Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Driver

Device Driver
Photo by MART PRODUCTION: https://www.pexels.com/photo/woman-in-black-and-white-striped-long-sleeve-shirt-sitting-on-chair-8885193/


Pasti kalian tidak asing bukan dengan kata “driver”, tapi kalian paham tidak apa itu driver? Mari kita bahas bersama-sama apa itu driver.

Macam-macam Driver:

    ·         Device Driver

           Device = perangkat

           Driver = pengemudi

           Device Driver = pengemudi/pengendali perangkat

    ·         Software Driver

Makna device driver dalam lingkup pengetahuan komputer adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk menggerakkan/mengaktifkan dan mengendalikan/mengontrol perangkat keras(hardware) yang terpasang pada sistem komputer itu sendiri.

Fungsi Device Driver:

Mengaktifkan dan menjalankan perangkat keras tertentu yang terpasang pada sistem komputer agar dapat beroprasi sebagaimana mestinya sesuai spesifikasi dan fungsinya.

Setiap perangkat keras membutuhkan driver. Tanpa driver perangkat keras pada komputer tidak akan dapat berfungsi. Driver bersifat spesifik (khusus) hanya berlaku untuk jenis perangkat dengan spesifikasi tertentu.

Proses Kerja Device Driver

Device driver bertindak sebagai penerjemah antara OS (Sistem Operasi) dengan oerangkat keras (hardware). Device driver menerjemahkan OS menjadi kode binner dan diteruskan ke perangkat keras. Hasil kerja perangkat keras dalam bentuk kode-kode binner diubah kembali menjadi bahasa yang sama dengan bahasa instruksi tadi dan diteruskan ke OS.

Ketersediaan Pembuat Device Drive

Program driver seribgkali dibuat sendiri oleh perusahaan produsen perangkat keras yang bersangkutan. Biasanya driver ini disimpan pada CD atau DVD, satu paket dengan perangkat keras itu sendiri. Banyak juga yang sudah menyatu dengan OS(Sistem Operasi) contohnya: Microsoft Windows. Yaitu OS pertama kali diinstal akan otomatis  terinstal drivernya dan akan langsung mengaktifkan perangkat keras yang ada.

Perangkat plug & play yaitu perangkat yang berfungsi tanpa memasang driver sendiri. Karena drivernya sudah tersedia pada OS(Sistem Operasi) dan terinstal secara otomatis.

Post a Comment for "Driver"