Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] FILM MENCURI RADEN SALEH - AKSI PENCURIAN ASET NEGARA

sumber: IMDB

Akhirnya aku nge-review film lagi! Kayaknya udah lama banget enggak review film di blog ini, hampir semuanya isinya review buku di tahun 2022 ini. Kebetulan juga emang ntah kenapa tahun ini kayak males ngikutin film, series bahkan drama Korea yang awalnya udah aku tunggu-tunggu banget. Tapi, beda dengan film Mencuri Raden Saleh ini.

Kalo gak salah film ini tuh mulai dikenalin tahun 2019, waktu itu baru ada judul dan pemainnya belum ada sinopsisnya sama sekali. Pas liat jajaran pemainnya wah lumayan nih aktor-aktor muda yang emang udah ada nama dan akting bagus juga. Aku tertarik pas liat ada Rachel Amanda dan Angga Yunanda disini. Terus tiba-tiba di drop poster pemain, itu keren banget! Mereka dikenalin dengan perannya ada The Forger, The Negotiator, Tha Hacker, The Handyman, The Brute dan The Driver. Aku jujur langsung keinget drama Korea gitu. Tapi abis itu pandemi melanda dan akhirnya film ini ditunda sampe aku juga lupa. Tahun 2022 ini nih akhirnya tayang juga tepatnya mulai 25 Agustus 2022 kemarin.

sumber: Adapada.com

Film ini menceritakan tentang sekelompok remaja yang ingin melakukan pencurian terhadap lukisan Raden Saleh yang ada di istana kenegaraan. Mereka diiming-imingi uang sebesar 17 Milyar jika berhasil menukar lukisan milik Raden Saleh yang asli dengan yang palsu. 6 orang ini pun merencanakan pencurian untuk salah satu aset negara! Film ini dibintangi oleh Angga Yunanda, Iqbaal Ramadhan, Rachel Amanda, Umay Shahab, Ari Irham, Aghniny Haque.

Aku gak akan kasih spoiler untuk film ini karena kalian harus banget nonton ini di bioskop sekarang! Filmnya bagus banget dan worth 2,5 jam kalian! Waktu baru premier semua akun-akun di twitter dan tiktok yang biasa review film bilang kalo ini film bagus banget dan worth it. Aku bacain satu-satu kok semuanya suka banget dan jarang ada yang kasih review jelek tentang film ini. Sampe akhirnya temen-temenku juga bilang ini bagus banget akhirnya aku pun memantapkan untuk nonton film ini.

Awalnya shock sih pas liat film ini tuh 2,5 jam lamanya. Belom pernah sih nonton film Indonesia sepanjang ini di bioskop lagi. Satu-satunya film durasi panjang yang aku tau itu Tenggelamnya Kapal Van der Wijck ini pun aku tonton di rumah jadi lebih santai. Tapi beneran film ini gak bosenin sama sekali!

Gak usah deh ngomongin pemainnya, cinematografinya dll karena menurut aku bagus banget. Plotnya ini nih yang jadi juara banget! Unik dan emang beda dengan film Indonesia kebanyakan. Aku belum pernah menyelesaikan film tentang Heist gini sampe selesai, kayak Ocean 8, Money Heist series, atau Money Heist yang versi Korea belum satupun aku tuntasi. Yang suka film-film diatas ini mungkin akan suka dengan film ini.

Karena ceritanya yang mau melakukan pencurian ini tuh masih remaja jadi keliatan banget kalo plan mereka tuh masih kasar, banyak masalah, kegagalan dan keliatan banget amatirnya. Justru ini malah bikin filmnya real karena enggak memaksakan kesempurnaan rencana mereka ini dan ini jadi poin yang aku suka banget. Belum lagi twist after twist yang disajikan disini, awalnya aku sempet ketebak tapi makin lama makin ke belakang kok makin banyak sih twist-nya, gak ketebak dan keren sih!

Terus film ini juga ngasih ilmu baru sih terkhususnya untuk aku dan tentang seni Indonesia. Aku merasa familiar dengan nama Raden Saleh tapi gak bisa inget tau nama ini darimana. Saking penasarannya aku sampe kepo foto-foto pas aku ke museum dan bener aku pernah foto quote dari Raden Saleh yang aku suka banget. Ternyata abis aku kepo Raden Saleh itu hebat banget, lukisannya fantastis harganya dan betapa berharganya sampe akhirnya dijadikan aset negara. Keren sih film ini bikin kita aware dengan seni yang ada di Indonesia, bahkan di film ini juga dijelaskan makna dari lukisan “Penangkapan Pangeran Diponegoro” itu. Suka!

Aku juga suka gimana kita diperkenalkan dengan tokoh-tokoh ini, kita tau masalah mereka seperti apa dan apa motivasi mereka sampe mau melakukan pencurian ini dengan nilai uang yang fantastis. Kecuali si Ucup yang diperankan oleh Angga Yunanda, aku ga mendapatkan latar belakang dia sedikit pun, atau aku gak sadar ya? Yang pasti aku cuma tau kalo di aitu deket banget sama Piko dan rela bantuin Piko.

Film ini tuh juga tipis-tipis ada komedinya jadi gak akan tegang terus menerus dan juga banyak banget action-nya. Gak nyangka sih tapi keren aksinya. Selama nonton ini tuh aku ngerasa ikut deg-degan apakah mereka berhasil atau enggak untuk ngelakuin pencurian itu. Apalagi post credit scene-nya! Wah bikin ngarep banget ada lanjutannya! Katanya sih bakal ada Cuma aku gatau berita resminya gimana, semoga aja sih beneran ada lanjutannya karena emang ada banget potensi lanjutannya!

Sebagus-bagusnya film pasti masih ada dong kurangnya. Nah beberapa hal yang jadi tanda tanya buat aku tuh pertama tentang pengawalan aset negara yang bernilai fantastis kok kayaknya biasa banget, apa mungkin di dunia nyata gitu juga ya? Kayak kurang safe gitu. Terus kedekatan para pemainnya. Aku merasa mereka secara tim ber-6 itu kayak kurang kerasa keakrabannya atau emang sengaja di film ini dibuat professional doang antar mereka ber-6? Kalo per individu sih deket karena ada yang pacaran, ada juga yang saudaraan tapi ber-6? Kurang banget. Apalagi Fella dan Sarah, oke mereka deket emang cuma gak keliatan aja prosesnya mereka bisa jadi “bestie” tuh gimana.

Terus aku pribadi juga kurang sreg dengan adegan aksi yang di pesta. Keren dan menunjukkan karakter Sarah banget tapi kok ya kayaknya gak ada hasil yang didapatkan malah resiko tereksposnya gede banget. Hmmm… apa mungkin ini untuk bahan film selanjutnya? Bisa jadi sih.

Oke ini review kayaknya udah panjang banget, aku dengan sangat kuat untuk ngajak kalian nonton film Mencuri Raden Saleh ini! Kalian akan ngerasain sensasi nonton film Indonesia yang beda banget dan eksekusi yang emang bagus banget. Rate 4.5/5 ⭐ dari aku!

Post a Comment for "[REVIEW] FILM MENCURI RADEN SALEH - AKSI PENCURIAN ASET NEGARA"