Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memesan Tiket Kereta di Aplikasi KAI Access

 

PT. KAI atau Kereta Api Indonesia memiliki aplikasi pemesanan tiket secara online. Mungkin sebagian besar orang sudah tau, karena aplikasi KAI Access sudah lama beroperasi yaitu sejak tahun 2014 silam. Di Play Store, saat ini telah di dwonload lebih dari 10 juta pengguna. Jika kamu melihat ulasan pengguna di play store, ada banyak keluhan mengenai aplikasi yang lemot, kesulitan membayar, dan beragam masalah lain. Namun, pengalaman saya sendiri yang sudah beberapa kali memesan tiket kereta di KAI Acces tidak menemukan kesulitan yang berarti.

Saat pertama kali memesan memang saya ada sedikit keluhan karena sistem pembayarannya yang terbatas dan perlu menggunakan aplikasi Link Aja untuk pembayaran. Namun, saat ini pembayaran bisa dilakukan dengan banyak pilihan mulai dari transfer ATM, mobile/internet banking, kartu kreadit/debit online, QRIS, Virtual Account, hingga e-wallet, sehingga sangat praktis. Cara memesannya pun menurut saya sangat simple dan bahkan kita bisa memesan tiket kurang dari 5 menit saja. Kita tidak perlu mengantri di loket untuk mengantri memesan tiket karena pemesanan hingga pembayaran bisa dilakukan secara online. Selain itu, dibandingkan dengan aplikasi pemesanan tiket lainnya, KAI Acces memiliki lebih banyak pilihan. Yah, mungkin karena ini adalah aplikasi resmi dari PT. KAI jadi tersedia banyak kereta, jam keberangkatan, dan harga yang lebih variatif.

Menarik lagi, saat ini di aplikasi KAI Acces bisa mengubah jadwal atau melakukan pembatalan tiket secara online. Dengan kata lain kita tidak perlu lagi datang ke loket untuk pembatalan. Di beberapa aplikasi lain, kita masih perlu datang ke loket untuk mengubah jadwal atau melakukan pembatalan. Hanya saja, untuk mengubah jadwal maupun pembatalan tiket ini hanya tersedia hingga 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Nah, bagi kamu yang belum pernah memesan tiket secara online di KAI Acces, maka berikut langkah-langkahnya.

Pastikan kamu sudah log in. Jika belum punya akun silahkan membuat akun terlebih dahulu,ya.


Di beranda, silahkan pilih nama Kota asal, kota tujuan, tanggal berangkat, kelas kereta, dan untuk berapa penumpang. Untuk tambahan, disini kita bisa memilih apakah menggunakan KA antar kota atau KA dalam kota.

Akan keluar banyak pilihan jenis kereta, waktu keberangkatan dan harganya.  Untuk mengurutkan atau filter, silahkan klik tombol “Urutkan &Saring” yang berada di bagian bawah. Kita bisa melakukan filter berdasarkan harga, kelas kereta, dan nama kereta. Setelah itu klik Terapkan. Maka akan keluar pilihan yang sudah difilter.


Jika sudah menemukan kereta yang cocok, maka langsung saja klik maka akan keluar ringkasan pemesanan. Disini ada Detail Perjalanan, Detail Kontak, dan Detail Penumpang. Cek sekali lagi lagi detail perjalananmu, mulai dari tanggal hingga waktu keberangkatan. Untuk detail kontak biasanya akan otomatis keluar, data diambil dari data saat kita mendaftar akun. Klik Tambahkan Sebagai Penumpang, maka data kita akan langsung tersalin ke Detail Penumpang. Tapi jika kita memesan tiket untuk orang lain, maka kita perlu mengisi detail penumpang yang bersangkutan secara manual.


Klik Pilih Kursi. Saatnya untuk memilih kursi atau tempat duduk yang diinginkan. Klik Simpan.

Centang syarat dan ketentuan pembelian tiket yang berada di bagian bawah, lalu klik Bayar Sekarang. Silahkan pilih salah satu dari beberapa metode pembayaran yang tersedia. Lalu akan keluar kode untuk melakukan pembayaran. Sekarang tinggal melakukan pembayaran. Biasanya kita diberikan waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikan pembayaran. Jika terlambat dari waktu pembayaran tersebut, maka pesanan tiket akan batal secara otomatis. Jadi, jangan lupa untuk membayar sebelum waktunya habis.


Disini, pesanan tiket sudah bisa dilihat di menu Tiketyang berada di samping menu Beranda, namun masih dalam status menunggu. Status akan berubah menjadi aktif jika pembayaran sudah diverifikasi. Nah, sekarang kita sudah berhasil dipesan. Saat keberangkatan, kita tinggal scan e-boarding pass untuk masuk ke dalam stasiun. Satu lagi, biasanya e-boarding Pass belum keluar, karena baru akan tersedia 2 jam sebelum keberangkatan. Boarding pass ini wajib ditunjukkan saat boarding dan saat pemeriksaan di atas kereta. Nah, sangat mudah ya memesan tiket di KAI Acces. Silahkan dicoba ya, semoga berguna.



 

Post a Comment for "Cara Memesan Tiket Kereta di Aplikasi KAI Access"