Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura) dan Twibbon Ceria Muharram Tahun 1444 H

Aleepenaku.com - Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura) dan Twibbon Ceria Muharram Tahun 1444 H. Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura) dan Twibbon Ceria Muharram Tahun 1444 H merupakan informasi seabgai pembelajaran dan pengetahuan kepada kita semua. Terutama kepada generasi muda dan siswa. Mengapa? Sebab, 10 Muharram sebagai hari penting dan bersejarah dalam Islam memiliki banyak sekali keistimewaan. 

Oleh karena itu sangat penting membelajarkan kepada anak-anak bangsa tentang Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura). Dalam hal ini juga akan dibagikan Twibbon Ceria Muharram Tahun 1444 H. Namun demikian, setiap orang tua dan guru juga perlu memahami Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura) atau bahkan lebih dari itu.

Hari 'Asyura

Apakah Hari 'Asyura itu?

Berbagai sumber telah menjelaskan bahwa Hari `Asyura merupakan kata yang berasal dari bahasa arab. Hariu 'Asyura berarti hari yang kesepuluh pada bulan Muharram. Perlu diketahui bahwa hari 'Asyura ini memiliki keistimewaan yang banyak dan dikenal dalam agama Islam. Dijelaskan pula bahwa Nabi Muhammad SAW. biasa berpuasa pada hari 'Asyura dan memerintahkan umat Muhammad SAW untuk melakukan puasa juga.


Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura)

Sebagaimana yang dituliskan pada laman https://stebisigm.ac.id/ bahwa tanggal 10 Muharram (Yaumul 'Asyura) merupakan tanggal yang istimewa dalam sejarah kenabian. Sebagaimana Hadits:

“Tatkala Nabi shalallaahu `alaihi wassalam datang ke Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi melakukan puasa di hari `Asyura. Beliau shalallaahu `alaihi wassalam bertanya, “Hari apa ini?”. Orang-orang Yahudi menjawab, "Ini adalah hari baik, pada hari ini Allah selamatkan Bani Israil dari musuhnya, maka Musa alaihis salam berpuasa pada hari ini". Nabi shalallaahu `alaihi wassalam bersabda, "Saya lebih berhak mengikuti Musa dari kalian (kaum Yahudi)". Maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan ummatnya untuk melakukannya”. (HR. Al Bukhari)


Peristiwa Penting pada 10 Muharram (Hari 'Asyura)

Dalam beberapa riwayat disebutkan beberapa peristiwa penting saat 10 Muharram, yaitu sebagai berikut:

  • Nabi Nuh AS. Umat Nabi Nuh As. yang ingkar, kufur dan syirik dihancurkan serta dibinasakan oleh Allah SWT. Yakni dengan adanya banjir topan selama enam bulan. Setelah banjir surut, Nabi Nuh AS dan para pengikutnya (80 orang) turun dari kapal dengan aman dan selamat. Terjadi pada tanggal 10 Muharram.
  • Nabi Ibrahim AS keluar dengan selamat dari kobaran api unggun yang dinyalakan Raja Namrud. Raja tersebut hendak membakar Nabi Ibrahim AS, namun Allah SWT menyelamatkannya. Peristiwa ini juga terjadi pada tanggal 10 Muharram.
  • Nabi Musa AS dan ummatnya mendapat kemenangan dari Raja Fir'aun. Allah telah mengkaruniai keselamatan kepada Nabi Musa AS dan ummatnya. Fir`aun beserta bala tentaranya dihancurkan Allah SWT dengan menenggelamkan mereka di lautan tepat pada 10 Muharram. 
  • Nabi Adam AS, diampuni serta diterima taubatnya setelah memakan buah khuldi. Buah tersbutlah yang menyebabkan Nabi Adam AS dihukum oleh Allah SAW. Yakni, diturunkan ke dunia ini. 
  • Nabi Idris AS, diangkat menuju tempat yang tinggi (langit).
  • Nabi Yusuf AS, dikeluarkan dari penjara.
  • Nabi Ya`kub AS,dikembalikan / disembuhkan penyakit mata beliau.
  • Nabi Ayyub AS, dibuka/ diselamatkan dari mara bahaya.
  • Nabi Yunus AS, dikeluarkan dari dalam perut ikan khut.
  • Nabi Daud AS,diampuni segala dosa – dosanya.
  • Nabi Sulaiman AS, diberikan kerajaan untuk enyambut kedatangan ratu Bilqis.
  • Nabi Muhammad SAW, diampuni segala dosa-doanya. Baik yang telah lampau di masa lalu maupun yang belum dikerjakannya.
  • Nabi Idris as memperoleh derajat yang luhur, dibawa ke langit. Dikarenakan beliau bersifat belas kasihan kepada sesamanya. 
  • Nabi Musa as mendapat anugrah kitab Taurat ketika beliau berada di bukit Thursina (Sinai).
  • Kesembuhan Nabi Yakub dari kebutaan dan beliau dipertemukan kembali dengan Nabi Yusuf, putranya.
  • Allah SWT mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman. 
  • Nabi Daud AS disucikan dari dosa dan dibersihkan dari segala fitnah serta tuduhan. 
  • Pada 10 Muharam ini juga, Allah mengangkat Nabi Isa as ke langit.

Kemudian, pada hari Asyura ini pertama kali Allah menciptakan dunia ini. Juga pertama kali diturunkannya hujan dari langit. Hujan RahmatNya yang diturunkan ke dunia ini. Kemudian, pada hari Asyura ini pula Allah SWT menciptakan arys, lauhul mahfudz, al-qolam, menciptakan malaikat jibril AS, dan mengangkat nabi Isa AS ke langit. Kemudian, juga akan terjadi qiyamat pada hari 'Asyura ini. Semua adalah kekuasaan Allah SWT,kehendakNya.

Sumber:https://stebisigm.ac.id/berita333-Keistimewaan-10-Muharram-(-Hari-%E2%80%98Asyura).html


Twibbon Ceria 10 Muharram Tahun 1444 H

Untuk terus berbahagia, marilah kita semarakkan dan sosialisasikan 10 Muharram ini sebagai hari yang istimewa. Salah satunya dengan mamasang foto pada Twibbon Ceria 10 Muharram 1444H. Jangan lupa untuk tetap berbagi kebaikan dan berharap pahala dari Allah SWT.


Gunakan Twibbon Ceria 1, 10 Muharram Tahun 1444 H, Unggah Foto Di Sini.


Gunakan Twibbon Ceria 2, 10 Muharram Tahun 1444 H, Unggah Foto Di Sini.


Gunakan Twibbon Ceria 3, 10 Muharram Tahun 1444 H, Unggah Foto Di Sini.


Gunakan Twibbon Lainnya 10 Muharram Tahun 1444 H, Unggah Foto Ke Sini.


Informasi rekomendasi lainnya, sebagai berikut:

Twibbon Gelora HUT ke 77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

Twibbon Kibarkan Bendera secara Serentak 

Hari Bersejarah Bulan Agustus 2022

POS ANBK 2022

JUKNIS ANKB 2022

Jadwal ANBK 2022



RPP dan Administrasi Guru 👇:


Demikian Informasi penting tentang Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura) dan Twibbon Ceria Muharram Tahun 1444 H. Simak terus info pendidikan di aleepenaku. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Keistimewaan 10 Muharram (Hari 'Asyura) dan Twibbon Ceria Muharram Tahun 1444 H"