Cara Gampang Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah di Akun Google

 

Akun google membuat kita terhubung dengan berbagai produk google, membuka email, membuat blog, menonton video di youtube, hingga mengunduh aplikasi di playstore. Dengan begitu, bisa dibilang akun google menjadi akun yang sangat penting diperhatikan keamanannya. 

Kita tidak pernah tau kapan dan dimana penjahat siber mencoba meretas atau membajak akun google kita. Jika sampai terjadi, maka tidak hanya produk google yang terhubung yang bisa diretas, tetapi kontak, dan data kita bisa diakses oleh peretas. Untuk itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu sebentar untuk memperkuat keamanan akun google.

Google telah menjadikan sistem keamanan berupa kata sandi sebagai default untuk semua pengguna yang mendaftar, namun kata sandi saja dirasa tidak bisa membuat akun kita benar-benar aman. Jadi, Google juga menyediakan sistem keamanan yang lebih kuat yaitu dengan melakukan verifikasi 2 langkah. Hanya saja, sistem keamanan ini belum diset sebagai default atau sebagai pengaturan bawaan, sehingga pengguna perlu mengaktifkannya secara manual. 

Bahkan, banyak pengguna yang tidak tau tentang keberadaanya atau mungkin sudah tau tapi terlalu malas untuk mengaktifkannya. Beberapa kurun waktu belakangan, google tengah gencar mengirimkan email  kepada pemilik akun untuk segera melakukan verifikasi 2 langkah sebagai keamanan ekstra untuk akun mereka.  

Apa itu Verifikasi 2 Langkah

Untuk yang belum tau, Verifikasi 2 langkah  atau 2-Step verification merupakan sistem keamanan yang banyak digunakan oleh berbagai aplikasi besar saat ini. Sistem keamanan ini dilakukan untuk menambahkan persyaratan login yaitu dengan login menggunakan perangkat /ponsel yang kita gunakan dan juga memasukkan kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan ke nomor ponsel terdaftar. Jadi, untuk bisa login, kita tidak hanya harus memasukkkan sandi yang valid, tetapi juga kode unik tersebut.

Dengan begitu, verifikasi 2 langkah ini menjadikan akun dilindungi dengan keamanan berlapis. Bahkan, jika peretas mampu melacak kata sandi, mereka tidak akan bisa mendapatkan kode OTP karena kode ini dikirim langsung ke ponsel kita. Lalu bagaimana cara melakukan verifikasi 2 langkah ini?

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Klik “Aktifkan Sekarang” yang terdapat di email dari Google.  Atau jika kamu tidak mendapatkan email, bisa langsung ke akun google, dan klik “Kelola Akun Google”. Setelah itu, di tab “Kemanan” pilih verifikasi 2 langkah yang statusnya masih nonaktif.


Kita akan diminta untuk memasukkan email atau ponsel yang ingin diverifikasi 2 langkah dan juga kata sandinya. Lanjutkan.

Berikutnya akan keluar halaman pemeriksaan keamanan. Klik “Aktifkan” untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah.




Di halaman berikutnya, kita akan diberitahukan jenis perangkat ponsel yang akan mendapatkan perintah login. Google bisa langsung mendeteksi perangkat yang kita gunakan, misal “Redmi 9A” lalu memberi opsi menjadikannya sebagai perangkat  yang akan mendapatkan perintah saat login.  Meski begitu, kita juga bisa melihat opsi lain yang disediakan google. Klik “Lanjutkan


Masukkan nomor ponsel dan pilih opsi apakah kita ingin mendapatkan kode dengan cara dikirimkan lewat SMS atau dengan panggilan telepon. Klik “Kirim

Kode akan otomatis dikirimkan ke nomor yang kita daftarkan biasanya memiliki awalan G- , lalu disertai beberapa kode unik dibelakangnya. Masukkan kode ke kolom yang disediakan, lalu klik “selanjutnya


Akan keluar halaman konfirmasi mengenai opsi login ke akun google, yaitu menggunakan perangkat yang sedang digunakan dan juga menggunakan kode yang dikirim lewat SMS atau panggilan telepon. Jika sudah yakin, maka klik “Aktifkan”

Kita akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa Verifikasi 2 langkah kita sudah berhasil diaktifkan.


Setelah aktif, akun kita yang sedang login di perangkat lain akan logout secara otomatis. Dan untuk masuk, kita tidak lagi hanya memakai kata sandi, tetapi juga harus memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel . Untuk beberapa kasus, pengguna bisa saja terjebak dengan sistem keamanan mereka sendiri. Seperti misalnya, pengguna yang tidak bisa login karena ponsel atau nomor telepon mereka hilang, rusak, atau tidak aktif.

Jika nomor ponsel sudah tidak aktif, maka kita tidak bisa masuk karena kita tidak tau nomor kode OTP. Karena itu, penting sekali untuk menjaga agar kartu kita tetap aktif dengan cara rutin isi pulsa, karena biasanya nomor sering hangus karena kelupaan isi pulsa.

Google sendiri juga menyarankan untuk menambahkan perangkat yang tidak perlu melakukan verifikasi kedua perangkat terpercaya), atau cara lainnya juga bisa dengan membuat kode cadangan /sandi satu kali yang dapat digunakan saat kita tidak memegang ponsel. Selain itu, kita juga bisa menambahkan email atau nomor ponsel pemulihan jika suatu saat akun terkunci. Pengaturan ini bisa dilihat langsung di akun google kita.

Cara Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Untuk kamu yang ingin menonaktifkan verifikasi 2 langkah dengan berbagai alasan tertentu, maka bisa dengan mudah melakukannya di akun google.

Buka pengaturan akun google. Buka tab “Keamanan” scroll ke bawah, klik verifikasi 2 langkah yang dalam status aktif.


Masukkan kata sandi, lalu akan keluar halaman baru mengenai verifikasi 2 langkah. Klik tombol biru dengan tulisan “Nonaktifkan”. Pada jendela persetujuan, klik lagi tombol “Nonaktifkan”.


Dengan menonaktifkan verifikasi 2 langkah, maka kita telah menghapus keamanan ekstra untuk akun. Untuk login berikutnya, kita hanya akan menggunakan kata sandi dan tidak akan diminta lagi untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke ponsel. Meski begitu, kita masih bisa kembali mengaktifkan verifikasi 2 langkah dengan melakukan cara diatas. Semoga informasi ini berguna. 



Post a Comment

0 Comments