Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghilangnya Warnet di Sekitar Kita

Kalian pasti pernah berkunjung ke Warnet atau Warung Internet, baik itu untuk kepentingan mengerjakan tugas sekolah atau hanya untuk sekedar bermain game online bersama teman-teman. Bahkan jaman dulu, seringkali kita menjumpai berita tentang pelajar sekolah yang kedapatan membolos di warnet hingga muncul himbauan berupa tempelan kertas yang isinya “bermain tidak boleh menggunakan seragam sekolah”. Namun, kini warnet seolah-olah seperti menghilang secara perlahan tidak seperti dulu yang mudah ditemukan di pinggir jalan-jalan besar. Lantas apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Sepinya pengunjung Warnet yang berujung kepada tutupnya beberapa warnet di sekitar kita bisa jadi karena munculnya keluhan-keluhan tentang kecepatan koneksi internet yang tidak direspon oleh pemilik sehingga ditinggalkan banyak pelanggan atau mendapat rating rendah di kalangan masyarakat. Bisa dikatakan demikian karena seperti namanya Warung Internet sudah pasti menjual jasa koneksi internet yang pada saat itu masih belum bisa diakses secara luas oleh masyarakat.

Sepinya Warnet juga bisa disebabkan oleh semakin mudahnya dalam akses internet sehingga para pengunjung yang dahulu datang mencari akses untuk itu, kini sudah bisa mengakses internet di mana saja. Hal ini serupa dengan berakhirnya masa kejayaan Wartel seiring dengan semakin mudahnya akses berkomunikasi jarak jauh. Pengunjung kalangan anak-anak hingga remaja yang dulu datang untuk bermain game online, hadirnya game-game android membuatnya dapat bermain game online dengan gadgetnya masing-masing.

Namun hadirnya game online di android juga tak sepenuhnya bisa dikatakan penyebab karena Warnet Gaming yang memberikan penawaran PC high-end dan mampu digunakan bermain game-game berat juga masih cukup ramai didatangi pengunjung. Jika kita lihat di berbagai artikel di internet sudah ada keluhan tentang sepinya warnet di tahun 2018, ditambah adanya pandemi Covid 19 tentu pengunjung Warnet akan lebih berkurang lagi. Lalu, bagaimana Warnet yang bisa bertahan?

Warnet yang mampu bertahan di era semakin pesatnya perkembangan teknologi seperti pada tahun 2022 ini adalah Warnet yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Kebutuhan untuk mengerjakan tugas atau bermedia sosial yang dahulu menjadi salah satu tujuan pengunjung datang ke Warnet, kini kebutuhan atau keperluan tersebut sudah bisa dilakukan di gadget atau rumah masing-masing sehingga Warnet akan kehilangan pengunjung yang bertipe demikian. Namun, masih ada Warnet yang masih mampu bertahan yaitu Warnet yang menyediakan khusus untuk game atau Warnet Gaming juga dikenal dengan Internet Cafe.

Hal-hal tersebut bisa jadi menjadi alasan cukup sulitnya mencari Warnet di lingkungan kita atau menjawab pertanyaan tentang penyebab tutupnya Warnet yang dahulu seringkali kalian kunjungi bersama teman-teman.

Post a Comment for "Menghilangnya Warnet di Sekitar Kita"