Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pekerjaan Untuk Lulusan SMA/SMK Di Bidang Perhotelan dan Pariwisata

Buat kalian nih yang setelah lulus SMA atau SMK dan ingin langsung kerja ternyata ada loh jalannya. Beberapa jenis pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK dan terkait bidang perhotelan dan pariwisata bisa banget untuk dipilih.

Pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK

Tetapi bukan berarti hanya mengandalkan ijazah saja loh. Untuk memulai kerja di bidang perhotelan dan pariwisata juga dituntut akan keahlian. Umumnya sih yang relate dengan pekerjaan nantinya. Seperti, cakap dalam berbahasa Inggris, mampu mengoperasikan komputer, supel dengan orang hingga memiliki inisiatif tinggi.

Berikut beberapa pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK di bidang perhotelan dan pariwisata yang layak untuk dicoba:

1. Bellboy

Jika berkunjung ke hotel, biasanya kita bakal pertama kali disambut oleh Bellboy. Tugasnya sih sederhana seperti membawa barang tamu dan mengantarkannya dari lobby ke kamar. Dengan tugas seperti ini, umumnya Bellboy adalah pria. Sehingga buat kalian para pria yang baru lulus SMA/SMK, boleh banget kok mendaftar posisi ini di hotel-hotel sekitar tempat tinggal kalian.

2. Cashier

Untuk urusan bayar membayar, pastinya tidak asing lagi ya dengan posisi satu ini, yaitu kasir. Secara umum pekerjaan kasir itu sebagai orang yang bertanggung jawab dalam menerima pembayaran, mengurus struk pembayaran dan memantau transaksi berlangsung baik secara cash maupun cashless. Jadi para kasir ini juga harus punya pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan dan mengoperasikan sistem pembayaran cashless.

Dalam bidang perhotelan dan pariwisata, posisi kasir biasanya ada pada bagian restoran di sekitar hotel.

3. Chef Assistant

Urusan masak-memasak di dunia perhotelan juga menjadi hal utama loh. Makanya orang yang terlibat didalamnya juga memiliki kemampuan spesial dan terkontrol. Untuk lulusan SMA atau SMK bidang perhotelan, umumnya bisa melamar pekerjaan sebagai Chef Assistant terlebih dahulu. Dengan beberapa jobdesk seperti mempersiapkan peralatan masak yang akan digunakan, menyiapkan bahan mentah, membersihkan dan menyimpan peralatan yang telah digunakan serta membantu chef dalam mengolah makanan.

4. Security Guard

Dalam dunia perhotelan dan pariwisata, tugas security guard sangat vital yaitu memantau dan menjaga keamanan hotel secara bergantian selama 24 jam penuh. Berbeda dengan posisi lain yang ada di hotel, khusus security guard bukan hanya mengandalkan ijazah SMA/SMK tetapi juga dibutuhkan sertifikat pendidikan security.

5. Housekeeping staff

Buat yang suka bersih-bersih dan rapikan rumah, boleh banget loh daftar untuk menjadi housekeeping staff. Secara umum sih kerjanya adalah menjaga kebersihan kamar dan area hotel serta menata keindahan ruangan dan are hotel lainnya.

6. Driver

Bisnis pariwisata dan perhotelan pastinya tidak akan terlepas dengan hadirnya driver didalamnya. Driver ini bertugas untuk antar jemput klien sesuai jadwal tertentu. Hampir semua hotel memiliki fasilitas antar jemput. Makanya posisi ini selalu dibutuhkan. Tetapi perlu diingat, untuk melamar posisi driver pastinya dibutuhkan kecakapan dalam mengendarai mobil dan sudah memiliki driving license alias Surat Izin Mengemudi (SIM).

Resepsionis Hotel
Nah, buat kalian semua yang bingung mencari pekerjaan dalam bidang perhotelan dan pariwisata bisa banget loh cek langsung lowongannya di HHRMA. Di web tersebut, tersedia banyak banget lowongan kerja yang bisa dipilih sesuai dengan pendidikan dan kecakapan yang dimiliki.

Sekadar informasi nih ya, HHRMA itu adalah singkatan dari Hotel Human Resources Managers Association. Jadi jelas banget kan ya, untuk urusan pekerjaan di dunia perhotelan tinggal andalin aja deh situs dari HHRMA. Pastinya lengkap banget.

Khusus buat yang berada di Bali atau yang ingin kerja di dunia perhotelan dan pariwisata pulau Bali langsung saja cek info lowongannya di HHRMA Bali. Di web tersebut bakal menyediakan info lowongan yang dibutuhkan saat ini di berbagai daerah di pulau Bali seperti di Badung, Buleleng, Denpasar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Kuta, Gianyar dan tempat lainnya yang ada di Bali.

So, jangan lupa untuk selalu upgrade skill dan kemampuan ya selain menguasai minimal bahasa Inggris. Syukur-syukur bisa bahasa Mandarin. Meskipun lulusan pendidikan tingkat SMA atau SMK, juga bisa kok dapat kerja. Tinggal pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki saat ini dan rajin untuk mempelajari tips mendapatkan pekerjaanPercaya deh.

Post a Comment for "Jenis Pekerjaan Untuk Lulusan SMA/SMK Di Bidang Perhotelan dan Pariwisata"