasikan berdasarkan riwayat tontotan, video yang kamu ikuti atau sukai. Dengan begitu, kita sebagai pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat mengakses Tiktok. Semua pengguna Tiktok yang suka update konten pasti ingin berada di FYP. Alasannya sudah jelas, yaitu agar video mereka memiliki lebih banyak penonton. Konten FYP biasanya viral dan ditonton oleh hampir semua pengguna Tiktok karena sering bertengger di page pengguna.

Dari satu video kita yang masuk FYP, penonton biasanya juga akan mengunjungi akun kita karena tertarik dan menonton video-video yang lain. Berawal dari banyak penonton, maka pengikut juga akan semakin bertambah sehingga bisa menjadi influencer. Dengan menjadi influencer dan memiliki banyak pengikut, maka kita juga bisa bekerja sama dengan merek tertentu untuk endors produk, atau bahkan menjual dagangan kita sendiri. Dari sini, bisa dilihat bahwa berada di FYP bisa memberikan banyak keuntungan, baik bagi pengguna yang niatnya hanya sekedar seru-seruan, menjadi viral, menjadi influencer, atau membuat dagangan mereka laris manis.   

Nah, bagi kamu tiktokers pemula yang juga ingin videomu tembus FYP, maka beberapa poin berikut bisa kamu lakukan.

Konsisten Update video

Hal pertama yang perlu kita lakukan agar video masuk FYP adalah konsisten update video. Meski begitu, ini bukan berarti kita harus bikin video baru setiap hari, tetapi usahakan untuk tetap aktif upload konten apakah itu 3 atau 2 kali dalam seminggu. Ada orang yang karena terlalu semangatnya bikin konten setiap hari, tapi karena tidak ada yang menonton akhirnya mereka malas dan tidak pernah update lagi. Akan tetapi, jika kamu update video walaupun hanya 2 kali seminggu, tetapi jika rutin maka lambat laut akan mendapatkan penonton dan tidak mustahil masuk FYP. Intinya adalah konsisten untuk upload video baru, bahkan disaat kita tidak memiliki penonton sama sekali.

Bikin Video Menarik dan Berkualitas

Tidak hanya sekedar konsisten atau rutin upload video, kita juga perlu memperhatikan apakah konten video kita menarik untuk ditonton atau tidak.  Buatlah video semenarik mungkin agar penonton merasa tertarik untuk menonton lebih banyak. Kita bisa menggunakan aplikasi edit video seperti Capcut misalnya untuk membuat video dengan template yang bagus.

Tipe video yang paling disukai oleh banyak pengguna adalah video yang lucu karena memang sebagian besar orang membuka Tiktok adalah untuk mencari hiburan. Meski begitu, video edukasi, mukbang, life hack, maupun tutorial biasanya juga memiliki banyak peminat. Disamping video menarik, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas video, baik itu dari segi kejernihan video, cara pengambilan, ataupun keaslian konten.

Caption dan Musik

Bagian penting lain yang perlu diperhatikan adalah masalah caption, hastag dan music. Caption video dibuat agar video terlihat lebih menarik dan bisa membantu penonton untuk memahami atau menangkap maksud isi video. Jadi, maksud video tetap tersampaikan kepada penonton meskipun video tersebut tanpa memiliki suara kreator. Dulu caption video hanya sebatas 100 karakter, tapi sekarang kita bisa membuat hingga 300 karakter caption sehingga bisa lebih leluasa untuk membuat caption yang menarik. Sebagai tambahan, saat ini juga tersedia caption otomatis dimana caption ini muncul secara otomatis berdasarkan suara orang yang ada di dalam video. Bisa dibilang caption otomatis ini menjadi subtitle otomatis agar penonton disabilitas yang memiliki keterbatas pendengaran bisa memahami isi video. Sebagai creator video, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Selain caption, music atau backsound juga mengambil peran penting. Video tanpa backsound bisa dibilang tidak begitu menarik alias hambar, meskipun ada segelintir pengguna yang berhasil membuat video menarik tanpa backsound. Gunakan music atau backsound yang tengah viral digunakan seperti misalnya DJ Kuberlayar di Lautan Tidak Bertepian-Master RMX, Chrissy wake up- the Gregory Brothers,  Casablanca-Nuha Bahrin & Naufal Azrin, Tak ingin Usai-Keisya Levronka, Janji Setia-Tiara Andini, Pesawat kertas 365 hari-JKT48, atau Rumah Singgah-Fabio Asher bisa kamu jadikan sebagai referensi. Yang paling penting adalah memilih backsound yang paling sesuai atau cocok dengan isi videomu.  

Hastag dan Tren Challenge

Bagian yang tidak boleh dilupakan juga adalah membuat video dengan mengikuti tagar yang tengah tren. Cara ini juga bisa membuat videomu viral dan berada di halaman FYP. Saat ini, tagar yang sedang trending di Tiktok adalah #SerunyaLiburan, #BeraniBersuara, #MenantuMamakmu, #PemainCadangan, #Supermodel,#MarvelChallengeID, dan masih banyak lagi. Nah, Kita bisa memilih salah satu tema yang tengah trend seperti misalnya tagar #SerunyaLiburan, lalu membuat video yang berisi momen serunya liburan versi kita sendiri. Tagar yang lagi trend ini bisa berganti sewaktu-waktu dengan munculnya trend trend baru. Kamu bisa melihat tagar yang lagi trend ini di menu “Temukan” dengan ikon kaca pembesar yang ada dibagian bawah Dashboard Tiktok.

Menariknya lagi, di Tiktok ada yang namanya #ViralDiTiktok Weekly Trending yaitu video yang ditetapkan oleh Tiktok sebagai video yang tengah viral dalam satu minggu. Ada 3 kategori yang diambil yaitu trending di hastag, music, dan juga stiker. Jadi, jika membuat video dengan hastag, music atau stiker yang tengah tren, maka kita tidak hanya berpeluang tembus FYP, tetapi juga bisa menjadi creator terpilih di Weekly Trending.

Upload di Waktu yang Tepat

Cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan mengupload video di jam-jam dimana Tiktok ramai dikunjungi alias prime time. Sudah bisa ditebak, Tiktok paling ramai diakses di jam istirahat yaitu siang hari sekitar jam 12.00-13.00, sore sekitar jam 16.00-17.00, dan malam hari sekitar jam 19.00 – 22.00. Jadi kita bisa mengupload video di jam tersebut agar memiliki peluang lebih besar berada di FYP

Nah, itu beberapa tips yang bisa kita lakukan agar video tembus FYP. Sebagai tambahan, satu cara lain yang juga memungkinkan agar video kamu memiliki lebih banyak penonton adalah kolaborasi atau duet dengan pengguna lain. Dengan kolaborasi atau duet, maka kita bisa menjangkau lebih banyak penonton, apalagi jika kamu melakukan duet dengan penggua yang memiliki banyak pengikut. Jika kita sudah melakukan kiat-kita tersebut, seperti konsisten mengupload video yang menarik, menggunakan tagar dan musik yang tengah populer, atau mengupload di prime time nya Tiktok, maka lambat laun konten kita akan mulai masuk FYP dan disukai oleh banyak orang. Semoga informasi ini berguna.




Post a Comment for "Hai Tiktokers, Ini Nih Cara Agar Video Tiktok Tembus FYP"