Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Kitab Ayyuhal walad (06) Bersihnya Niat

KAJIAN KITAB AYYUHAL WALAD

Al Ghazali

 

(06)

Bersihnya Niat

(Allah Marah Di Duakan, Jadikan Dia Prioritas)

بسم الله الرحمن الرحيم

أَيُّهَا الْوَلَدُ، كَمْ مِنْ لَيْلَةٍ أَحْيَيْتَهَا بِتَكْرَارِ الْعِلْمِ، وَمُطَالَعَةِ الْكُتُبِ، وَحَرَّمْتَ عَلَى نَفْسِكَ النَّوْمَ، لَا أَعْلَمُ مَا كَانَ الْبَاعِثُ فِيْهِ. إِنْ كَانَتْ نِيَّتُكَ نَيْلَ غَرَضِ الدُّنْيَا، وَجَذْبَ حُطَامِهَا، وَتَحْصِيْلَ مَنَاصِبِهَا، وَالْمُبَاهَاةَ عَلَى الْأَقْرَانِ وَالْأَمْثَالِ، فَوَيْلٌ لَكَ ثُمَّ وَيْلٌ لَكَ.

Wahai anakku, banyak sekali malam-malam yang kau hidupkan untuk mengulang-ulang ilmu, mempelajari kembali kitab-kitab dan kamu telah mengharamkan dirimu untuk tidur. Tanpa aku ketahui apa motifnya. Apabila untuk memperoleh kehormatan, rongsokan, jabatan-jabatan keduniawian dan untuk menyombongkan kepada sesama. Maka sangat celakalah kamu.

وَإِنْ كَانَ قَصْدُكَ فِيْهِ إِحْيَاءَ شَرِيْعَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَتَهْذِيْبَ أَخْلَاقِكَ، وَكَسْرَ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، فَطُوْبَى ثُمَّ طُوْبَى لَكَ

وَلَقَدْ صَدَقَ مَنْ قَالَ شِعْرًا:

سَهَرُ الْعُيُوْنِ لِغَيْرِ وَجْهِكَ ضَائِعٌ # وَبُكَاؤُهُنَّ لِغَيْرِ فَقْدِكَ بَاطِ

 

 Jika tujuanmu untuk menghidupkan ajaran Nabi saw, memperbaiki akhlaqmu, menaklukan nafsumu yang banyak memerintahkan berbuat keburukan. Maka sangat beruntunglah dirimu.

Tepat sekali orang yang bersyair: 

Terjaganya mata untuk selain-Mu itu sia-sia * Dan tangisannya bukan karena kehilangan-Mu itu palsu.

 

أَيُّهَا الْوَلَدُ، عِشْ مَا شِئْتَ، وَأَحْبِبْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مُفَارِقُهُ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ

Wahai anakku, hiduplah semaumu karena kamu akan mati, cintailah apa yang kamu inginkan karena kamu akan meninggalakannya, dan berbuatlah sesukamu karena kamu akan mendapat balasannya.

 

Apa Yang Kamu Pelajari.

أَيُّهَا الْوَلَدُ، أَيُّ شَيْءٍ حَاصِلٌ لَكَ مِنْ تَحْصِيْلِ عِلْمِ الْكَلَامِ، وَالْخِلَافِ، وَالطِّبِّ، وَالدَّوَاوِيْنِ، وَالْأَشْعَارِ، وَالنُّجُوْمِ، وَالْعَرُوْضِ، وَالنَّحْوِ، وَالتَّصْرِيْفِ غَيْرُ تَضْيِيْعِ الْعُمْرِ بِخِلَافِ ذِي الْجَلَالِ


Wahai anakku, apapun yang kamu peroleh yakni mengumpulkan ilmu kalam, perdebatan, kedokteran, prosa-prosa, syair-syair, ilmu perbintangan, ilmu 'arudh, nahwu dan shorof tidaklah menyia-nyiakan umur, berbeda dengan Allah Yang Maha Agung.

إِنِّيْ رَأَيْتُ فِي الْإِنْجِيْلِ أَنَّ عِيْسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ قَالَ : مِنْ سَاعَةِ يُوْضَعُ الْمَيِّتُ عَلَى الْجَنَازَةِ إِلَى أَنْ يُوْضَعَ عَلَى شَفِيْرِ الْقَبْرِ، يَسْأَلُ اللهُ بِعَظَمَتِهِ مِنْهُ أَرْبَعِيْنَ سُؤَالًا، أَوَّلَهُ يَقُوْلُ: عَبْدِيْ، طَهَّرْتَ مَنْظَرَ الْخَلْقِ سِنِيْنَ وَمَا طَهَّرْتَ مَنْظَرِيْ سَاعَةٌ. وَكُلُّ يَوْمٍ يَنْظُرُ فِيْ قَلْبِكَ يَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: مَا تَصْنَعُ لِغَيْرِيْ وَأَنْتَ مَحْفُوْفٌ بِخَيْرِيْ، أَمَا أَنْتَ أَصَمُّ لَا تَسْمَعُ؟

 

Aku telah melihat dalam Kitab Injilnya Nabi Isa as.: "Sejak mayat diletakkan di keranda sampai diletakkan di pinggir makam, Allah dengan sifat keagungan-Nya aka menanyainya dengan 40 pertanyaan. Yang pertama Allah menanyainya: “Wahai Hambaku, kau telah membersihkan diri bertahun-tahun dari pandangan makhluk (berupaya terlihat baik terus dihadapan manusia) dan tidak sedikitpun kau membersihkan dari  pandangan-Ku (tidak berupaya terlihat baik dihadapan Allah). Setiap hari Allah Swt melihat di dalam hatimu sambil berfirman : Apa yang kau perbuat pada selain-Ku? Sementara kau dikelilingi kebaikanku. Adapun kau tuli tak mendengar!"

 

Untuk Kitabnya Download Disini

Untuk Kitab Makna pesantren Download Disini

Daftar isi

<<Kajian Sebelumnya

Kajian Selanjutnya>>

 

Post a Comment for "Terjemahan Kitab Ayyuhal walad (06) Bersihnya Niat"